alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Baguskah Tinggal Bersama Orangtua Atau Mertua Setelah Menikah?
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ceda4388012ae17cd060129/baguskah-tinggal-bersama-orangtua-atau-mertua-setelah-menikah

Baguskah Tinggal Bersama Orangtua Atau Mertua Setelah Menikah?

Menjalani rumah tangga memang bukan sesuatu yang segampang membalikkan telapak tangan. Tak sedikit masalah demi masalah hampir menghampiri mulai dari awal pernikahan hingga setelah lama menjalani rumah tangga. Indahnya pernikahan sedikit memudar dan membuat kebanyakan orang yang menikah akhirnya tersadarkan bahwa menjalani rumah tangga bukan hanya senang semata, namun juga harus siap menjalani suka dan duka dalam rumah tangga.
Baguskah Tinggal Bersama Orangtua Atau Mertua Setelah Menikah?

Credit : asianparent-assets-id.dexecure.net

Hidup tak lepas dari masalah dan menjalani rumah tangga pun tak lepas dari masalah. Masalah keuangan sering menjadi masalah klasik bagi siapa saja yang menjalani rumah tangga, masalah hubungan apakah masih setia atau sebaliknya, masalah anak yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya serta masalah tempat tinggal pun seringkali menjadi masalah tersendiri, meskipun terlihat sepele namun tak jarang menjadi masalah yang besar bagi mereka yang menjalani bila dibiarkan begitu saja.

Termasuk masalah tempat tinggal seringkali dialami oleh hampir setiap orang yang menjalani rumah tangga. Faktor belum mempersiapkan tempat tinggal menjadi penyebab masalah tempat tinggal terjadi. Bagi mereka yang belum memiliki rumah tentu mencari alternatif sendiri yaitu memilih mengontrak rumah namun ada juga yang memilih tinggal bersama mertua ataupun orang tua. Lalu bagus atau tidakkah tinggal bersama mertua atau orangtua? Sah-sah saja mau tinggal bersama orangtua dengan mertua karena itu kembali pada keputusan setiap orang masing-masing.

Setiap pilihan tentu ada resikonya tersendiri begitu juga saat memutuskan tinggal bersama orangtua atau mertua saat sudah menikah, tentunya tinggal bersama mereka tak selalu nyaman terlebih bila orangtua atau mertua tinggal bersama adik ipar ataupun adik sendiri. Terlebih bila sifat orangtua atau mertua yang cerewet dan diri kita yang mempunyai sifat baper tentu lebih baik ngekos atau mengontrak rumah dibandingkan tinggal bersama mertua berlama-lama.

Untuk itulah jangan sampai salah mengambil keputusan dalam memutuskan dimana akan tinggal, jika tinggal bersama mertua masih nyaman maka tak apa bila belum memiliki rumah terlebih mertua atau orangtua bersifat ramah dan peduli. Jika tinggal bersama mertua atau orangtua tidak nyaman maka sudah semestinya segera pindah dan lebih baik mengontrak rumah saja agar pikiran tenang dan juga biar lebih mandiri saat tinggal berdua ataupun bersama anak-anak. Jika ingin lebih mandiri, berpisah rumah dengan orangtua atau mertua lebih baik dari pada satu rumah yang seringkali masih ketergantungan dengan mertua atau orangtua.
Baguskah Tinggal Bersama Orangtua Atau Mertua Setelah Menikah?

Credit : jaminangadaibpkbmobil.com

Bagus atau tidak tinggal dengan mertua atau orangtua? Jawabannya lihat kondisinya dulu apakah kondusif atau tidak, jika tidak kondusif lebih baik mengontrak rumah jika belum mampu membuat atau membeli rumah. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi kehidupan
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendhaljepit dan 8 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
Reserved
profile-picture
g.gowang. memberi reputasi
Walau kondusif klo awal nikah tetap better jangan. Krn proses adaptasi antar kebiasaan pasangan aja itu dah cukup sulit. Klo ditambah harus adaptasi dgn keluarga akan makin sulit. Setelah pasangan beradaptasi.. baru pikirkan lg.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakapaksi dan 12 lainnya memberi reputasi
Kalo ane mah... mending tinggal ber2 aja dah ama bini biar rada bebas di rumah...dan kalo belum punya rumah sendiri mending ngontrak dulu. Kenapa ?

Karena biasanya kalo tinggal ama mertua..masalah kecil bisa jadi gede. Apalagi kalo bini ada masalah dengan nyokap. Bakalan ribet urusannya..satu sisi kita sebagai anak, dan satu sisi lagi kita sebagai suami.

