alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bagusnya Isi Ban Dengan Angin Biasa atau Nitrogen?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cfddd025cf6c4021b2fa1bf/bagusnya-isi-ban-dengan-angin-biasa-atau-nitrogen

Bagusnya Isi Ban Dengan Angin Biasa atau Nitrogen?

Sebagai pengguna motor awam, pastinya sering dilema isi ban dengan angin biasa atau nitrogen? Kadang kita tidak bisa menilai mana yang lebih baik dan pas. Belakangan ini, pengisian nitrogen lebih populer ketimbang angin biasa, lho kok bisa? Pengisian ban dengan nitrogen dinilai lebih banyak positifnya bila dibanding dengan angin biasa. Simak penjelasan lebih detailnya.

Kelebihan Isi Ban Dengan Nitrogen
Ternyata pengisian ban dengan nitrogen banyak kelebihannya loh. Ban yang di isi dengan nitrogen lebih susah kempes. Hal ini diakibatkan molekul nitrogen yang lebih besar ketimbang angin biasa. Bukan hanya itu, ternyata ban yang di isi dengan nitrogen juga bisa bikin hemat BBM dikarenakan kendaraan terasa lebih enteng. Selain itu membuat ban jadi lebih awet.
Bagusnya Isi Ban Dengan Angin Biasa atau Nitrogen?Tempat pengisian nitrogen untuk kendaraan bermotor


Beda Angin Biasa dan Nitrogen
Nitrogen merupakan gas udara murni yang tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Berbeda dengan angin biasa yang kandungan gasnya masih ada air sehingga saat ban di isi dengan angin biasa terasa lebih berat karena terjadi proses pemuaian.



Angin biasa terdapat kandungan air yang bercampur dengan udara, saat suhu ban panas maka air menguap. Hal ini membuat ban jadi penuh air bukan udara, tentunya akan membuat bobot jadi bertambah. Kondisi ini membuat ban jadi lebih mudah pecah, juga cepat aus karena massa yang lebih berat. Berbeda dengan Nitrogen, kandungannya murni, sehingga tekanan ban stabil. Memungkinkan motor melaju lebih cepat karena tekanan ban yang lebih ringan.

Bagusnya Isi Ban Dengan Angin Biasa atau Nitrogen?Beda angin biasa dengan nitrogen

 

Nitrogen dan Angin Biasa Jangan Dicampur


Jangan sampai salah kaprah nih riders, ternyata nitrogen tidak boleh dicampur dengan angin biasa. Kalau ingin isi ban dengan nitrogen, sebaiknya ban dikuras lebih dulu (dikosongkan) dari angin biasa, begitu pun sebaliknya.
Seperti dikutip dari laman viva.co.id, mencampur nitrogen dengan angin biasa bisa berdampak buruk buat ban kendaraan. Bahkan risikonya tak main-main, ban bisa saja meledak akibat tidak stabilnya tekanan ban karena panas – perubahan suhu di perjalanan – lebih tinggi daripada ban yang memakai angin biasa.
Bagusnya Isi Ban Dengan Angin Biasa atau Nitrogen?Jangan mencampur nitrogen dengan angin biasa


Temen-temen riders masih penasaran dan mau tahu berita selengkapnya, langsung aja klik link dibawah ya:
https://moladin.com/blog/dilema-isi-...tau-nitrogen/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendhaljepit dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Awalnya perlu adaptasi coz nitrogen brasa bikin kendaraan melayang, ringan banget tarikannya...tapi setelah itu, nyaman dan aman emoticon-2 Jempol
Imho

Sama aja..
Gk ngaruh signifikan..
Klo ada yg ngrasa enteng, awet apa sgala macem itu cuma sugesti aja..

Dan nitrogen yg dijual di kebanyakan pom bensin itu mnurut saya bukan nitrogen.. krna pke kompresor..

Nitrogen pure itu dalam tabung, gk perlu kompresi, krna tekanan nitrogen dalam tabung tinggi. Kya di sh*pndr*ve nitrogen dalam tabung itu pasti murni.
sebenernya si kalao dibilang bagus mungkin lebih bagus nitrogen, tapi tergantung pemakaian juga gan emoticon-Wow emoticon-Takut emoticon-Repost
profile-picture
budimola1990 memberi reputasi
kalo saya nyari gratisan saja, biasanya di pla**t b*n atau POM bensin sh**l.
Masing masing ada plus minusnya
profile-picture
budimola1990 memberi reputasi
Quote:



https://m.detik.com/oto/tips-and-tri...-apa-tidak-sih
perubahan ban memang terasa sekali...terutama motor matic..sekarang tidak bolak balik isi angin..
lebih stabil nitrogen emoticon-Hai
profile-picture
budimola1990 memberi reputasi
waduh br tau ane kalo angin biasa sama nitrogen kaga boleh dicampur....dan kondisi jalan juga ngaruh ga sih gan sama level kekempesan ban
Balasan post sendhaljepit
Nah, sekarang udah tau kan gan, yuk rawat kondisi ban motor kita biar selalu awet ,nyaman serta aman selama di jalanan emoticon-Jempol
emang betul itu gan..pemakaian nitrogen membuat usia ban menjadi lebih awet dan tahan..Alhamdulillah ban mobil ane udah masuk 5 tahun masih bagus dan g pernah ganti seumur dgn mobil ane..emoticon-Smilie


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di