alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan
4.5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce90f732f568d7cbb60e61a/10-menu-rumahan-di-bulan-ramadhan-nomor-9-dan-10-favorit-orang-kalimantan

[COCooking2019] 10 Menu Rumahan Bulan Ramadhan, Nomor 9 & 10 Favorit Orang Kalimantan

Ketika ada waktu luang untuk masak-memasak, memang lebih mengasyikkan dan tentu saja higienis dan no micin.

Walaupun hanya masakan rumahan, tapi ada bumbu cinta yang gak bisa dibeli di mana pun. Aroma dan taste-nya mengalahkan serbuk MSG.emoticon-Big Kiss

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Bicara menu rumahan, so pasti simple buatnya dan lezat. Kamu-kamu juga bisa bikin dan gak repot karena praktis, hemat waktu sehingga bisa disambi mengetik thread-thread baru. Cap cus gak perlu panjang kali lebar, baca sampe abis ya gan sis😘


1. Mie Kuah

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Ini aku bikin setelah tarawih. Perut bunyi tuh keroncongan. Cuma gak pengen makan nasi. Larak-lirik dapur dan terciptalah menu ini. Sajikan dengan perasan limau kuit dan telur rebus iris.

Resep:

- Rebus mie kering. Angkat dan tiriskan.

- Ulek kasar bamer, baput, cabe rawit hijau dan merah, garam. Tumis hingga harum. Masukkan potongan sawi. Tuangkan air dan mie.

- Taburi bawang goreng merah dan putih.

- Siap disantap setelah dipindah ke mangkuk. Mari makan.


2. Tahu Remuk

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Rasanya bikin nagih. Ulek halus satu siung bawang putih mentah, garam dan cabe rawit merah, lalu geprek bersama tahu goreng. Makan langsung di cobek, bersama dia.


3. Urap

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Nah ini penggugah selera banget. Sehat pula. Bumbu urapnya itu lho manis-manis ngangenin.

Resep:

- Rebus sayur kol, kacang panjang, pucuk daun pepaya, pucuk daun singkong, kangkung, nangka muda, kecambah. Sesuai selera. Rebus terpisah ya. Untuk daun pepaya dan singkong rebus bersamaan agar rasa pahitnya pudar. Kol dan kecambah rebus juga bersamaan sebentar saja, karena matangnya cepat. Tiriskan.

- Ulek halus bamer, baput, cabe merah besar, terasi bakar, kencur, garam.

- Tumis bumbu halus hingga setengah matang dan harum. Masukkan air asam jawa (larutkan dengan sedikit air panas), daun jeruk, dan gula merah (sisir). Tunggu gula larut. Masak dengan api sedang.

- Masukkan kelapa muda parut (paham kan ya kelapa muda yang dimaksud bukan yang untuk minuman itu), aduk rata. Masak hingga kadar air berkurang.

- Taruh sayur di piring, campur dengan kelapa bumbu.

- Sajikan.


4. Sup Singkong

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Ini cemilan enak bikin kenyang. Lupakan diet, oke.

Resep:

- Rebus singkong.

- Ulek halus batang dan daun ketumbar, bamer, baput, garam.

- Tumis bumbu halus. Masukkan irisan bawang bombay dan irisan daun bawang. Masak hingga matang dan harum. Angkat, masukkan ke dalam rebusan singkong.

- Rabus hingga singkong empuk. Taburi irisan batang dan daun ketumbar. Tambahkan bamer dan baput goreng kalau suka.

- Sajikan hangat ke dalam mangkuk, beri perasan air jeruk purut.


5. Nasi Goreng Kunyit

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Seringkali nasi di rice cooker kan sisa tuh. Daripada dibuang mending diolah nasgor. Nah ini menu favorit aku juga. Rasa kencurnya bikin lidah ingin terus menyantap, lagi dan lagi.

Resep:

- Nasi dari rice cooker dikeluarkan dan didinginkan.

- Ulek halus kunyit, kencur, cabe rawit merah dan hijau, cabe merah besar, bamer, baput, dan garam (jangan diblender ya, rasa akan berubah, gak nendang).

- Tumis hingga harum. Masukkan nasi, aduk hingga tercampur rata. Masak dengan api kecil.

- Sajikan di piring dengan lauk udang goreng tepung dan tempe goreng. Wuih lezat banget.


6. Pais Manis Ikan Mas

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Membuatnya sangat mudah. Gak perlu repot mengulek bumbu. Tinggal iris bamer, cabe hijau dan merah besar, tomat. Tata di atas daun pisang yang sudah dilayukan dengan api kompor. Campur dengan ikan mas yang sudah dikucuri perasan jeruk nipis. Beri garam. Aduk-aduk agar garam merata. Semat daun pisang dengan lidi, lalu kukus hingga matang.


