alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Mancanegara /
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura
4.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf508c92637720b1e705f20/melihat-semarak-ramadhan-di-singapura

Melihat Semarak Ramadhan di Singapura

Melihat Semarak Ramadhan di Singapura
Sumber gambar : cloudfront.net

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Kaskuser yang menjalankannya, semoga kita tetap diberi kesehatan untuk bisa sampai genap jalani berpuasa selama 30 hari. Meskipun sedang berpuasa, pasti yang namanya keinginan untuk melancong tetap jalan terus dong.. emoticon-Big Grinatau agan sendiri sejauh ini mencoba untuk nge-rem terlebih dahulu? Hmmm.. ibadah puasa jalan terus travelling pun juga kudu jalan terus nih gan.. Bagi Kaskuser yang ingin merasakan nuansa Ramadhan yang berbeda, Singapura jadi salah satu tempat tujuan yang cocok untuk agan sista kunjungi. Negara berjuluk Lion City ini memang sudah tak diragukan lagi sebagai salah satu destinasi top bagi wisatawan dari berbagai negara, di negara nan mungil dijamin akan bikin seneng karena menyediakan berbagai spot. Mulai dari spot untuk pecinta sejarah dan budaya, wahana bermain, sampai dengan tempat-tempat berbelanja yang siap manjain bagi Kaskuser yang demen shopping.

Melancong ke Singapura pada saat bulan puasa agan sista pun akan tetap ngerasain kebahagiaan gan, melipir ke beberapa kawasan yang ada di Singapura agan bisa temukan berbagai keunikan sepanjang Ramadhan hingga perayaan hari raya Idhul Fitri. Berikut beberapa hal yang bisa jadi bikin agan sista ngebet pergi ke Singapura dan ngerasain nuansa Ramadhan di negara yang memiliki Merlion Park
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura

Join iftar di Kampong Glam
Kampong Glam merupakan kawasan di Singapura yang kaya akan sejarah dan tradisi yang terus tetap dijaga, selama bulan puasa beberapa tempat yang jadi fokus perhatian di Kampong Glam diantaranya adalah Arab Street, Bussorah Street, Muscat Street, serta Haji dan Bali Lanes. Khusus untuk para agan sista pecinta kuliner, kawasan ini punya sederet restoran yang nikmat, dan juga terdapat beberapa toko trendi. Di kawasan yang kental akan nuansa seni dan budaya Singapura, saat Ramadhan pun jadi satu tempat yang wajib kaskuser kunjungi ketika melancong ke negeri seribu larangan. Bisa merasakan serunya buka puasa, berbelanja, dan yang menariknya jadi tempat yang ramai ketika hari raya idhul fitri tiba. Selama Ramadhan, Kampong Glam jadi salah satu tempat yang sangat hidup, di sini agan bisa merasakan hal yang unik yaitu iftar, merupakan berbuka puasa pada petang hari atau bisa berjalan-jalan di pasar malam untuk melebur dengan keramaian.
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura
sumber gambar : sultangate.sg 
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura

Di kawasan kampong glam agan sista bisa icip-icip hidangan khas Melayu seperti nasi padang dan kueh (kudapan manis) sampai dengan hidangan khas Timur Tengah, Jepang, Swedia, dan bahkan Meksiko. Kemudian Para penggila belanja dapat menuju ke Haji Lane yang berisikan deretan toko multi label, butik unik, dan juga bar yang modern, serta cafe. Atau pilihlah barang-barang tradisional seperti karpet Persia, baju kebaya (pakaian tradisional para nonya) dan parfum buatan tangan dari Arab Street dan Bussorah Street. 

 Melihat Semarak Ramadhan di Singapura

Salah satu hal unik di Kampong Glam selama bulan puasa adalah dimana kawasan ini selama Ramadan dihias gapura, menyambut orang untuk menjelajahi lingkungan dan ruko-rukonya yang khas yang dijadikan sebagai tempat berusaha sekaligus rumah tinggal.

