alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Tech / ... / ISP /
pemotongan pulsa yang dihitung /kb hanya karena terkoneksi dengan jaringan 4G
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf18ce22f568d523f35375d/pemotongan-pulsa-yang-dihitung--kb-hanya-karena-terkoneksi-dengan-jaringan-4g

pemotongan pulsa yang dihitung /kb hanya karena terkoneksi dengan jaringan 4G

PERTANYAAN "ANDA AKAN DIKENAKAN BIAYA /KB HANYA KARENA MOBILE DATA OFF, TANPA PAKET DATA DAN BERADA DI JARINGAN 4G"

Ini hanya keresahan saya saja, dan keingin tahuan apakah agan2 di forum kaskus sudah mengetahui hal ini atau belum.

ini pengalaman saya yang terjadi baru hari ini, ketika saya baru saja memasukan simcard provider I*3 saya setelah 3-4 hari tidak digunakan. terakhir saya ingat ada pulsa disitu minimal rp 25k karena untuk memperpanjang masa aktif 1 bulan.

belum sempat saya gunakan apapun saya harus pindah ke rumah ortu untuk makan malam yang paling hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk buka kunci dan masuk. setelah masuk saya langsung matikan mobile data dan langsung koneksikan ke wifi.

setelah memulai makan, mulailan saya menggunakan hp saya lalu saya cek dulu di aplikasi bawaan provider untuk pengecekan pulsa dan paket data, kagetnya saya ternyata paket data tidak ada, pulsa pun rp 0.

lalu saya menghubungi call center melalui chat yang disediakan di aplikasi berhubung sudah tidak ada pulsa untuk menghubungi hotline yang berbayar(biarpun hanya 1000 rupiah).
nah disinilah pertanyaan terbesar saya dimulai.

singkat cerita ternyata pulsa yang terpotong adalah rp 86.700. yang disebabkan oleh "terkoneksinya pada jaringan 4G dengan tanpa ada paket data dan kondisi mobile data off".

apakah agan2 sudah tau ketentuan provider ini? dan setujukah dengan alasan pemotongan pulsa /kb hanya karena terkoneksi pada jaringan 4g dan tidak memiliki paket data?
jadi simpelnya ketika anda membeli HP baru bundling dengan nomor provider ini, ketika pengaktifan nomor dan pengisian pulsa pertama, pulsa anda akan berkurang /kb meskipun tanpa ada satupun aplikasi terinstall.

pemotongan pulsa yang dihitung /kb hanya karena terkoneksi dengan jaringan 4G

pendapat saya pribadi ini kebijakan yang aneh, bagaimana pulsa saya bisa berkurang /kb, jika aplikasi saja tidak bisa mengakses 1byte-pun? lebih gila lagi, aplikasi tidak ada pun pulsa bisa habis dengan keterangan penggunaan /kb.

nah satu lagi tidak di semua HP android ada setting yang bisa mengunci jaringan dengan pilihan 4g only/2g only/3g only, jadi seperti HP saya ini hanya ada pilihan prefered network, yang artinya system bisa merubah jaringan ke jaringan yang ada jika yang dipilih tidak ada.
dengan kata lain provider ini memaksa penggunanya untuk menggunakan paket data, karena bagi orang awam mana mau tau dengan urusan gonta ganti setting jaringan(apalagi bonyok gw).
apalagi sekarang sudah ada HP dengan dual sim dengan layanan dual 4G aktif, makin gila lagi kita memonitor sim sebelah supaya ttep di 3G.

nah gimana menurut agan? apa kebijakan provider ini waras? atau merugikan konsumen?
secara sampai saat ini pengalaman gw, HP itu by-default systemnya akan mencari jaringan terkuat(4G), tapi jika digunakan untuk tlp logo 4G akan hilang(voice dan data tidak bisa digunakan bersama) minimal itu yang terjadi dengan HP gw, dan pemotongan pulsa /kb akan berlanjut selama gw tidak membeli paket data.
profile-picture
profile-picture
warrysangru2 dan PocongNgeBreak memberi reputasi
Diubah oleh woc28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ya emang kaskus dah sepi di bbrp forum emoticon-Big Grin
jadi jarang yg liat, mending post di thread2 spesifik aja emoticon-Embarrassment
coba post di thread ini atau ini

ane juga dah jarang pake tuh opsel soalnya emoticon-Ngakak (S)
cuma jgn heran deh, andai ga ngambil pulsa dari kasus2 kaya ente ini, mreka ngambilnya dari layanan2 aneh yg ga jelas emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
woc28 dan warrysangru2 memberi reputasi
syukurlah ane kgk jd pake nih provider...
trnyata blm sembuh jg penyakit lama'a...
emoticon-Betty
profile-picture
jktpanasmacet memberi reputasi
wew ane pk tsel gk seperti itu...
klo kepotong pulsa klo dipake aja
membantu yakk
ane pernah lsg telp CS, dan dibalikin tuh 60ribuan

Awalnya beli paketan, tp ternyata kesedot duluan tu pulsa sblm paket aktip
nice information
profile-picture
Vgod memberi reputasi
Q: setujukah dengan alasan pemotongan pulsa /kb hanya karena terkoneksi pada jaringan 4g dan tidak memiliki paket data?

