alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tulisan Membosankan Soal Ferrari SF90 Stradale, Ferrari Baru untuk Agan Kaskus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf87bb065b24d2b9e7f30e4/tulisan-membosankan-soal-ferrari-sf90-stradale-ferrari-baru-untuk-agan-kaskus

Tulisan Membosankan Soal Ferrari SF90 Stradale, Ferrari Baru untuk Agan Kaskus



Tulisan Membosankan Soal Ferrari SF90 Stradale, Ferrari Baru untuk Agan Kaskus

Halo gan ketemu lagi sama thread seputar otomotif ane.

Kali ini ane mau bahas model terbaru Ferrari yakni SF90 Stradale.

Dan kali ini ane mau ngetik panjang lebar sesuai sama press rilis dari Ferrari gan. Yuk simak.

Ferrari memperkenalkan babak baru dalam sejarahnya dengan memperkenalkan seri produksi pertamanya untuk PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), SF90 Stradale, gambar, video, dan informasi yang dapat dilihat di web khusus situs: SF90stradale.com. Model baru ini terlihat ekstrem di setiap level dan mewakili perubahan paradigma yang sebenarnya, karena memberikan kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk sebuah mobil produksi. Angka seperti 1.000 cv, dan rasio bobot-ke-daya 1,57 kg / cv, dan 390 kg downforce pada 250 km / jam tidak hanya menempatkan Stradale SF90 di bagian atas segmennya, tetapi merupakan V8 model terbaik untuk pertama kalinya dalam sejarah marquenya.
 
Nama mobil merangkum arti sebenarnya dari semua yang telah dicapai dalam hal performa. Referensi ulang tahun ke 90 fondasi Scuderia Ferrari menggarisbawahi hubungan kuat yang selalu ada antara mobil balap Ferrari dan mobil jalan raya Ferrari. Sebuah kombinasi brilian dari teknologi paling maju yang dikembangkan di Maranello, SF90 Stradale juga merupakan demonstrasi sempurna tentang bagaimana Ferrari segera mentransisikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya dalam persaingan dengan mobil-mobil produksi. 
 
SF90 Stradale memiliki mesin turbo 90 ° V8 yang mampu menghasilkan 780 cv, output daya tertinggi dalam sejarah mesin 8 silinder Ferrari. 220 cv sisanya dikirimkan oleh tiga motor listrik, satu di belakang, yang dikenal sebagai MGUK (Motor Generator Unit, Kinetic) karena turunannya dari aplikasi Formula 1, yang terletak di antara mesin dan kopling ganda 8-speed transmisi terbaru di gandar belakang, dan dua di gandar depan. Sistem canggih ini tidak membuat pengalaman berkendara yang lebih rumit. Justru sebaliknya, pada kenyataannya: pengemudi hanya harus memilih salah satu dari empat mode unit daya, dan kemudian hanya berkonsentrasi pada mengemudi. Logika kontrol yang canggih menangani sisanya, mengatur aliran daya antara V8, motor listrik dan baterai. 
 
SF90 Stradale juga merupakan mobil sport Ferrari pertama yang dilengkapi dengan 4WD, langkah yang diperlukan untuk menghasilkan tenaga luar biasa yang dikeluarkan oleh powertrain hibrida untuk sepenuhnya dieksploitasi, memastikan mobil telah menjadi tolok ukur baru untuk start: 0-100km / h dalam 2,5 detik dan 0-200km / jam hanya dalam 6,7 detik.
 
Insinyur Ferrari mampu memperluas spektrum kontrol dinamis dengan memperkenalkan gandar depan listrik penuh, yang dikenal sebagai RAC-e (regulator seting tikungan elektronik). Serta secara eksklusif menyediakan tenaga penggerak dalam penggerak listrik, kedua motor depan secara independen mengontrol torsi yang dikirimkan ke dua roda, memperluas konsep vector torsi. Sepenuhnya terintegrasi ke dalam kontrol dinamika kendaraan mobil, RAC-e mengatur distribusi torsi, menjadikan mengemudi lebih sederhana dan lebih mudah.
 
Pengenalan arsitektur hybrid ini merupakan tantangan yang berkaitan dengan pengelolaan bobot tambahan yang diselesaikan dengan perhatian obsesif terhadap detail dan optimalisasi dari keseluruhan mobil. Untuk kinerja maksimum dalam hal bobot keseluruhan, kekakuan dan pusat gravitasi, sasis dan bodyshell dari SF90 Stradale semuanya baru, dibangun menggunakan teknologi multi-material, misalnya, serat karbon.
 
