alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sesali Perbuatannya, Bahar bin Smith Sempat Ingin Mediasi dengan Korban
4.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cde8bbbaf7e930a686fd8da/sesali-perbuatannya-bahar-bin-smith-sempat-ingin-mediasi-dengan-korban

Sesali Perbuatannya, Bahar bin Smith Sempat Ingin Mediasi dengan Korban

Jumat, 17 Mei 2019 | 05:45 WIB

Sesali Perbuatannya, Bahar bin Smith Sempat Ingin Mediasi dengan Korban

Bahar bin Smith (tengah) dan kedua rekannya tengah duduk di kursi pesakitan.


BANDUNG, KOMPAS.com - Sebelum diamankan pihak kepolisian, Bahar bin Smith sempat meminta tolong kerabat dan rekannya untuk memediasi secara kekeluargaan dengan dua korban yakni CAJ dan MKU.

Mediasi sendiri dilakukan lantaran Bahar menyesali perbuatannya.

Namun, upaya mediasi tersebut tidak sepenuhnya terlaksana karena rekan Bahar yang tak sempat berkomunikasi dengan orang tua MKU.

Hal tersebut terungkap dalam sidang lanjutan kasus penganiyaan dua remaja dengan terdakwa Bahar bin Smith yang diselenggarakan Pengadilan Negeri Bandung di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung, Kamis (16/5/2019).

Dalam sidang itu, tim kuasa hukum Bahar menghadirkan dua saksi meringankan yakni Muhammad Mahdi alias Habib Mahdi dan Ustaz Rusdi.

Dalam kesaksiannya, Habib Mahdi mengatakan saat insiden penganiayaan itu, dirinya sedang beribadah umrah ke tanah suci.

Setelah pulang ke Indonesia, Mahdi mendapati kabar adanya pemukulan yang dilakukan Bahar dari video yang tersebar di media sosial.

Mahdi kemudian ditelepon Bahar yang mengaku menyesali perbuatannya itu.

“Kalau saya lihat dari matanya, ada penyesalan tapi ada pendidikan juga dari Habib Bahar ke korban," ucapnya.

Saat mendatangi tempat Bahar, Mahdi mendapati kabar terdakwa Agil Yahya yang sudah ditangkap. Mahdi dan Bahar pun akhirnya mengobrol banyak terkait hal itu.

Dikatakan, korban MKU sempat menjadi jemaah dalam majelis taklimnya, di situlah Bahar meminta bantuan Mahdi untuk memediasi.

“Setelah beliau minta mediasi, saya langsung cari, memang susah carinya, sampai kita libatkan habaib, tokoh sebagai bentuk penyesalan Habib Bahar,” katanya.

Singkat cerita Mahdi mendapatkan kabar bahwa MKU dan CAJ dirawat di RS Polri Sukanto, Mahdi lantas berangkat ke RS Polri.


Awalnya, Mahdi menemui CAJ dan keluarganya, mereka pun berbincang dari hati ke hati di ruang perawatan itu.

Menurutnya, orang tua CAJ sudah memaafkan dan legowo atas apa yang terjadi pada anaknya, bahkan CAJ sendiri meminta Mahdi menjaga Bahar.

“Ibunya Al Jabar (CAJ) berkata kepada saya, katanya ‘Habib demi Allah saya tidak bisa berbuat apa-apa, saya maafkan, saya legowo meskipun saya lihat anak saya, itu pelajaran’. Saya ngobrol dengan ortunya sambil tertawa bercanda. Ketika saya mau keluar, Al Jabar bahkan memeluk saya, katanya, ‘Habib tolong titip Habib Bahar, saya enggak mau dia kenapa-napa’. Dia (CAJ) memeluk saya sambil nangis,” tutur Mahdi.

Selain itu, orang tua CAJ juga mengatakan bahwa yang melaporkan Bahar ke kepolisian adalah ayahnya MKU.

Mahdi pun lantas mendatangi ruang MKU yang berada bersebelahan dengan ruang perawatan CAJ.

Saat itu, MKU tengah sendirian tanpa didampingi orang tuanya. Meski MKU telah memaafkan Bahar secara lisan namun MKU tidak bisa mencabut laporan itu karena orang tuanya lah yang melaporkannya.

Mahdi kemudian berusaha menghubungi kontak ayah MKU yang didapatkannya dari orang tua CAJ, namun usahanya itu tak membuahkan hasil, Mahdi tak berhasil berkomunikasi dengan ayah MKU.

“Saya telepon orang tuanya (MKU) enggak aktif. lalu saya telepon nomor yang diberikan orang tua Jabar (CAJ), tapi waktu saya telepon ada jawab salam, tapi saat perkenalkan diri tiba-tiba terputus, kemudian ditelepon lagi tidak aktif,” kata Mahdi.