A: setuju. Krn emang seperti itu. Opsel yg lain pun seperti itu kl tidak memiliki paket data. Motong pulsa.

Trus hrs ngerti jg setingan androidnya. Tanpa aplikasi bukan berarti ngga butuh pengkinian software di android itu sendiri.

Ketika membuka kunci dan masuk ke rumah membutuhkan wkt 5 menit, sudah cukup kok utk nguras pulsa agan
Krn begitu agan memasukkan simcard dan menghidupkan hape, seketika itu pula inet opselnya hidup.

Jd ya kl ane liat sesuai dengan penuturan agan, kesimpulan:
- keteledoran ada di tangan agan sendiri
- jeda 5 menit utk masuk rumah sudah cukup utk menguras saldo agan, yg nb, agan sendiri bilang ngga langganan paket data. Dan agan mematikan mobile data sesudah masuk ke rumah. Bukan sebelum masuk rumah, bukan ketika menghidupkan hape.
Quote:



jadi gw paham sekali gan maksud agan, hanya saja bukan gw ga rela pulsa terpotong karena berada dijaringan 4G dan tanpa paket data.

gw ga rela pulsa terpotong gara2 berada di jaringan 4G, tanpa paket data, MOBILE DATA OFF.

beda kan ya kondisi sama yang agan tulis?

jadi pengurangan saldo karena mobile data off itu gw rela gan, tapi gw minta kejelasannya kemarin bagaimana 5 menit bisa habis Rp 86.700,-, maksudnya seharusnya ga sebesar itu kalaupun ada pemotongan.

nah penjelasan CS berikutnya dia mengatakan seperti di gambar itu, nah setelah tau kabar itu baru gw ga setuju dan ngotot.
bagaimana operator bisa menghitung penggunaan data konsumen /kb dengan kondisi data seluler konsumen kondisinya off?
emoticon-Cape d...

jadi bukan meminta pengembalian pulsa, tapi penjelasan perhitungannya dan apa penyebab utamanya, sampailah pada pembicaraan itu.

masalah software terbaru dan setting, penggunaan HP bukan hanya oleh orang2 terpilih(IT,sarjana,anak milenial, tante gaul) saja, tapi umum.
makanya seharusnya software di hp masing2 seharusnya sudah cukup untuk bisa menghentikan penggunaan data dengan mobile data off ataupun airplane mode(itu mksd gw masalah software), kalau kasus khusus sampai harus "mengunci jaringan di 2G/3G only sebelum mematikan data", kira2 anak2 dan orang tua bisa melakukan itu kah?

pengalaman gw gan, ortu itu dah diajarin skrg, bsk dah lupa lagi, apalagi sebulan sekali pas renewal paket, jadi lock jaringan itu menurut gw terlalu aneh permintaan opsel, dan terkesan mengada-ada(bertujuan mencari kelasahan konsumen).

nah setelah gw jabarkan lagi agan setuju? sudah mematikan data seluler(mobile data) tapi masih dikenakan tarif /kb?
emoticon-Bingung
Diubah oleh woc28
Quote:


tq banyak gan dan direspon, dan tq banyak juga buat link nya.
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

ini opsel yang ini sayang aja dah lama make, gw pribadi makanya ada kasus ini juga, udah jarang dipake justru, sekali2 aja kalau ada promo menarik.

