alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Pernikahan Dengan Sepupu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cfd3b0e5cf6c433c371f74d/pernikahan-dengan-sepupu

Pernikahan Dengan Sepupu

Menjawab pertanyaan Mengapa topik pernikahan dengan sepupu sedang banyak dibahas?

Pulang kampung pada dasarnya adalah momen bertemu keluarga. Mungkin yang ketika kecil sudah pernah pulang kampung, atau baru pulang kampung untuk pertama kalinya.

Nah biasanya kita akan bertemu banyak keluarga yang kita baru pertama kali bertemu, atau hanya bertemu ketika mudik semasa kamu kecil. Dalam konteks tulisan ini, sepupu.

Ketika masa kecil dulu, bareng bermain bersama sepupu lawan jenis. Mungkin hanya 3–7 hari, namun ter-cantol dalam ingatan. Nah setelah berapa lama tidak bertemu perubahan terjadi, atau mungkin baru pertama bertemu…

Yang paling parah jika kamu sudah pendekatan. Sudah pacaran. Ketika dibawa ke rumah untuk memperkenalkan ke orang tua, naas. Ternyata sepupu sendiri.

Bisa jadi kamu jatuh hati pada sepupu sendiri.

Tapi karena hubungan keluarga, kamu ragu-ragu untuk mengambil langkah pendekatan.



Lalu kamu bertanya Apakah pernikahan antar sepupu di Indonesia masih sering terjadi?

Seharusnya pernikahan antar sepupu sudah tidak lagi umum, malah merupakan hal yang kurang umum alias nyleneh.



Mengapa pernikahan antar sepupu tidak umum?

Padahal hukum indonesia tidak melarang, pernikahan sepupu itu hukumnya halal. Padahal tidak ada larangan agama, mengapa hukum adat banyak yang melarang?

Saya kurang tahu dalam adat lain. Namun dalam adat Jawa, yang semuanya serba filosofis. Pernikahan antar sepupu sudah mempunyai istilah tersendiri, Dadung Kepuntir.

Dadung = tali, tali yang ukurannya besar yang biasa digunakan di kapal dan berbahan goni.
Kepuntir = dipilin. Seperti pada proses membuat tali pada umumnya.

Langsung saja kita ke contoh.

Disini kamu adalah kakak kandung saya, saya adik kandungmu. Lalu kita bertemu anak dari om/paklik (adik ayah kita). Seharusnya dia memanggil saya mas/mbak (kakak sepupu), begitu pun sebaliknya saya memanggil dia adik sepupu.

Jika kamu menikahi adik sepupu, maka sudah pasti dia akan menjadi ipar untuk saudara-saudara kandungmu. Karena dia adalah istri/suami dari kakak kandung saya, mada sudah seharusnya dia adalah kakak ipar saya.

Dari sini sudah mulai ada gambaran?

Tadinya anak om/paklik kita adalah adik sepupu saya. Karena kamu menikahinya, dia menjadi kakak ipar saya.
Tadinya saya memanggil dia dik, karena dia istri/suami kamu, saya memanggilnya mas/mbak.



Eits, tapi tunggu dulu. Pernikahan antar sepupu masih bisa kok dilakukan.

Tapi dua syaratnya harus terpenuhi.

  1. Kalian berdua adalah anak tunggal
  2. Kalian berdua tidak boleh punya adik.

Syarat #2 alasannya: jika salah satu memiliki adik, maka akan menjadi Dadung Kepuntir. Sudah berbentuk tali, masih dipilin/dipuntir juga.

"Ya angel" , kata orang jawa. Merusak silsilah keluarga.

Lagipula, dunia tidak sesempit itu. Kata peribahasa tidak sesempit daun kelor.



Seluruh pembahasan disini berdasarkan hasil observasi, wawancara dan literasi. Serta bersosial dengan manusia. Mungkin berbeda untuk spesies lain.

Adat Batak (Pariban) https://www.kaskus.co.id/show_post/5...8bd3448df/13/-

SUMUR : https://id.quora.com/blog/setengahma...adung-Kepuntir
SUMUR : KASKUS - pernikahan sepupu itu hukumnya halal
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan lina.wh memberi reputasi
Diubah oleh wzm
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Baru tahu istilah dadung kepuntir... pdhl saya asli jawa.
Quote:

Coba tanyakan ke orang tua atau simbah emoticon-2 Jempol
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Diubah oleh wzm
dalam Batak boleh, tp ada aturan aturannya. ga bisa main asal Bantem aje.