Saat kedua rekan Bahar ditangkap, kata Mahdi, Bahar bahkan berniat ingin menyerahkan diri ke polisi.

Namun, Mahdi menahannya dan menyarankan untuk menyelesaikan masalah itu secara kekeluargaan.

Mahdi bahkan meminta waktu tiga hari, namun mediasi tak berjalan sesuai harapan karena terkendala komunikasi dengan orang tua MKU. Selain itu, Bahar pun sudah dibawa kepolisian.

“Habib Bahar bahkan ingin menyerahkan dirinya. tapi saya bilang kepada beliau kasih waktu tiga hari bisa dilakukan secara kekeluargaan, hanya waktunya sempit. Habib Bahar sampaikan ke saya, katanya saya tak bisa teman dan sahabat saya ada di penjara sedang saya di luar, saya akan datang kesana,” Kata Mahdi.

Sementara itu, saksi Rusdi yang juga terlibat dalam proses mediasi dengan keluarga CAJ di ruang perawatan, mengatakan bahwa korban CAJ dan orang tuanya sudah menerima dengan legowo, bahkan mereka tidak ada dendam sama sekali terhadap Bahar.

Bahkan beberapa hari setelah kejadian, ayah CAJ sempat membawa hasil panen di kampungnya ke pondok pesantren Bahar, namun berhubung pondok saat itu sedang sepi Ayah CAJ membawa hasil panennya itu kembali.

“Ayah ibu Jabar (CAJ) sepakat bahwa mereka tidak ada tuntutan dengan Habib Bahar dan tak ada dendam, bahkan Jabar pribadi mengakui Habib Bahar adalah gurunya apapun yang terjadi,” katanya.

Sumber

Komen TS
Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tiada gunanya

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bear_brand dan 7 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
alah mustahil, mungkin nyeselpun karena viral.
ini bukan kejadian spontan yang cuma sekian detik or menit.
ini nyiksa anak orang seharian penuh dari pagi sampe pagi lagi. sepanjang hari gitu kagak ada perasaan nyesel nya kan?

emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lizyya dan 7 lainnya memberi reputasi
Kayaknya kemarin petantang-petenteng..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hendayx04 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ini berita pjg2 padahal intinya cuma mau nyampein "bool gw perih cuk, buruan jemput gw !!"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
profokatorcabul dan 11 lainnya memberi reputasi
klo emang lu bener memberikan pelajaran, kenapa harus menyesali?

berarti lu menyesali karena lu memberikan pelajaran? bukan menyesal karena telah memberi bogem mentah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ini bukti Tajamnya lidah, tumpulnya otak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eko825 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ente suka berkata hoax ah...
Apa orang ompong bisa sakit gigi...?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angga.cyber dan 2 lainnya memberi reputasi
di maafkan tapi proses hukum tetap berjalan

kita negara hukum dan beragama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lizyya dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post nyairara
Quote:


dan kerasnya dengkul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 7 lainnya memberi reputasi
Ini habib lho.., kasta tertinggi manusia suci...., kok mau2nya minta mediasi sama rakyat.., blonde takut sama ipulkah ?emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post 22..0408
Quote:


Membusuk dimulai dari bool. Haha....
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
paling mau minta maaf. tenang dimaafkan tapi proses hukum tetap berjalanemoticon-Hansip

eeehhh apa mau minta rematch yah?emoticon-Malu
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
saran gue kasih aja masing2 250jt. baru bisa damai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 2 lainnya memberi reputasi
buat korban tlg smart, skg ente maafkan bsk mungkin ada korban lain atau anda kena lg
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Really?

iyain aja dah.. lha wong saksi meringankan.

herannya kok masih dianggap guru gitu. Speechless ane emoticon-Cape d...
profile-picture
extreme78 memberi reputasi

bangke,

cuma agar engga dihukum berat, kalah gentle ama si kafir ahok
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan pinkypatrick memberi reputasi
semoga ALLAH mengabulkan doa bahar yang pengen membusuk dipenjara



















emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan raafirastania26 memberi reputasi
Waspada Taqiya.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
pake jilbab mending har kalo beneran dimaapin ama korban. keluar penjara ganti nama jadi hanisa bahar, malu ente kalo masi petantang petenteng emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
madjezzt dan extreme78 memberi reputasi
Dimaafkan tapi proses hukum tetap berjalan, jgn sampe mentang dia habib (gue g yakin beneran hbib) merasa diatas hukum
profile-picture
profile-picture
noisscat dan extreme78 memberi reputasi
Jadi inget sempat ngancam orng lain d sekitar tmpt persidangan. Menyesal kok menyalahkan? Ga sinkron.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greengeckoijo1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh didududi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di