ia ada beberapa kasus, kmrn pemotongan via RBT, pesan cinta,dkk gw jg pernah ngalamin itu. hahahhaha. banyak bocornya ni systemnya kayaknya. padahal terhitung masih jawara kalau urusan sinyal, dibawah bumn yg ono noh.....
emoticon-Ngakak
Quote:


nah ini bisa jadi salah satu akibat dari yang ane sebut diatas. kan lucu ya.... tujuan mau isi data, eh ga cukup saldo, kudu isi lagi.
ga pasti juga si, bisa aja emang sistemnya lagi error, dan agan lbh dlu mengaktifkan data dan pake inet.
yah pengalan gw si memang yang ini sama yang bumn merah bisa telat tuh pengaktifan paket, jadi memaksa kita kudu ribet cek quota dan pulsa bolak balik dlu.
padahal dah termasuk PT dan Tbk, nasional pula, yah cuman bisa berharap lah konsumen kayak kita sih...
Operator sebelah jg ada curang2nya kok, gan. Sama aja.
Kmren gw memgalaminya di Pasca Bayar.
Tp pelayanan keluhan mereka sih lbh bagus dan responsif. Dibalikin lg saldo gw, 300rb lebih baliknya.
Quote:


si biru ya? emang bagus ini cs si biru.
update: pulsa gw juga dibalikin, meskipun dikorting 600 perak. ya iklaskan saja semoga jadi "berkah".

tapi meskipun dibalikin sistem seperti ini ttep ga bisa dibiarkan, jelas pencurian kalau menurut gw.
Diubah oleh woc28
Quote:


Itu hape nya bundling sama provider, ya...?
Do protek dan ga bisa ganti provider lain selain bundling tersebut?
Quote:


nope, ga bundling. bebas pake sim apa aja HP nya.
ni si menurut gw murni celah di program billing. jadi sebebnernya bisa diperbaiki kalau mau, masalahnya celah ini terlalu menguntungkan, seperti program2 rbt yang auto-aktif, duit masuk lebih lancar dan pasti.

layanan sperti rbt kalau kita pakai logika, gampang sekali kita bisa tau kalau system membiarkan layanan tersebut untuk melakukan pengaktifan otomatis tanpa persetujuan pengguna(tanpa sms untuk menanyakan persetujuan pelanggan), artinya penyedia system itu juga mendapat keuntungan.

dalam kasus gw, itu simpelnya seperti billing yang diaktifkan sebelum ada pemakaian. sedangkan billing itu sendiri adalah program yang dibuat untuk kepentingan penyedia layanan, jadi program itu bisa menyesuaikan isinya sesuai kemauan penyedia layanan.

jadi bisa dilihat lagi siapa yang diuntungkan(penyedia layanan) dan dirugikan(konsumen) khususnya anak2, orang tua, dan orang2 yang gaptek(asal pakai HP).
Kalo blm ada paket data, memang akan makan pulsa dan tarifnya mahal.
Terlebih jika Playstore blm di OFF pengaturan Auto Update. 5 menit itu uda brp aplikasi terupdate dibelakang layar. Termasuk update framework google yg size nya emg lumayan gede, macam2..

Terus yg kedua, android itu kalo baru di nyalain, banyak banget aplikasi "Auto Run on boot" termasuk aplikasi2 medsos yg plg bnyk mengkonsumsi data. Nah, disini juga kemungkinan tersedot banyak KB data.

Tiap mau off kan Hp utk ganti kartu, jgn lupa datanya dimatikan dulu. Agar saat booting, datanya tetap OFF dan ga nyedot data.
Quote:


ia setuju, tapi kalau sudah mematikan data dan pulsa masih terpotong karena penggunaan /kb agan mau/setuju?

nah itu yang terjadi di kasus gw menurut CS-nya gan.
Quote:


Tapi diatas kamu jabarkan kalo 5 menit kemudian baru kamu matikan datanya dan konek ke wifi. Meskipun kamu tdk menekan apa2, data akan terus termakan oleh aktivitas2 dibelakang oleh aplikasi di hape kamu.
Quote:


ia memang betul, keterangan gw barusan didapat dari keterangan CS pas gw chat, dia mengatakan kalau di systemnya dia gw masi memakai data padahal waktu itu pulsa gw sudah 0.

jadi post diatas gak menceritakan keseluruhan chat, hanya sebagian saja, tapi jika dibutuhkan... sudah kumplit chat-nya gw screenshot.
kenapa hanya sebagian? karena yang terpenting adalah keterangan CS di screenshot diatas menurut gw.

pemotongan pulsa yang dihitung /kb hanya karena terkoneksi dengan jaringan 4G

di screenshot bisa dilihat kan? di status bar atas kalau mobile data off dan menggunakan wifi?
CS masih bilang gw menggunakan data di jaringan 4G.
Diubah oleh woc28
emoticon-Salah Kamar
Quote:


harusnya kmana? ini kan forum teknologi bagian ISP? opsel ISP kan?

kalau bukan disini harusnya dimana? pkhusus pengguna indosat?
gw jg mampir ksitu, tp bahasannya keluhan sama promosi banyaknya.

tujuan post ni buat info sama diskusi aja.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di