Pengembangan mobil hibrida semacam ini menuntut pengembangan serangkaian solusi aerodinamis yang inovatif. Peningkatan signifikan dalam kinerja unit daya membawa serta peningkatan jumlah energi panas yang akan dikeluarkan dan mengharuskan tim pengembangan untuk melakukan tinjauan mendalam tentang aliran aerodinamis pada massa yang terpancar. Ini juga menuntut solusi baru untuk meningkatkan downforcesecara efisien dan menjamin stabilitas maksimum di semua kecepatan dan dalam semua kondisi mengemudi.
 
Yang tak kalah penting juga adalah Gurney shut-off inovatif, sistem aktif dipatenkan terletak di bagian belakang mobil yang mengatur aliran udara di atas tubuh, mengurangi hambatan pada kecepatan tinggi dengan beban dinamika lateral yang rendah dan meningkatkan downforce, di bawah pengereman dan selama perubahan arah. 
 
Mobil baru ini sedang mengalami perubahan dari perspektif gaya saat ia sepenuhnya memproduksi ulang proporsi berlinetta bermesin mid-rear (tengah-belakang) yang diperkenalkan pada Modena 360 dua puluh tahun yang lalu, alih-alih mengambil inspirasi dari supercar terbaru Ferrari. Contoh yang baik adalah kokpit yang memiliki bagian depan yang lebih kecil dan ditempatkan lebih dekat ke bagian depan mobil untuk mengurangi hambatan. Ini juga dicapai tanpa memengaruhi kenyamanan di dalam mobil.
 
Filosofi "eyes on the road, hand on the wheels" yang berasal dari dunia balap mengambil peran yang benar-benar sentral untuk pertama kalinya, secara signifikan mempengaruhi ergonomi dan gaya interior. Hasilnya adalah HMI (Human-Machine Interface) dan konsep tata letak interior yang berbeda dari model sebelumnya.
 
Inovasi besar lainnya adalah setir yang kini memiliki touchpad dan serangkaian tombol yang memungkinkan pengemudi mengendalikan hampir setiap aspek mobil hanya menggunakan ibu jari mereka. Cluster instrumen sentral sekarang sepenuhnya digital dengan aplikasi otomotif pertama dari layar HD melengkung 16” yang dapat sepenuhnya dikonfigurasikan dan dikendalikan menggunakan kontrol pada roda kemudi.  
 
Di bagian lorong tengah, peningkatan ergonomi telah digabungkan dengan elemen dari masa lalu: kontrol gearbox otomatis sekarang dipilih oleh fitur grille style yang merujuk pada gerbang perpindahan gigi manual legendaris Ferrari. Dengan demikian masa lalu dan masa kini bergabung dengan terampil untuk menunjukkan Ferrari baru ke masa depan. 
 
SF90 Stradale juga menghadirkan kunci kontak baru dengan teknologi keyless penuh yang secara bertahap akan diperkenalkan di seluruh segmen, dipersonalisasi dengan nama model. Berkat kompartemen khusus di lorong tengah, itu menjadi bagian integral dari desain mobil.
 
Selain versi sporty, yang merujuk pada bentuk dan warna tanda tangan lencana kuda jingkrak persegi panjang yang digerakkan oleh mobil jalanan Ferrari, juga akan ada versi berwarna logam yang lebih elegan.

Tulisan Membosankan Soal Ferrari SF90 Stradale, Ferrari Baru untuk Agan Kaskus
 
Untuk pengguna Ferrari pertama, klien dapat memilih antara mobil standar dan versi dengan spesifikasi yang lebih berorientasi olahraga. Spesifikasi Assetto Fiorano mencakup peningkatan yang signifikan, termasuk peredam kejut Multimatic turunan khusus GT, fitur ekstra ringan yang terbuat dari bahan berkinerja tinggi seperti serat karbon (panel pintu, bagian bawah bodi mobil) dan titanium (pegas, seluruh saluran knalpot), menghasilkan penghematan berat 30 kg. Perbedaan lainnya adalah spoiler belakang serat karbon downforce tinggi yang menghasilkan 390 kg downforce pada 250 km / jam. Assetto Fiorano termasuk ban Michelin Pilot Sport Cup2 yang dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja di lintasan kering. Mereka menampilkan senyawa yang lebih lembut dan lekukan yang lebih sedikit daripada ban standar.
 
