alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cfdd4baf0bdb2348c0a3ff0/jangan-coba-coba-begini-teknik-cornering-ala-pembalap-motogp

Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP

Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP



 Dalam kecepatan tinggi, motor harus miring agar bisa menikung dengan baik, terutama motor MotoGP.

Jika tidak miring, motor bakal gagal menikung dan keluar dari jalur tikungan jika melaju dengan kecepatan cukup tinggi.
Kenapa sih motor harus miring agar bisa menikung? Nah, kita belajar pelan-pelan.
Proses menikung adalah sebuah gerak melingkar, jadi ada gaya sentripetal yang menarik motor ke dalam pusat tikungan/pusat lingkaran.


Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Gerak melingkar saat kendaraan menikung

Dalam hal ini, gaya sentripetal MotoGP adalah gaya gesek antara ban dan aspal.
Dan ada gaya sentrifugal yang melawan gaya sentripetal.

Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Cornering dan miring ala MotoGP

Gaya sentrifugal itu yang bikin motor keluar dari jalur kalau tidak miring saat menikung.
Sedangkan gaya sentrifugal itu pusat tarikannya berada di titik berat alias centre of gravity dari motor.
Simpelnya, proses miring itu adalah cara untuk melawan gaya sentrifugal dengan mengubah titik berat motor.
Semakin miring, semakin dekat titik berat motor ke pusat tikungan/pusat lingkaran.
Ada teknik khusus yang memang dikuasai pembalap untuk memiringkan motornya saat menikung.

Langkah pertama, lakukan countersteering, misalnya saja ingin menikung ke kanan, maka arahkan setang ke arah kiri dengan cepat agar motor bisa miring ke arah kanan.

Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Cornering dan miring ala MotoGP


Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Cornering dan miring ala MotoGP

Saat mengarahkan setang ke kiri, motor akan miring ke kanan untuk melawan arah gaya sentrifugal yang menarik motor ke arah kiri.
Langkah ini dilakukan berbarengan dengan memindahkan titik berat pembalap ke kanan.
Untuk MotoGP, langkah awal ini harus dilakukan dengan sangat cepat, pembalap MotoGP sudah ahli.
Jangan sampai malah kena high side crash duluan.
Langkah kedua, menyempurnakannya dengan mengubah arah setang ke kanan.

Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Cornering dan miring ala MotoGP

Motor akan semakin miring saat di dalam tikungan.
Dan setelah keluar tikungan tinggal balikin setang lurus dan badan pembalap ke tengah lagi deh.
Nah, tapi jangan coba-coba ini di jalanan umum ya sob, bahaya.
Ini teknik yang memang sudah dikuasai pembalap profesional.

Dan tingkat kemiringan saat membelok ini tergantung dari banyak faktor.
Misalnya saja radius tikungan, kecepatan motor, dan juga kekuatan grip antara ban dan aspal.

https://www.gridoto.com/read/2217465...?page=all#!%2F
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setionolutfi dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
escowahyus dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Leh Uga
profile-picture
bintangfairing memberi reputasi
Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firmandani1996 dan 4 lainnya memberi reputasi
ntar ane praktekin pakai vespa emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rea.sky dan 4 lainnya memberi reputasi
Hahaha...ane miring dikit aja dah berasa bgt cornering..

Dtikungan tajem, biasanya bnyak yg mraktekin, trus bikin kaget orang2 laen.. Mangkanya kalo jatoh banyak yg cengar cengar bahagia..wkakaka

Pisss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeremus dan 2 lainnya memberi reputasi
o gitu
coba rosi disuruh bawa motora roda 3
emoticon-Cool
nganter galon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rea.sky dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalo di jalan raya indo berabe kalo nikung gitu. Jalanan aja naik turun aspal ya
profile-picture
bintangfairing memberi reputasi
Speed is your friend..
profile-picture
bintangfairing memberi reputasi
Trik menangkis ditikung gmn yaah breemoticon-Coolemoticon-Wakaka
profile-picture
itkgid memberi reputasi
awas hati2 salah nikung nanti tisoledat dan ngagebrus. emoticon-Ngakak
info yang sangat menarik gan . setahu ane itu montornya melaju dalam kecepatan yg tinggi. jadi belokannya bisa manuver begitu emoticon-Embarrassment
ane mau praktek pake mio aah.. mudah mudahan bisa.

nais share gan
pengen nyoba praktek tapi takut ndlosor
Pemilihan ban yang di pakai juga gan, ya kali mau cornering pake ban cacing drag race emoticon-Leh Uga...

Dlu dijaman kaskus old pernah ada pembahasan beginian... Motor gp klo lagi cornering, luas ban yg kepake pas motor sedang cornering sebesar kartu atm....

Dan emang gak semua pembalap moto gp sukses cornering, bahkan mereka jatuhnya gara2 pas cornering... Dan bisa menang race juga pas cornering
profile-picture
itkgid memberi reputasi
Coba cornering nya pake ban cacing biar greget emoticon-Ngakak
ane cornering nya pake roadbike emoticon-Cool
Loh, ternyata pakai countersteer dulu ya 😮😮
Pebalap motogp pun gabisa kayak gini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh crockoaches
Quote:


ati ati mbah TS e ahyan...

post 1 & 2 dikomen komen dewe nganggo pasukan'e

emoticon-Leh Uga
profile-picture
Kruingputih4 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di