alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[Hasil Penyelidikan] Siswa SMA di NTB Tak Diluluskan karena Kritisi Sekolah, KPAI...
5 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce7b550e83c725bac04799f/hasil-penyelidikan-siswa-sma-di-ntb-tak-diluluskan-karena-kritisi-sekolah-kpai

Siswa SMA di NTB Tak Diluluskan karena Kritisi Sekolah, KPAI Turun Tangan

[Hasil Penyelidikan] Siswa SMA di NTB Tak Diluluskan karena Kritisi Sekolah, KPAI...

Siswa SMA di NTB Tak Diluluskan karena Kritisi Sekolah, KPAI Turun Tangan


Jakarta - Seorang siswa SMA di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), tak diluluskan karena bersikap kritis terhadap kebijakan sekolah. Terkait kabar ini, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) langsung melakukan pengecekan ke lokasi.

"KPAI sudah melakukan pengawasan ke Sembalun. Rapat bersama pihak sekolah, Dinas Pendidikan, Kemdikbud," kata Wakil Ketua KPAI, Rita Pranawati, saat dihubungi, Jumat (24/5/2019).

Siswa yang tidak diluluskan bernama Aldi Irpan, siswa SMAN 1 Sembalun. Rita mengatakan Aldi tidak diluluskan karena bersikap kritis terhadap kebijakan sekolah. 

Sikap kritis Aldi membuatnya tidak diluluskan. Rita mengatakan respons sekolah terhadap sikap Aldi tidak tepat.

"Masalahnya ada di cara pandang sekolah terhadap anak. Sebenarnya kan tiap anak penting didengar pendapatnya. Jangan dianggap kejelekan, tapi harus dianggap diskusi, jangan dianggap sebagai musuh," tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti, mengatakan sudah melakukan pengecekan langsung ke Sembalun. Selain ikut rapat dengan pemegang kebijakan, Retno juga sempat mewawancarai pihak keluarga Aldi dan rekannya.

Retno mengatakan Aldi merupakan siswa yang dituakan teman-temannya. Sikap kritis yang disuarakan Aldi bukan semata-mata atas hak pribadi, melainkan mewakili aspirasi teman-temannya.

"Mereka itu memang menganggap Aldi itu pemimpin. Jadi kalau ada apa-apa, mereka mengadu ke Aldi. Karena yang berani bersuara Aldi," ucap Retno.

Dia menambahkan, sikap kritis ditunjukkan Aldi bukan hanya baru-baru ini. Retno melihat ada cara respons yang berbeda saat terjadi pergantian kepala sekolah.

"Bukan cuma sama kepala sekolah ini, sama kepala sekolah sebelumnya, Aldi juga bersuara. Cuma kepala sekolah sebelumnya lebih kooperatif sehingga tidak seperti ini, Sehingga terjadilah benturan," tuturnya.

Retno mengatakan, tidak ada alasan untuk tidak meluluskan Aldi. Pasalnya, secara akademik, nilai Aldi pun baik. 

Retno menjelaskan Aldi tidak diluluskan karena sikap kritis yang ditunjukkan pada periode Januari-Maret 2019. Retno melihat sikap kritis Aldi muncul karena kondisi cuaca di Sembalun.

"Keberatan AL terhadap kebijakan sekolah terjadi karena dipicu 30 ketentuan yang dibuat secara sepihak oleh kepala sekolah tanpa proses musyawarah dan sosialisasi, diantaranya memulangkan siswa yang terlambat, tidak boleh mengenakan jaket di sekolah, dan lain-lain," ujarnya.

"Kedua kebijakan itu yang di protes AL dkk bukan tanpa alasan, mengingat dinginnya udara pada musim hujan di Sembalun, persis di kaki gunung Rinjani dan jalan menuju sekolah yang rusak dan sulit dilalui ketika diguyur hujan," imbuhnya.

Dia mengatakan tidak diluluskannya Aldi jadi indikasi pembungkaman terhadap hak partisipasi anak di sekolah. Padahal berdasarkan UU 35/2014 tentang Perlindungan Anak, suara anak harus didengar dan partisipasi anak dijamin UU.
(jbr/fjp)


SUMBER:
detik

KOMEN TS:
Ternyata pihak sekolah saja yang over acting. Mungkin guru-guru jengkel pada tipikal siswa yang suka jadi pusat perhatian, tapi tidak meluluskan itu adalah hukuman yang terlalu jauh, apalagi ini siswa berprestasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
guru over acting
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan 8 lainnya memberi reputasi
Hmmm akhirnya ketauan sebabnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 7 lainnya memberi reputasi
pertama kali ada trit ini, kaskuser pada ngehina si aldi emoticon-Big Grin

apakah sekarang akan menghina pihak sekolah?

terus menghina aldi lagi?

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 11 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kaskuser yg begitu pantas dihadiahi semvak merah, mirip kelakuannyaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan 10 lainnya memberi reputasi
Semestinya kalo ada peraturan dr pusat jangan telan mentah2 juga tp liat sikon. Pihak sklh harusnya ngajuin keberatan thd aturan yg rasanya kurang sesuai d disdik setempat harusnya jd penengah.
Yg pasti matahin lebih gampang drpd numbuhin. Tapi mengarahkan bakat jauh lebih bijak drpd bikin kapok....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 7 lainnya memberi reputasi
jd kelanjutannya gimana nih? dipidana kah kepseknya? secara sengaja menghilangkan hak seseorang itu hukumnya pidana kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post musejakarta
Quote:


Ntar di hina dua²nya gan, karena yang menghina maha benar emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 6 lainnya memberi reputasi
hahahaha paok

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Waduh .. kepala sekolahnya kaget berat, gak menyangka urusannya bisa sampe ke KPAI emoticon-Hammer2

Alamat karir macet nih emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangthur dan 7 lainnya memberi reputasi
Ingat pasal 1 : Guru selalu benar.

Pasal 2 : klo guru salah maka kembali ke pasal 1..


emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 5 lainnya memberi reputasi
Itu kepala sekolahnya mirip zaman ane dulu...
Frater jabatannya....

Salah ngomong keplak kepala....
Mau tanya buku perpustakaan yg telat dikembalikan...ditempeleng pake buku.
Satu sekolah mau nanya apapun takut..wkwk...

Gak sesuai dgn jabatan sucinya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 8 lainnya memberi reputasi
hidup siswaaaa...!! emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan 2 lainnya memberi reputasi
Ini baru gurunya salah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Kebetulan ane pernah ngalami model beginian, bedanya waktu itu ane kelas 1. Jadinya cuma kena pindah tendang. Cuma setelah kena tendang, ane makin keras bersuara. Setelah nego, akhirnya win-win solution, ane pindah sekolah, asal guru bersangkutan juga dipindah. emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irazz1234 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kumaniaks
calon aktivis nih
ayo kuliah dik, biar bs membanggakan negeri ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan 4 lainnya memberi reputasi
Dimana freedom speech?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
topana dan 3 lainnya memberi reputasi
ada juga yg ga pernah salah disini
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
ini bukan guru yang overacting gan tapi si Headmaster nya, karena setau ane di postingan yang viral banyak guru yang nangis karena si doi nggak diluluskan, CMIIW
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GZuron dan 6 lainnya memberi reputasi
takut gurunya kena getahnya makane over kek gitu
parah demokrasi kek gini yaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
calon calon inii
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di