 
POWERTRAIN
 
SF90 Stradale adalah Ferrari pertama yang menampilkan arsitektur PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang mengintegrasikan mesin pembakaran internal dengan tiga motor listrik, dimana dua diantaranya independen dan terletak di gandar depan, sementara yang ketiga berada di belakang- antara mesin dan gearbox. 
 
 Mesin pembakaran dalam dan motor listrik bersinergi untuk menghasilkan 1.000 cv tenaga yang luar biasa, tolok ukur baru dalam kinerja dan konten inovatif- tidak sebatas pada lini produk Ferrari terkini, tetapi juga para pesaingnya. 
 
MESIN PEMBAKARAN DALAM
 
Berkat daya 780 cv yang dihasilkannya, mesin turbo V8 pada SF90 Stradale menciptakan standar kinerja baru yang mungkin dicapai oleh jenis konfigurasi ini. Mesin seri F154 yang selama empat tahun berturut-turut memenangkan penghargaan International Engine of the Year- pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk unit daya mana pun, merupakan awal mulanya.
 
Selain daya spesifik 195 cv / l yang dihasilkannya- yang merupakan yang tertinggi di kelasnya, mesin ini juga menghantarkan torsi 800 Nm pada 6.000 rpm. Untuk menciptakan hasil yang luar biasa ini, para insinyur Ferrari fokus pada beberapa area mesin yang berbeda, mulai dengan meningkatkan kapasitas mesin dari 3.902 cc ke 3.990 cc dengan bore up sebesar 88 mm. 
 
Sistem pemasukan dan pembuangannya benar-benar dirancang ulang dan kini dengan kepala silinder baru yang lebih sempit dengan injektor sentral dan adopsi GDI 350-bar yang merupakan hal baru lainnya yang pertama kalinya ditemukan pada sebuah Ferrari V8.
 
GEARBOX
 
SF90 Stradale menampilkan transmisi 8-percepatan, oil-bath, dengan kopling ganda yang sepenuhnya didesain ulang. Rasio roda gigi baru dan peningkatan efisiensi transmisi menghasilkan penghematan bahan bakar yang signifikan saat berkendara di wilayah perkotaan dan jalan tol (-8% dalam siklus WLTP) tanpa harus berkompromi pada kinerja. Bahkan, bahkan ada peningkatan 1% dalam efisiensi di trek.
 
Pengoptimalan tata letak yang dicapai melalui adopsi ‘dry sump’ (system bak kering) dan perakitan kopling yang jauh lebih kompak dengan diameter eksterior 20% lebih kecil dari gearbox saat ini, menjadikan mobil lebih rendah 15 mm, yang pada akhirnya juga menurunkan pusat gravitasi dari roda gigi berjalan dengan proporsi yang sama.
 
Meskipun ada penambahan gigi kedelapan dan torsi maksimum hingga 900 Nm (yang terakhir meningkat 20% dari 7-kecepatan saat ini), berat keseluruhan gearbox sebenarnya lebih ringan 7 kg. Angka tersebut naik menjadi 10 kg ketika ditambah dengan eliminasi gigi mundur yang kini tergabung dalam fungsi motor listrik depan.
 
Kinerja kopling baru 35% lebih tinggi, mentransmisikan hingga 1.200 Nm dalam torsi dinamis dalam pemindahan gigi. Berkat hidraulik aktuasi generasi baru, keseluruhan waktu pengisian kopling dipangkas menjadi 200 ms, dibandingkan dengan 300 ms pada Pista 488.
 
MOTOR LISTRIK
 
SF90 Stradale dilengkapi dengan tiga motor listrik yang mampu menghasilkan total daya 220 cv (162 kW). Baterai Li-ion berkinerja tinggi menyediakan daya untuk ketiga motor dan menjamin jarak 25 kilometer dalam mode eDrive all-electric, hanya dengan menggunakan gandar depan. Ketika mesin pembakaran dalam dimatikan, dua motor depan independen menghasilkan kecepatan maksimum 135 km/jam dengan akselerasi longitudinal ≤0,4 g. Putar balik hanya dapat digunakan dalam mode eDrive yang berarti mobil dapat bermanuver pada kecepatan rendah tanpa menggunakan V8. Motor depan terintegrasi ke dalam strategi kontrol peluncuran untuk kinerja maksimum saat berakselerasi.
 
