alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Penting Diketahui Sebelum Membuat Aneka Kue Lebaran
5 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdfa8ae6df23147f4636fc9/penting-diketahui-sebelum-membuat-aneka-kue-lebaran

Tiga Jenis Terigu yang Perlu Diketahui Pemula Sebelum Membuat Aneka Kue Lebaran

Penting Diketahui Sebelum Membuat Aneka Kue Lebaran

Penting Diketahui Sebelum Membuat Aneka Kue Lebaran

Assalamualaikum
Sebentar lagi lebaran nih,tentunya ada yang udah nyiapin kue lebaran dong ya. Baik itu beli maupun membuat kue lebaran sendiri. Salah satu bahan pokok dalam pembuatan kue adalah tepung terigu. Pemilihan tepung terigu yang tepat sangat mempengaruhi hasil dari kue yang kita buat loh Agan dan Sista.

Terigu adalah tepung hasil dari bulir gandum yang telah melalui proses penggilingan. Saat menjelang lebaran seperti ini,permintaan terigu meningkat. Makanan berbasis terigu telah menjadi hidangan wajib saat berlebaran selain opor ayam dan ketupat, bahkan di Indonesia dapat dijumpai beragam makanan yang terbuat dari terigu.

Kandungan gizi yang tinggi, pengolahan yang mudah dan praktis, ketersediaan yang cukup, serta harganya relatif terjangkau, menjadikan makanan berbasis terigu merambah cepat ke berbagai negara.

Dulu ane pernah jadi sales untuk perusahaan terigu terbesar di Indonesia,sebelum memutuskan resign dan mandiri. Di trit ini ane mau ngasih tau agan dan sista mengenai jenis-jenis terigu yang beredar di pasar Indonesia. Secara umum ada tiga jenis terigu yang diklasifikasikan berdasarkan kandungan protein didalamnya. Apa aja?yuk mari disimak

Quote:

Quote:

Quote:


Sebenarnya masih ada jenis tepung terigu lainnya,namun yang paling sering dijumpai dan digunakan secara umum hanya tiga jenis tersebut Mas Gan dan Mbak Sist. Selain bisa untuk aneka roti,mie,dan gorengan,tepung terigu juga digunakan untuk membuat fried chicken loh. Agan dan Sista bisa menggunakan terigu protein sedang,namun jika ingin hasil yang lebih baik dan ayam gorengnya lebih crispy maka gunakanlah terigu protein tinggi.

Memang harga terigu beberapa bulan kebelakang mengalami kenaikan secara berkala,pasti Agan dan Sista udah tau jawabannya kan? Yups,benar sekali karena gandum sebagai bahan dasar terigu masih tergantung sepenuhnya dari impor. Makanya kurs dollar sangat mempengaruhi harga terigu di pasar.

Baiklah terimakasih Agan dan Sista telah menyimak sampai selesai. Selamat berkreasi dan membuat roti atau kue untuk lebaran ya! Beli emang praktis,tapi membuat sendiri mempunyai kepuasan yang lebih. Ingat ya Agan dan Sista,pemilihan terigu yang tepat sangat berpengaruh dalam membuat aneka roti,kue,dan hidangan lebaran lainnya.
Wassalam

Quote:

Penting Diketahui Sebelum Membuat Aneka Kue Lebaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.newbie dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Post ini telah dihapus oleh gembelngehe
Post ini telah dihapus oleh gembelngehe
Baru tau kalo banyak jenisnya,biasanya beli eceran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saya.kira dan 5 lainnya memberi reputasi
Tepung terigu sama tepung beras beda gak om?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saya.kira dan 4 lainnya memberi reputasi
nice infonya ,krna seingat yg ane tau, emak ane makek merek yg ada no opsi dua utk buat kerupuk bawang dan cemilan lainnya emoticon-Belo
btw apa ts buka usaha jual beras & tepung??? emoticon-Big Grin
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
Quote:


Iya gan, yang nomor dua emang lebih sering ditemui dan digunakan untuk keperluan rumah tangga. Bisa dibilang serbaguna lah.
Masih kecil-kecilan gan.
Diubah oleh saya.kira
Post ini telah dihapus oleh gembelngehe
profile-picture
gagoblokgabener memberi reputasi
Diubah oleh gembelngehe
Quote:


Apa ada perbedaan (dari sisi pembuat juga dari sisi pemakan) yg bisa dijabarkan antara donat yg menggunakan tepung terigu sedang & tepung terigu tinggi?
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
Quote:


Menurut ane donat dari terigu protein tinggi lebih berserat dan kenyal,tapi bisa juga dicampur dengan protein sedang biar lebih empuk. Tentunya dengan takaran dan komposisi yang berbeda mengikuti kemauan si pembuat.

Jadi gak semua menggunakan 1 jenis terigu doang,banyak juga dicampur antara ke 3 jenis terigu tersebut guna menghasilkan kue ato produk yang sesuai (harga,rasa,bentuk dan tekstur)
profile-picture
anita.sutanty memberi reputasi
Quote:


beda

Quote:


untuk tekstur lebih lebut gunakan protein sedang, untuk tekstur lebih kokoh gunakan protein tinggi
CMIIW emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kebumen.beriman dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Jco itu pk tepung apa? Gk ad seratnya, lembek bngt.

Quote:

Yg kokoh itu contohnya donat Dunkin' kah? Atau donat yg mudah mengeras bbrp jam saja?
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
Quote:


Untuk brand seperti J.Co, dunkins,KFC,MCD,Pizza Hut,dll biasanya pesan terigu dengan kriteria tertentu sama produsen dan itu dijamin kerahasiaannya. Lagian banyak faktor lain selain terigu yang mempengaruhi hasil seperti,ragi,gula,adonan biang dan masih banyak lagi. Ibarat lukisan ,terigu adalah kanvas so terserah mau diapain sesuai selera.
profile-picture
anita.sutanty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Wih ada Om Momod,thanks ya +10 nya
emoticon-Maaf Agan
Quote:


Oh begitu begitu..ilmu baru ini..
Mksh Gan.

Oh ya, berhubung Agan ahli tepung, coba ana nanya lagi, bgmn membuat kue ketan hitam agar bertekstur lembut? Tepung ketan hitam kan kasar tuh, perlu campuran apa agar sprt bolu/cake spons gt?
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
Quote:


Saat ngemixer jangan kelamaan kalo dibikin bolu,yang terpenting berdoa dulu.
Ooo, kirain terigu ya terigu, 1 macem doang...
Soalnya waktu kecil kalo disuruh emak cuma gini "beli terigu gih di warung"
Ane gak tanya2 lagi, karena yg ane pikirin adalah uang kembalian nya bisa bwt jajan
emoticon-Leh Uga
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
Quote:


Dulu di jalan sambil ngomong sendiri gak gan "terigu sekilo,gula setengah kilo,sabun colek 1"
Quote:


Nah ini dia nih yg susah. Dari rumah udah apal, "terigu sekilo, gula setengah kilo, sabun colek 1". Tapi dijalan "terigu sekilo, permen 2, es mambo 1, ciki 1"
emoticon-Cape d...
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di