alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Anak Kecil Sudah Berkata Kotor dan Kasar, Salah Siapa?
4.8 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cfecd852637727f33667c83/anak-kecil-sudah-berkata-kotor-dan-kasar-salah-siapa

Anak Kecil Sudah Berkata Kotor dan Kasar, Salah Siapa?

Jika kita melihat kondisi di masa sekarang ini bisa dibilang terkadang memprihatinkan. Satu sisi teknologi memudahkan segalanya bagi banyak orang, namun di sisi lain ada sesuatu yang hilang dengan kedaan di masa sekarang dimana masalah moral menjadi problema yang tak bisa dianggap remeh. Banyak sekali kasus-kasus yang terjadi salah satunya disebabkan oleh kondisi moral bangsa ini yang tidak dalam kondisi yang baik.
Anak Kecil Sudah Berkata Kotor dan Kasar, Salah Siapa?

Credit : buahatiku.com

Banyak generasi muda di masa kini yang terlihat memprihatinkan terutama anak-anak masa kini yang seringkali tersorot oleh banyak orang dan juga media dengan tingkah lakunya yang buruk seperti masih kecil tapi sudah pacaran, berbuat sesuatu yang aneh seperti berlaku layaknya seorang yang sudah dewasa dan lain sebagainya. Jika dibandingkan dengan anak-anak zaman dahulu jelas banyak sekali perbedaannya dimana dulu anak-anak menikmati masa kanak-kanaknya dan sekarang malah bertindak seperti orang dewasa sebelum waktunya. Tak heran bila ada julukan-julukan aneh pada anak-anak masa kini seperti kidz zaman now hingga generasi micin.

Anak kecil di masa kini terkadang ada yang sudah berpacaran dan ada juga yang terkadang berkata kasar dan kotor. Hal ini menjadi ironi di masa kini dimana anak kecil terkadang sudah berani berkata kotor seperti mengatakan nama hewan dengan begitu mudahnya seakan sudah terbiasa dengan ucapan-ucapannya tersebut menjadi bagian dari keseharian dalam berbicara. Lantas salah siapa bila anak-anak jecil sudah berkata demikian? tentunya kita tak bisa serta merta menyalahkan satu orang atau beberapa orang semata.

Fenomena anak berkata kotor dan kasar memang bukan hanya terjadi pada anak kecil semata, bahkan mereka anak-anak yang beranjak dewasa pun terbiasa demikian. Melihat fenomena seperti ini jelas memprihatinkan dan sudah semestinya setiap orang bisa merangkul anak-anak di masa kini untuk menghindari berkata-kata kotor dan tak pantas. Banyak anak yang berkata kotor memang tidak semestinya harus selalu menyalahkan banyak hal mulai dari pendidikan orang tua yang kurang hingga kondisi lingkungan yang buruk.

Bagi orang tua sudah seharusnya bisa mendidik anaknya dengan baik agar anak tidak berkata-kata buruk dan juga kasar, karena pendidikan disekolah saja nyatanya tidaklah cukup untuk mengubah perilaku anak. Maka sudah semestinya orang tua punya proteksi lebih agar anak tidak mengucapkan sesuatu yang kotor dan tak pantas. Terkadang anak mudah sekali merekam lingkungan yang ada di sekitarnya, bukan tak mungkin karena orangtua yang sering berkata kasar dituruti oleh anak untuk berkata kasar dan juga kotor. Untuk itulah orangtua harus menjadi teladan bagi anak agar anak bisa bertindak sebagaimana mestinya tanpa harus bertindak atau berkata kasar.
Anak Kecil Sudah Berkata Kotor dan Kasar, Salah Siapa?

Credit : img.okeinfo.net

Lingkungan pergaulan disekitar anak juga seringkali membentuk karakter anak, maka bagi orang tua dan juga lembaga pendidikan harus memberi pendidikan yang tegas yang bisa membentuk karakter anak yang baik kedepannya. Memang hasil pendidikan tak selamanya menghasilkan output yang baik, namun setidaknya perilaku anak yang buruk bisa terminimalisir. Mereka adalah generasi penerus masa depan, jika sekarang perilaku dan ucapannya tidak baik lalu apa jadinya mereka di masa depan nanti? rangkul mereka dan ajak jalan bersama agar mereka senantiasa mendapatkan pendidikan yang baik di setiap usianya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa ditulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulfsaarr dan 12 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
salah ortu. itu sudah. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Faktor lingkungan om tafa, abis maen ama temen temennya dan pas pulang udah bawa kosa kata baru emoticon-Big Grin

emoticon-Bata (S) bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dxbike dan 4 lainnya memberi reputasi
Lingkungan yg paling dominan adalah keluarga dan teman sepermainan
profile-picture
profile-picture
rarebali dan rizaradri memberi reputasi
Quote:


Pengalaman pribadi om macan dalam mengasuh anak ini perlu diperhatikan. Lingkungan paktor utama.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan eja2112 memberi reputasi
ortu yg paling utama, kl lingkungan asal ortuny tegas tu anak g bakalan bawa kata kotor, cb liat bapak ngrokok, anak pasti ikut ngrokok, bapak mo nglarang gmn lah bapakny aja ngrokok, bapakny gondrong tu anak bakalan ikutan rambut gondrong lah bapakny mo marahin gmn lah bapakny aja gondrong
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Anak Kecil Sudah Berkata Kotor dan Kasar, Salah Siapa?
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
salah ortu dan lingkungan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hansip.ka5kus.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
daripada cari salahnya, mending kasih pengertian anak-anaknya..
ini boleh, dan itu kurang sopan disebutkan..
klo cari salahnya aja sih gampang telusurinya..
emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Touristc dan 4 lainnya memberi reputasi
Pada dasarnya, disini tugas ortu sebagai pengontrol tidak berfungsi. Ortunya paling cuman ngasih tau kalo itu nggak baik cuman sekali abis tu merasa pasrah dengan alasan anaknya nggak mau dengar.

Kalo gua dulu waktu kecil, ngomong kasar aja udah dipukul tu pantat, kalo ngelawan di tambah sama cabe rawit di olesin ke mulutemoticon-Najis
Jd gua sm sodara gua nggak ada yang berani ngomong kasar di depan ortu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 6 lainnya memberi reputasi
Balasan post putrymoch
pergaulan juga
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan tafakoer memberi reputasi
Salah bergaul jg salah orang tua. emoticon-Cool
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
toxic dimana-mana 😷😷
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
salah jokowi, kenapa anak kecil disuruh menyebutkan nama-nama ikan.
profile-picture
profile-picture
d317dy dan rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh nowyoudont
difb banyak bray, efek medsos dan lingkungan kali.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
yang jelas bukan SALAH ANAK....
kemungkinan besarnya :
1. Orang tua
2. Keluarga Kecil
3. Keluarga Besar
4. Tetangga se RT RW
5. Temen Sekolah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan sagutumbuk memberi reputasi
salah kamar
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh sur3win
Meskipun Ortunya negur/marah tiap denger anak berkata kotor/kasar... tp kalo emak sm bapaknya msh srg bahasa kasar dirumah,,, tetap aja ga ngaruh, mah.

Sama kayak nyuruh anak rajin shalat,, eh ortunya sndr bolong2.. ga bakalan ngaruh deh. Tetap aja anak contohin ortunya dulu.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
gak ada yg salah...semua benar..
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
style mendidik ortu jaman sekarang, serba anak yang penting.
dulu mah ngomong kasar mulut ane di pukul pelan sama mama emoticon-Frown
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di