alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce4fb9328c99109f8064a4f/kronologi-lengkap-rusuh-22-mei-dini-hari

Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari

Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari


Polisi memaparkan kronologi lengkap terkait kerusuhan yang terjadi di beberapa titik, sejak Selasa larut malam kemarin hingga memuncak di dini hari tadi. Peristiwa ini diwarnai dengan aksi bentrok polisi dengan kelompok massa tak dikenal, hingga penemuan mobil ambulans berlogo partai. Bagaimana cerita lengkapnya?

21.00 WIB: Masa 'Asli' Bubar Tertib

Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menerangkan bahwa sekitar aksi massa demo 22 Mei di Gedung Bawaslu mulanya berlangsung kondusif. Bahkan, dia mengatakan aparat dan peserta aksi sempat menjalan ibadah shalat Tarawih berjamaah. Lantas, sekitar pukul 21.00 WIB, Kapolres Metro Jakarta Pusat mengimbau massa aksi untuk membubarkan diri. Massa pun patuh dan membubarkan diri secara kondusif.
Baca juga: Polri soal Rusuh 22 Mei: Kalau Ada Keterlibatan Parpol, Kami Dalami Aktornya

23.00 WIB: Massa Misterius Muncul, Bikin Rusuh

Kendati demikian, Iqbal menjelaskan, tiba-tiba sekitar pukul 23.00 di depan Bawaslu, muncul kelompok massa yang tak jelas asalnya. Mereka melakukan tindakan provokatif dan anarkis.

"Sekira 23.00 WIB tiba-tiba ada massa kita tidak tahu massa dari mana, massa yang berulah anarkis dan provokatif berusaha merusak security barrier dan memprovokasi petugas, sesuai dengan SOP bahwa tidak boleh lagi massa aksi setelah larut malam, petugas TNI dan Polri menghalau, namun massa tersebut di beberapa ruas jalan kita dorong jalan Sabang dan Wahid Hasyim bukan malah kooperatif, tapi menyerang petugas, bukan hanya dengan kata-kata tapi lemparan batu, molotov, petasan ukuran besar ke arah petugas," kata M Iqbal di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

02.45 WIB: Muncul Massa Misterius Lain di KS Tubun

Kemudian sekitar pukul 02.45 WIB, Iqbal menyebut polisi sudah bisa mengurai kelompok massa sebelumnya. Namun, kelompok massa lain muncul lagi.

"Sekira pukul 02.45 WIB, ada sekelompok massa yang lain dari massa yang tadi, massa yang tadi sudah terurai," tutur Iqbal.

Usai 58 orang terduga provokator berhasil diamankan, sekitar pukul 03.00 WIB muncul lagi massa tak dikenal, di sekitar Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat. Polisi menduga kelompok massa ini sudah di-setting.

"Pada saat bersamaan pada pukul 03.00 WIB ada lebih kurang massa yang berkumpul di KS Tubun, memang kita massa banyak, kalau kita duga massa tersebut sudah dipersiapkan dan di-setting, seperti biasa kami melakukan imbauan pendekatan, Kapolres Metro Jakarta Barat," kata dia.

03.00 WIB: Massa Menyerang Asrama Brimob

Dibantu oleh beberapa tokoh masyarakat pemuka Front Pembela Islam (FPI), polisi terus berusaha meredakan aksi massa ini. Namun, kelompok massa justru menyerang asrama Polri dengan batu, bom molotov, petasan dan botol.

"Dibantu tokoh-tokoh masyarakat pemuka-pemuka FPI, karena di situ markas FPI, Alhamdulillah ada komunikasi. Namun seketika itu juga massa tersebut bergerak ke arah asrama Polri di Petamburan, dan mereka menyerang asrama tersebut dengan batu, molotov petasan botol-botol yang ada, memang ada piket di situ, SOP ada piket, asrama Brimob dan polisi-polisi pada fungsi lain. Dihalau dengan gas air mata massa bukannya mundur tapi terus masuk ke asrama melakukan pengrusakan asrama, ini yang brutal lagi, membakar beberapa kendaraan yang diparkir di sana, baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan dinas," kata Iqbal.

Dari aksi massa ini, diketahui orang-orang dari bagian kelompok massa mengalami luka-luka. Di satu sisi, beberapa kendaraan dilaporkan rusak.

"Mobil yang rusak 11 unit, dengan kerusakan bervariasi kaca depan bodi dan lain-lain, dan mobil yang terbakar 14 unit, truk dalmas satu, tiga mobil dinas K-9, dan 11 unit mobil umum," imbuh Iqbal.

Selain itu, Iqbal memastikan 11 orang terduga provokator sudah diamankan di Polda Metro Jaya untuk diperiksa.

Ada Bukti Ambulans Berlogo Partai

Polisi menduga sejumlah massa yang melakukan kerusuhan berasal dari luar Jakarta. Mayoritas diduga berasal dari Jawa Barat, Banten dan Jawa Tengah. Selain itu, Iqbal mengatakan polisi menemukan bukti berupa satu mobil ambulance berlogo partai berisi batu dan alat-alat. Diduga batu dan alat tersebut adalah amunisi massa untuk menyerang polisi.

"Ada bukti-bukti. Ada satu ambulans, saya tidak akan sebutkan partainya, penuh dengan batu dan alat-alat. Ada juga massa tersebut masih menyimpan amplop dan kami sita, Polda Metro Jaya sedang kami dalami," ujarnya.

Iqbal juga menyebut massa yang melakukan penyerangan pada waktu dinihari itu, bukanlah massa spontan, melainkan massa yang sudah didesain.