Masjid Sultan yang Jadi Pusat Kemeriahan Selama Ramadhan
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura

Sumber gambar : www.travelfish.org

Melipir ke Singapura serasa belum lengkap untuk menyempatkan singgah di Arab Street yang terletak di Arab Quarter. Sebagai daya tarik utama, tempat ini terdapat Sultan Mosque. Masjid yang terletak di Muscat Street dan North Bridge Road yang merupakan bangunan bersejarah di Singapura sekaligus jadi pusat kemeriahan Ramadhan di Singapura. Selama Ramadhan, masjid ini menyelenggarakan bukapuasa bersama, Sholat Terawih, doa malam Ramadhan khusus.  Banyak juga lhooo.. komunitas antar agama diizinkan untuk bergabung dengan Muslim saat berbuka puasa, atau sesi buka puasa, jadi agan bisa bertanya di masjid apabila melancong di Singapura dan tertarik untuk bergabung emoticon-Cool.

Melihat Semarak Ramadhan di Singapura

Sudah menjadi tradisi karena Masjid Sultan sejak tahun 1960-an selalu menyelenggarakan Ramadan Bazaar Masjid Sultan. Masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh penduduk muslim di Singapura maupun wisatawan dari berbagai negara. Pada acara ini, pengunjung bisa membeli aneka makanan dari berbagai negara untuk berbuka puasa. Di mari agan bisa nyoabin menu makanan ala Timur Tengah, India, hingga makanan khas Indonesia pun juga bisa kalian santap. Para pedagang bazar mulai menggelar lapaknya sejak pukul 15.00 hingga 20.00 waktu Singapura. Layaknya di Indonesia, bazaar ini pun bakal mencapai puncaknya pada menjelang buka puasa. Kaskuser udah ada yang pernah melipir kemari saat Ramadhan? Kalau ada boleh komentar di bawah yah gan... emoticon-Big Grin. Untuk melipir ke Masjid Sultan, agan bisa menggunakan mode transportasi MRT hingga Bugis Station, kemudian melalui pintu keluar B, agan bisa berjalan selama kurang lebih sepuluh menit menuju masjid tersebut.

Buka Puasa Bersama di Masjid Jamae (Chulia), China Town, Singapura
Melihat Semarak Ramadhan di Singapura
Masjid ini berlokasi di Jalan South Bridge distrik Chinatown, yaitu sebuah masjid tertua di Singapura yang dibangun oleh komunitas Muslim India Tamil. Bagi Muslim Tamil, masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Chulia yang artinya masjid besar. Masjid ini merupakan masjid tertua ketiga di Singapura dan dinobatkan sebagai Monumen Nasional pada 19 November 1974. 

Melihat Semarak Ramadhan di Singapura
Sumber foto : masjidjamaechulia.sg

Selama bulan puasa, di Masjid Chulia menyediakan sesi buka puasa setiap harinya gan. Para relawan masjid pun mengatur dengan dibuat untuk melayani masyarakat dengan tepat waktu. Untuk menu buka puasanya nih gan, salah satunya adalah menyajikan makanan berupa Bubur India Selatan selama Ramadhan kepada lebih dari 600 orang setiap hari.

Berbelanja di Orchard, Jangan Lupa Untuk Sholat Tarawih Gan..
Sepanjang jalan Orchard Road berjejer berbagai macam mal yang tentu memanjakan bagi Kaskuser yang demen berbelanja. Memang sebagian besar mall-mall disini adalah mall-mal yang menjual barang-barang bermerek dan dibandrol dengan harga yang mahal, akan tetapi terdapat juga sebuah mall yang banyak menjual oleh-oleh atau souvenir murah di Singapore yakni Lucky Plaza. Beberapa mal yang berada di Jalan Orchard, Singapura adalah ION Orchard, Takashimaya (Nge Ann City), Paragon, Tang Plaza, Wheelock Place, The Heeren, 313 Somerse. Setelah berburu baju buat lebaran, saatnya agan untuk sempatkan merapat ke satu-satunya masjid yang berada di Jalan Orchard, yaitu Masjid Al-falah.

