alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
[COCooking 2019] Camilan Manis Si Biji Ketapang yang Gurih dan Lezat #yukBUKBER
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cea2bba65b24d1d930ef9fe/cocooking-2019-camilan-manis-si-biji-ketapang-yang-gurih-dan-lezat-yukbukber

[COCooking 2019] Camilan Manis Si Kue Biji Ketapang yang Gurih dan Lezat #yukBUKBER

[COCooking 2019] Camilan Manis Si Biji Ketapang yang Gurih dan Lezat #yukBUKBER

Sumber: dokpri


Selamat siang Agan dan Sista. Masih semangat puasa bukan? Alhamdullilah hingga detik ini Richy pun masih semangat berpuasa hingga meraih kemenangan di Hari Lebaran nanti. Berbicara mengenai menu berbuka puasa yang pertama kali kita konsumsi tentunya makanan dan minuman yang manis, misalnya buah kurma, kolak pisang, es buah, kue dan panganan lain yang rasanya manis.
Saat berbuka puasa, aku pribadi biasanya minum teh manis dan mengonsumsi makanan yang ringan dahulu bukan makanan yang berat seperti nasi.

Nah, camilan yang akan aku kupas ini cocok sebagai makanan ringan atau hidangan pembuka saat berbuka puasa. Namanya kue biji ketapang. Di tempat tinggalku kue kering ini memang tersaji pada saat bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri saja. Meskipun asal muasal kue biji ketapang ini dilansir dari Okezone.com (26/5/2019) merupakan salah satu kuliner Betawi yang paling legendaris, bentuknya kecil-kecil menyerupai biji ketapang. Pohon ketapang memiliki buah bulat agak kasar, dan runcing pada bagian ujungnya sehingga dinamai kue biji ketapang.

Cara membuat kue ini ternyata gampang banget. Bahan-bahannya mudah sekali didapat di sekitar rumah Agan dan Sista. Untuk rasa sih dijamin enak. Perpaduan rasa manis, gurih dan kriuk siap menggoyang lidah kalian. Nah, kebetulan kemarin ibu ane habis bikin kue ini dan kebetulan aku juga ikutan membantu. Ternyata emang praktis dan enggak ribet Sista bisa mencobanya di rumah. Kue ini juga cocok disajikan saat Hari Lebaran tiba.



Resep untuk membuat kue ini:
1. Buah kelapa yang diparut sekitar 150 gram. Sebaiknya gunakan buah kelapa yang setengah tua biar hasilnya renyah dan gurih.
2. Tepung terigu 400 gram dan ayak terlebih dahulu supaya halus.
3. Satu butir telur ayam.
4. Gula pasir yang berwarna putih sebanyak 150 gram.
4. Margarin boleh menggunakan merk apa saja sebanyak 100 gram.
5. Vanili secukupnya.
6. Garam dapur secukupnya.
7. Minyak goreng kurang lebih setengah liter atau sesuaikan dengan penggorengan yang digunakan.



Cara membuat :

Yang pertama pecahkan 1 butir telur ayam ke dalam wadah dan kocok hingga rata. Setelah itu masukkan 150 gram gula pasir, 1 sendok teh garam dapur dan vanili secukupnya. Kemudian campur ketiga bahan tadi dengan kocokan telur hingga tercampur rata. Siapkan satu wadah lain, masukkan kelapa parut dan campur dengan tepung terigu (400 gram) sampai rata. Lalu masukkan campuran tepung tadi ke dalam adonan di wadah pertama aduk semua bahan sampai rata. Tambahkan mentega 100 gram, campur menggunakan tangan dan uleni hingga kalis. Diamkan beberapa saat. Bentuk adonan bulat panjang seperti bolpoint atau spidol. Potong adonan tadi menjadi kecil-kecil agak menyerong.


[COCooking 2019] Camilan Manis Si Biji Ketapang yang Gurih dan Lezat #yukBUKBER

Sumber:dokpri


Panaskan minyak di penggorengan atau wajan dengan api sedang. Goreng adonan tadi yang sudah dipotong-potong hingga matang dan berwarna kecokelatan. Ulangi step ini hingga adonan habis. Apabila sudah matang, tiriskan dan masukkan ke dalam wadah toples agar lebih awet.


Demikian Agan dan Sista camilan kue manis biji ketapang ini untuk hidangan pembuka saat berbuka puasa. Semoga thread ini bermanfaat untuk para sista di rumah dan dalam rangka mengikuti event COCooking 2019 #yukBUKBER. Richy mengucapkan terimakasih untuk admin Kaskus dan selamat berpuasa bagi yang menjalankannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Richy211
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Aku kira biji ketapang beneran
Diubah oleh janeeta97
Lihat 1 balasan
Balasan post janeeta97
Bukan kak 😂😂 aku malahan gak tahu biji ketapang asli kaya apa 😁
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
Quote:


Lagi gak musim. Coba googling aja 😊
Lihat 1 balasan
Balasan post janeeta97
Iya penasaran kaya apa wujudnya 😂. Makasih kak infonya
gue kira ketapang di pelabuhan bali
Lihat 1 balasan
mantap jiwa
Lihat 1 balasan
Balasan post ilafit
Itu pelabuhan akak 😂😂 ini kue
Balasan post Laditachuda
😂😂😂 kok mantap jiwa
wihhh mantul
Lihat 1 balasan
Balasan post masnukho
Thx kakak 😁
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Sip 😁
Aku suka ini, gurih rasanya ada manisnya
Lihat 1 balasan
Balasan post trifatoyah
Iya kak kan ada campuran kelapa parutnya 😋😋😋
Enak kayaknya ya
Lihat 1 balasan
emoticon-2 Jempol emoticon-Shakehand2

semoga laris kue2 nya ya emoticon-Malu
profile-picture
god.dexvils memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Nyemil.... nyemilemoticon-tempted
Lihat 1 balasan
Balasan post gembelngehe
Mau pesen Om 😁😁
Balasan post aniesday
Enak bu cobain deh gampang bikinnya 😁
Balasan post ceuhetty
Wew itu Raisa mau mau ngemil wkkkk
kirain olahan dr biji ketapang tadinya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di