"Dari rangkaian tadi massa aksi damai, bahwa peristiswa dini hari tadi adalah bukan massa spontan, bukan massa spontan, bukan peristiwa spontan tapi perisitwa by design, peristiwa settingan," ungkapnya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendhaljepit dan 14 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Massa misterius atau kagak, mereka memanfaatkan momennya

Yang bikin momen mau bertanggung jawab? Boro-boro.

Sama kayak 411 tempo hari rusuh di penjaringan.

Yang punya aksi dengan entengnya cuma bilang itu bukan massanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dariusss dan 12 lainnya memberi reputasi
kronologinya di awali dari si budi buduk takmir kang sebar fitnah provokasi cem kelakuan pki yg diciduk pulisi nangis2 emoticon-Leh Uga

Syukurlah pak Budi dibebaskan polisi. Semoga dari sini pak Budi jadi belajar lebih bijaksana dalam bertutur kata... bukan berarti jadi takmir lantas bebas memprovokasi, bebas tidak diciduk. Bersalah tapi tidak mau bertanggung jawab, krn itu bukan tauladan. Jadi muslim itu harus santun dalam segala hal dan sabar dalam segala kondisi. Jangan gampang mengumbar syahwat emosi, kebencian, provokasi seperti kelakuan istri abu lahab sang pembawa masad (sabut pembuat asap).


Pak Budi masih untung sudah dibebaskan, tapi alangkah baiknya jika pak Budi tobatan nasuha. Jangan sampai terperosok masuk golongan orang2 yg dinistakan oleh Rasulullah Saw, yaitu para ulama akhir jaman yg mulutnya gemar akan fitnah, berbicara jauh dari siddiq.


يوشَكُ أن يأتيَ على الناسِ زمانٌ لا يبقَى من الإسلامِ إلا اسمُه ولا يبقَى من القرآنِ إلا رسمُه مساجدُهم عامرةٌ وهي خرابٌ من الهُدَى علماؤُهم أشر مَن تحتَ أديمِ السماءِ من عندهم تخرُجُ الفتنةُ وفيهم تعودُ

الراوي : علي بن أبي طالب | المحدث : البيهقي | المصدر : شعب الإيمان
الصفحة أو الرقم: 2/788 | خلاصة حكم المحدث : منقطع


Artinya: Dari Ali bin Abi Thalib berkata, Rasulullah saw bersabda, "Dekat zaman bagi manusia, (bahwa) tidak tersisa dari Islam itu kecuali namanya, dan (tidak tersisa) dari Alquran kecuali tulisannya, masjid-masjid mereka mewah tetapi jauh dari petunjuk, ulama mereka itu paling buruk (diantara seluruh makhluk) di bawah kolong langit, dari mereka keluar fitnah dan (fitnah itu) akan kembali kedalam diri mereka. (H.R Baihaqi)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azharbi dan 10 lainnya memberi reputasi
tangkap wowok
tangkap sengkuni rais...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
widzltoz dan 8 lainnya memberi reputasi
udah jelas massa bayaran. dipersenjatai molotov & petasan. bahkan jg ada ambulance punya partai yg berisi batu buat disambitin.
manusia2 munafik, pura2 menahan pendukung biar gak rusuh tp diam2 bayar provokator2 buat mengacau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jihanedogawa01 dan 11 lainnya memberi reputasi
ada provokator dan bayar massa penggangguran buat ciptakan kerusuhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sumenepsumenep dan 2 lainnya memberi reputasi
Emosi jiwa ane bacanya emoticon-Ngamuk
Katanya cinta Indonesia. Kok malah bikin onar mulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendhaljepit dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ario.bagaskoro
pastti ambulancenya berlogo angry bird...alias burung marah wkwkwk

Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari
profile-picture
profile-picture
sumenepsumenep dan dedydvtr memberi reputasi
Dracarys.....

Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
waluyojati121 dan 11 lainnya memberi reputasi
Makin chaos. Terlalu banyak perbedaan yang terjadi di TKP dan yang beredar di medsos sekarang.
Semoga lekas damai indonesiaku
Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari

Tangkap si rasis ama haikal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayzhver dan 10 lainnya memberi reputasi
Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
waluyojati121 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh stealthmania
pas banget gitu moment nya modal buat lebaran dari rencana penjarahan...
ckckck
profile-picture
dedydvtr memberi reputasi
Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari
mantap ya akhi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dedydvtr dan 2 lainnya memberi reputasi
Fpi radikalis ikut mengamankan situasi bersama polri? Ini pasti imajinasi emoticon-Mad



emoticon-Leh Uga

Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mas... dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Betjanda
Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jihanedogawa01 dan 13 lainnya memberi reputasi
Masa bayaran ya... Mana kubu sono jg gampang dikomporin maklum sumbu pendek... Meleduk dah emoticon-Cape d...
profile-picture
dedydvtr memberi reputasi
gini lu masih bilang prabowo cinta indonesia?
biang 98 mana ada cinta indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dariusss dan 2 lainnya memberi reputasi
Jancok lu wowo gara2 lu pada gw jadi selama 3 hari ga bisa buka sosmed.
Jaringan donwload gambar ama upload di batasi sama kominfo.
alhasil jadi lambat internet.
Asu!
profile-picture
widzltoz memberi reputasi
Diubah oleh mikihara123
bener aj pasti di tunggangin
Yang ini enak mantau dari hotel

Kronologi Lengkap Rusuh 22 Mei Dini Hari
profile-picture
profile-picture
tyrannosourus dan tempepenyet99 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di