7. Puyau dan Sanggi Goreng
10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Ikan ini aku dapat dari menjebak pakai gaduhang yang dipasang di sungai. Segar-segar langsung dimasak membuat dagingnya bercita rasa manis gurih.

Resep:

- Kucuri ikan dengan perasan jeruk nipis.

- Ulek bamer, asam jawa, dan garam.

- Campur dengan ikan, aduk hingga bumbu merata.

- Goreng hingga matang.


8. Batu Petir/Dolinat

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Rasa gurih berpadu dengan manis yang meleleh membuat penganan yang satu ini pun menarik untuk menu berbuka puasa.

Resep:

- Parut singkong. Kemudian parut kelapa muda di atasnya, beri garam sedikit, lalu aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.

- Sisir gula merah dalam wadah untuk isian.

- Bentuk bulat lonjong bahan yang sudah diparut. Lobangi tengahnya dan masukkan gula merah secukupnya. Tutup kembali. Ulangi kembali hinga bahan habis.

- Goreng sampai matang.

- Makan selagi hangat.


9. Bobongko Roti Tawar

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Ternyata aku sebagai orang Kalimantan suka yang manis-manis. Buktinya buka puasa dengan kue ini gak pernah bikin bosan dan selalu jadi menu takjil pilihan.

Selain memakai roti, bobongko juga bisa dibuat menggunakan tepung yang diadon.

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Resep:

- Rebus santan dengan gula merah/gula pasir dan daun pandan. Beri sedikit garam.

- Tata sebuah roti tawar diatas daun pisang yang sudah dilayukan. Letakkan secarik daun pandan di bawah roti. Siram dengan kuah rebusan. Taruh di atasnya potongan nangka matang atau tape ketan. Semat daun pisang dengan lidi.

- Kukus.

- Tunggu waktu berbuka ya, gansis.


10. Talang Asam Manis

10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

Dok.Pri


Hampir tiap hari di kampung ada saja undangan berbuka puasa. Menu yang dihidangkan biasanya daging sapi atau ayam. Terkadang tauman (sejenis gabus dengan badan yang lebih besar). Otomatis lidah ini agak jemu hingga ikan kering pun menjadi menu pengubah rasa kala tidak ada undangan bukber.

Orang Kalimantan pasti tahu ini (ya iyalah). Kalau di warung makan ada menu ini, pasti talang asam manis ini juga ikut terpilih disantap. Rasanya ugh gak bisa diceritain deh selain gansis coba sendiri.

Resep:

- Potong potong talang, cuci bersih lalu goreng. Angkat, tiriskan.

- Iris tomat, bamer, baput, cabe hijau dan merah besar.

- Tumis irisan hingga setengah matang dan wangi.

- Tuangkan air.

- Setelah mendidih sekali, masukkan talang, garam, dan gula merah.

- Masak hingga mendidih kembali.

- Sajikan di piring atau mangkuk.


Gimana? Gampang? Yes, because I'm Mrs. SimpleπŸ˜‰


Ingat, beri cendol, rate, n subscribe ya .... Terima kasihemoticon-Goyang


Barabai, 25 Mei 2019 M / 20 Ramadhan 1440 H


Sumber : Pribadi
Gambar : Koleksi Pribadi




Quote:



10 Menu Rumahan di Bulan Ramadhan, Nomor 9 dan 10 Favorit Orang Kalimantan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh febrianaryna
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
hayo ngiler ngiler
profile-picture
profile-picture
alizazet dan bekticahyopurno memberi reputasi
aku suka sup singkoong
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
dolinat, hihi lucu nama nya. enak sepertinya.
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
Wes mantap kak bikin sendiri itu 😊
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
Ngiler Bun... tanggung jawab ya
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
ntappp
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
aelaaahh bikin ngiler semua nih
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
emang enak ya singkong dibuat sup
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
spoiler terus centerkan mbak biar lebih rapi
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
Mantap semua makanannya emoticon-Jempol
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
Gorengan gan
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan febrianaryna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
talang asam manis...hmmmm bikin nge cess liat nya
jadi pengen bikin ....
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
mari makan
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
Wah cocok buat saur nih
profile-picture
febrianaryna memberi reputasi
Quote:


@febrianaryna belum post di trit induk COCokingnya ya sis? belum masuk di list peserta

profile-picture
profile-picture
mbakendut dan febrianaryna memberi reputasi
Quote:


Eh iya, itu udah sy post, udah bener belum ya?
Diubah oleh febrianaryna
Quote:


Samaan, enak banget yaemoticon-Cendol Gan
Quote:


Manis dan gurih, cobain dechemoticon-Kiss
Quote:


Ho oh, mudah, simpel, gampang, praktis, lezatemoticon-Kiss
Halaman 1 dari 7


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di