Bahkan kadang di jadikan bahan coblangan ortu2.
profile-picture
wzm memberi reputasi
Diubah oleh gentongb
Kalo udah jodoh nya mau gimana lagi gan
Quote:


Pariban ya gan
Quote:


Ya betul banget...
Mainnya kurang jauh, kalo jatuh cinta dan nikah sama sepupu sendiri. Itu kan udah kaya adik/kakak kita sendiri.
profile-picture
Pranker memberi reputasi
adik sepupuku adalah kakak iparku
mungkin itu judulnya emoticon-Big Grin
profile-picture
wzm memberi reputasi
Mitosnya sih kalau sampek nikahan dadung kepuntir gitu salah satu keluarganya ada yang ngk kuat istilahnya kecekik kayak entah ada yang sakit2an, anaknya kelainan, ekonomi rumah tangganya terpuruk atau ada yang meninggal.

Saya sih ngak tau itu benar atau ngak. Saya cuma pernah denger dari si mbah dulu emoticon-Big Grin
Quote:

mungkin bisa dijelaskan om, pariban di batak seperti apa,,

Quote:

itu bagus jika bisa menjaga perasaan seperti itu

Quote:

iya itu salah satuya,, tentang anak yang kelainan, karena dadung kepuntir ini sepupuan (masih ada darah saudara) maka ada tambahan kemungkinan untuk cacat keturunan,, cek tentang perkimpoian sedarah (incest),,
tapi biasanya orang orang bakal balik lagi ke "kalo udah takdir mo gimana" ,, "nasih ngga ada yang tau"
Setahuku sih gapapa klo nikah dengan sepupu, klo ga yakin nikah dengan keluarga sendiri ya ga usah dinikahi
Quote:


Nahh ntu dia... Apalagi sepupu kandung.. Ntu bisa masuk ke incest...kurang baik aja sih... Tapi terserah deng... Wkakakaka
Balasan post wzm
Quote:


di dalam adat Batak, pernikahan dengan sepupu kandung itu diperkenankan asalkan "Pariban", Pariban dalam adat Batak itu adalah:
anak laki-laki "Pariban" nya adalah anak perempuan dari saudara laki-laki (adik atau abang) ibu kita.
sementara anak perempuan "Pariban" nya adalah anak anak laki-laki dari saudara perempuan (adik atau kakak) Bapak kita.

Untuk Laki-laki dia boleh menikahi Paribannya yaitu anak perempuan dari saudara laki-laki (adik atau abang) ibu kita.
dan untuk perempuan dia boleh menikahi Paribannya yaitu anak laki-laki dari dari saudara perempuan (adik atau kakak) Bapak kita.

Pernikahan dengan sepupu yang dilarang di adat Batak adalah :
1. Sepupu dari : Bapak mereka abang/adek, itu tidak boleh karena sudah pasti marganya sama.
2. Sepupu dari : Ibunya adik/kakak, walaupun marganya beda.
3. Sepupu dari : Anak laki-laki dari Bapak dengan anak perempuan dari saudara perempuannya.

kebetulan saya lahir dari pernikahan yang ber sepupu kandung, Bapak saya adalah sepupu kandung (Pariban) ibu saya, dan sampai saya saat ini berusia 43 tahun, secara fisik Puji Tuhan baik-baik aja.
profile-picture
wzm memberi reputasi
Boleh kalo hubungan keluarganya nggk terlalu dekan gan, itu kalo didesaku cmiw
se cakep-cakepnya sepupu ane ngga ada niatan buat jadi calon pasangan...
Boleh2 aja paling jadi omongan doank apalagi kalo tinggal di desa yg notabane nya sekampung kenal semuaemoticon-Stick Out Tongue
kalo sepupu jauh g masalah kyk nya emoticon-Leh Uga
Dulu pernah baca artikel. Jgn di tanya dari mana dan kapan. Pastinya sy ga ingat.
Menurut sains menikah dengar sedarah/sepupu akan menimbulkan kelainan genetik.
Atau apa lah istilahnya..
antara haram dan halal
katanya menikah dengan sepupu itu lebih nikmat. seperti di video2 mesum dengan sepupu emoticon-Cool
profile-picture
wzm memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di