Melihat Semarak Ramadhan di Singapura

Masjid Al-Falah merupakan masjid istimewa bukan karena merupakan satu-satunya masjid di jantung jalan Orchard, namun Masjid Al-Falah juga merupakan tempat ibadah yang dilengkapi dengan ruang sholat ber-AC yang tentunya memberikan kenyamanan bagi para jamaah saat mereka melakukan shalat Terawih.

Geylang Serai Bazaar

Untuk kaskuser yang demen kulineran, rasanya ketika bulan puasa di Singapura wajib melipir ke acara yang satu ini.  Selama bulan puasa berjalan, di sini terdapat banyak stan yang menyuguhkan beragam produk Melayu dan Timur Tengah, mulai dari makanan berupa kue,  ragam produk busana, permen, hingga aneka hidangan gurih yang siap manjain lidah. emoticon-2 Jempol

Melihat Semarak Ramadhan di Singapura

Bazaar ini memang menjadi syurganya bagi para pecinta kuliner gan, karena selama Ramadhan pun banyak menjajakan berbagai makanan yang ajib!. Sebut saja seperti Daging halal Jepang (Beef Bro Singapore), makanan ini berupa potongan daging ikan pollock yang disajikan dengan nasi hangat dengan ada beberapa pilihan saus, diantaranya barbeque, bawang pedas, dan sambal belacan. Selain itu, ada juga Gangsta ribs dari Word Café dan mee kuah dari Sofnade, atau mau batalin puasa dengan yang manis-manis bisa coba dengan membeli teh susu di IceBurnz. Sudah sedari dulu kalau kawasan Geylang menghadirkan ‘Geylang Serai Hari Raya Night Market’, di sini agan sista dapat menemukan berbagai jenis makanan, yang dapat dimanfaatkan untuk makan sahur selama bulan Ramadan. Misalnya ada banyak sekali makanan yang dapat mengundang air liur untuk segera menetes, mulai dari kebab, burger, churros, gorengan, hingga nasi ayam yang sepertinya lezat.

Nah, kira-kira agan bakalan lebih pilih merapat ke yang mana gan? Cobain deh gan.. weekend meluncur ke Singapura untuk bisa dapetin nuansa Ramadhan yang berbeda seperti biasa. Bagi kaskuser yang pernah punya pengalaman jalani bulan puasa di Singapura, boleh juga nih share pengalamannya dengan cara reply thread ini.

emoticon-Traveller


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh travelaround
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ane pertamax? emoticon-Bingung
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
semuanya pun semarak setelah sebulanan seakan segala sesuatunya melambat dan akan diperhadapkan pada rutinitas biasa lagi,...
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Pengen kesana deh jadinyaemoticon-Peluk
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
harga makananye mahal2 gk gan
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Balasan post beautiesppl
Berangkaaat....
Balasan post Udinjack
Hmmm kayanya ga ada yang murah di Spore, gan
ane pernah tuh lewat masjid depan holiday inn express orchard

bagus banget
bersih ya tempatnya emoticon-Embarrassment
woww banget dah
Quote:


Yoi gan
Kebanyakan post
Diubah oleh bezoaneh
Pernah solat Jumat disana.
Dikira ga ada pengemis, taunya ada juga.
Rata2 ngasihnya 3sgd
Alias 30rebuan Bray, cepet kaya kalo ngemis disana emoticon-Big Grin
kereeeennnn 😖
Miss this city country

Ada gan, kayaknya negara manapun ga lepas dari pengemis even di dubai sekalipun. Entahlah kalo di brunei yg katanya kaya atau di negara2 eropa kayak finlandia


Quote:


Diubah oleh khalibran
Di indonesia ada kampung ramadhan gan.hehehe
itu yg kayak sarang tatong apa an gan,cokLat,eskrim,apa roti? Enak tuh kayaknya


Quote:


harganya standard tapi mata uang kita yg murah. hahaha
1 SGD = 10.000 rupiah
Teriak2
profile-picture
liee memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di