MODE FUNGSI
 
Mesin pembakaran internal dan motor listrik bersinergi untuk menghasilkan 1.000 cv daya yang luar biasa, menjadikan Stradale SF90 yang teratas dalam performa. Logika kontrol secara optimal mengelola aliran daya dengan penekanan pada efisiensi atau kinerja, tergantung pada profil pengguna yang dipilih oleh pengemudi.
 
Berkat selektor tambahan di roda kemudi yang dijuluki eManettino (analog dengan Manettino yang digunakan untuk mengatur mode dinamika kendaraan elektronik), pengemudi dapat memilih empat mode manajemen unit daya yang berbeda:
 
eDrive: mesin pembakaran internal tetap mati dan traksi dipercayakan sepenuhnya ke gandar depan listrik. Dimulai dengan baterai yang terisi penuh, mobil dapat menempuh hingga 25 km dalam mode ini. Mode ini sangat ideal untuk mengemudi di pusat kota atau situasi tertentu di mana pengemudi ingin mengurangi gemuruh Ferrari V8.
Hybrid: ini adalah pengaturan standar ketika mobil dihidupkan, di mana aliran daya dikelola untuk mengoptimalkan efisiensi keseluruhan sistem. Logika kontrol secara otonom memutuskan apakah akan menjaga mesin pembakaran internal berjalan atau mematikannya. Jika menyala, mesin pembakaran internal dapat berjalan pada daya maksimum sehingga menjamin kinerja yang kuat kapan pun pengemudi membutuhkannya.
Performance: tidak seperti ‘Hybrid’, mode ini menjaga ICE berjalan karena prioritas lebih pada pengisian baterai daripada efisiensi. Ini menjamin bahwa daya tersedia secara instan dan sepenuhnya saat diperlukan. Mode ini paling cocok untuk situasi di mana kesenangan berkendara dan kesenangan di belakang kemudi menjadi fokus utama.
Qualify: mode ini memungkinkan sistem untuk mencapai output daya maksimum dengan membiarkan motor listrik bekerja pada potensi maksimumnya (162kW). Logika kontrol memprioritaskan kinerja daripada pengisian baterai.
 
SASIS
 
Walaupun bobot ekstra seberat 270 kg – dikarenakan penggabungan sistem hibrida ke dalam mobil – sudah dikompensasi dengan adanya tenaga ekstra (220 cv, dengan rasio bobot/tenaga untuk sistem itu sendiri sebesar 1,23 kg/cv), penelitian mendalam masih diperlukan untuk menjamin bahwa bobot total dijaga pada angka 1.570 kg, untuk mencapai rekor rasio bobot/tenaga 1,57 kg/cv.
 
Chasis sudah dirancang ulang dengan pendekatan multi material dan multi teknologi untuk meredam tekanan ekstra dari unit tenaga baru dan pengenalan AWD. Sejumlah inovasi teknologi telah diluncurkan, terutama casting hollow, yang menggantikan casting ribbed yang tradisional. Solusi baru lain mencakup bulkhead serat karbon di antara kabin dan mesin dan 2 campuran aluminimum, salah satunya adalah campuran berkekuatan tinggi yang diperuntukkan untuk sebagian lembaran logam. Hasilnya, chasis SF90 Stradale 20 persen lebih lentur dan memiliki 40 persen rigiditas torsi yang lebih tinggi dibanding platform sebelumnya tanpa ada penambahan bobot. Ini membawa keuntungan bagi dinamika kendaraan. Karakteristik NVH (kebisingan, getaran, dan kekakuan) sudah diperbaiki dengan penggunaaan paduan baru yang disebut quiet aluminium untuk lempengan metal bagian bawah body mobil. 
 


profile-picture
davecchio memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Pertamaxxxx diamankan!! emoticon-Wagelaseh
profile-picture
EsTehTawarDua memberi reputasi
Hmm kalo dari segi model depannya agak menjurus ke LaFerrari campur Lamborghini gitu, tapi bagian belakang ane kok ngeliatnya kayak mobil sport inggris yg Lotus itu emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)

Ini sistemnya pake KERS sistem juga kayak LaFerrari atau lebih canggih gan?
Supercar sekarang mirip2 semua, beda mesin aja, kaya smartphone ya.
Mantapppp emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di