Dan kalo bawa makanan untuk bini, ngak mungkin juga cuma buat beli untuk dia doang, harus beli untuk sekeluarga.
Begitu, Bossquuu emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
demikung dan 23 lainnya memberi reputasi
idealnya saat individu membangun keluarganya sendiri maka baiknya "pisah" dengan keluarga lamanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakapaksi dan 7 lainnya memberi reputasi
tentu tidak
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
ane sih karena mertua sendirian, gak mungkin juga ditinggal sendirian
Ada duda yg ngelamar juga gak mauemoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakapaksi dan 7 lainnya memberi reputasi
Klo bisa sih mending tinggalnya gak serumah sama orang tua ( biar lebih kelihatan mandiri), klo serumah biasanya sering ada cek-cok antara si menantu dan mertua.
Tapi kalo akur/cocok sih gak masalah juga.



~bata kolektor~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bandarjigonk dan 15 lainnya memberi reputasi
manatau para senior, buat pertimbangan
emoticon-Bingung
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Yaaa gw saranin sih jangan. Kalo udh nikah jngn tinggal ama mertua, ntar sering cekcok dan perlahan merusak hubungan suami istri yg baru dibangun. Klo blom punya rumah ngontrak aja gan gapapa, yg penting klo ditawarin mertua tinggal serumah jangan mau
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cloudible8 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ronaulysilalahi
tinggal bersama mertua??
That's VERY BAD IDEA !!!emoticon-Angkat Beer
TRUST ME !!! I'M FUCKIN DEAD SERIOUS!!!emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pundentraveler dan 10 lainnya memberi reputasi
ane sih gak masalah. ane saat ini tinggal sama mertua krna mertua ane tinggal sendiri (ayah mertua udah gak ada sebelum nikah) dan istri ane anak cewek satu2nya.
dijadiin ladang ibadah aja, jangan dijadiin beban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
demikung dan 11 lainnya memberi reputasi
Kalau sudah berkeluarga, ya carilah tempat tinggal sendiri dan mandiri
profile-picture
profile-picture
sindenrathan118 dan tafakoer memberi reputasi
tinggal sama mertua,??
mendingan jangan deh. ngontrak aja, yg penting rumah tangga adem
profile-picture
profile-picture
sindenrathan118 dan tafakoer memberi reputasi
ane si lbh pilih tinggal ber2.
tinggal breng mertua/ortu
yg ada suka serba salah
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Idealnya memang punya rumah sendiri..

Tapi pada saat kehamilan dan lahiran istri ada baiknya orangtua istri juga ada didekatnya agar nyaman sekaligus bantu rawat dedek bayi.

Kalau ane sih bisa pulang kemana mana..
Rumah sendiri boleh..
Mertua boleh.
Orangtua boleh.
Bersyukur banget semuanya sayang dan sabar baik ortu atau mertua..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
son.of.gabe dan 6 lainnya memberi reputasi
Tinggal berdua aja gan, mau makan nasi putih ama garem aja gak bakal repot. Selain masalah mandiri, kenyamanan kita sama istri itu penting. Kecuali orang tua sendiri, tapi bapak ane yang sendiri aja nganjurin buat tinggal bedua aja. Biar tahu artinya hidup katanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
son.of.gabe dan 2 lainnya memberi reputasi
Untungnya sejak awal ortu ane memilih mengontrak meskipun sekarang udah menikah lebih dari 20 thn & masih kontrak, sih.

Tante ane tinggal sama ortu nya (posisi nya kakek nenek ane yang masuk ke rumah anaknya) sampai ortu nya meninggal & terang-terangan berpendapat kalau sebuah keluarga idealnya cuma ada suami, istri & anak di rumah.

Dan ane juga setuju sih. Setelah dipikir-pikir, kalau suami istri serumah aja mesti berusaha nyocokin kebiasaan satu sama lain. Apalagi kalau ada ortu? Privasi juga nggak terjaga, belum lagi kalau udah punya anak. Rentan ribut karena perbedaan cara mendidik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sindenrathan118 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


setuju ama agan yg atu ini emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan storm69 memberi reputasi
Saran ane jgn ma ortu ato mertua, tkt da hal yg ga diinginkan, pa lg bisa trjadi cekcok istri dgn ibu. Yaa pngalaman pribadi ane jg seh, akhirnya ane pas 1 tahun lbh baru pindah, ngontrak dtmpt lain, rmh tngga lbh adem ga liat istri nangis, krna ga mgkin jg qta negor ibu yg ada iri. Dan alhamdulillah skrng malah adem ayem, istri dan ibu jg akur. Oiya cekcok itu mksd ane kebiasaan istri dlm memasak atau urus ane berbeda dgn ibu, apa kg ibu orangnya over telaten dan bersih ampe tiap bbrapa jam sapu dan ngepel pdhal msh dlm keadaan bersih, yaa krna berbeda kbiasaan aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sindenrathan118 dan 2 lainnya memberi reputasi
tergantung sikon.pecuma misah kalo duit masih minta
profile-picture
profile-picture
sindenrathan118 dan julkernaut memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di