alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ganti Rugi Penggusuran, Benarkah Menganti Kerugian atau Hanya Merugikan ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cde10c682d49550a05eaa8a/ganti-rugi-penggusuran-benarkah-menganti-kerugian-atau-hanya-merugikan

Ganti Rugi Penggusuran, Benarkah Menganti Kerugian atau Hanya Merugikan ?

Baru-baru ini menteri PUPR, Pak Basuki Hadimuljono curhat kepada media bahwa rumahnya akan menjadi salah satu bangunan yang bakal kena gusur akibat proyek Pembangunan Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampun Melayu), namun lucunya beliau tetap akan minta ganti rugi dan jika tidak sesuai maka beliau akan protes wkwkk emoticon-Ngakak .

Ganti Rugi Penggusuran, Benarkah Menganti Kerugian atau Hanya Merugikan ?

Berbicara pergusuran tentu sudah lumrah dengan pembangunan, suatu pembangunan akan selalu identik dengan penggusuran, dan suatu penggusuran akan selalu identik dengan namanya ganti rugi. 
Ganti rugi sendiri adalah hak penggantian yang layak dan adil kepada pihak yang berhak dalam proses pengadaan tanah, jadi jika ada orang/pihak yang tanahnya terkena kawasan
pembangunan, maka orang/pihak tersebut berhak mendapatkan ganti rugi. Namun seperti namanya "Ganti rugi", terkadang memang terdapat beberapa phak yang dirugikan karena kompensasi yang tidak sebanding dengan penggusuran yang terdampak padanya.
Di Indonesia sendiri banyak sekali kasus-kasus ganti rugi yang merugikan masyarakat, penggusuran bendungan jatigede, penggusuran kereta cepat dan bandara majalengka adalah contoh penggusuran yang merugikan masyarakat karena kompensasi yang dinilai terlalu kecil untuk masyarakat, selain itu ada kasus petamburan, penggusuran akibat PLTU atau yang paling bersejarah bagaimana kasus lapindo yag bertahun-tahun yang mengakibatkan beberapa kepala keluarga harus ikhlas sudah tidak mendapatkan kompensasi.
Ganti Rugi Penggusuran, Benarkah Menganti Kerugian atau Hanya Merugikan ?


Terus Buat Apa Fungsi Dari Pengadilan ?

Sudah kita ketahui semua, bahwa pihak yang menjadi korban penggusuran bisa mengajukan keberatan kepada pengadilan, terhadap segala bentuk dari penggusuran baik karena uang kompensasi yang kurang, atau masalah perebutan lahan. Dan batas akhirnya adalah kasasi ke MA jika keputusan pengadilan masih merugikan bagi pihaknya.
Namun pengadilan, hanyalah pengadilan, faktanya pembangunan pemerintah akan selalu mempunyai cara menghindar dari keputusan pengadilan.


Mungkin kita masih ingat mengenai film dokumenter sexy killer yang menampilkan seorang bupati dari suatu daerah hanya cengesan melihat rakyatnya menjadi korban akibat pembangunan yang tidak teratur, 
atau mengenai kasus korban petamburan yang menang pengadilan dan berhak mendapatkan ganti rugi 4,7 M namun sampai sekarang masih belum dibayar.
Pada akhirnya memang pemerintah akan selalu menang, lagipula ada pada Pasal 50 UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. Dalam UU tersebut memang dikatakan tidak boleh melakukan penyitaan aset negara. Sehingga jika sudah ditembus pemerintah maka itu sudah menjadi aset pemerinta, entah mau pemilik sebelumnnya.
sudah ikhlas atau belum ikhlas.

Ganti Rugi Penggusuran, Benarkah Menganti Kerugian atau Hanya Merugikan ?

Pada dasarnya tidak pernah ada masalah dengan penggusuran, karena bagaimanapun penggusuran adalah bentuk pengorbanan dalam pembangunan dan kemajuan suatu daerah dan negara. NAMUN yang jadi masalah adalah jeleknya tata ruang sehingga kemudian menimbulkan kasus kasus lingkungan dan kemanusian. Seharusnya tata ruang lebih dulu disiapkan sebelum proses pelepasan lahan dilakukan,  sehingga masyrakat yang terdampak bisa mengerti fungsi pembangunan untuk apa, akan pindah kemana, dan apakah kompensasi sudah layak apa belum.
Kita semua setuju jika memang pembangunan harus terus jalan demi kemajuan daerah dan negara ini, Pembangunan memang tidak bisa distop namun bisa dikendalikan. Pembangunan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat bukan untuk membuat sedih masyarakat. Terkadang ada slogan "Pembangunan ini untuk kesejahteran anak cucu kita dimasa depan", namun meskipun begitu tidak pantas jika kemudian kita membuat generasi yang sekarang menangis akibat dampak pembangunan tersebut.


Kedepannya semoga rencana tata ruang pemeritah semakin baik, pembangunan lancar terkendali dan tidak ada lagi kasus-kasus memprinhatinkan akibat pergusuran tersebut..

Maju Terus Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)



Sumber referensi disini
s
umber gambar google.com
profile-picture
danQe memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
semoga seumur2 ga pernah digusur
profile-picture
kur4pik4 memberi reputasi
Balasan post michaelmagic
Quote:


Amin gan, ane juga berharap ga pernah digusur emoticon-Shutup
Balasan post jewelid
ngomong ngomong pertamax gan
profile-picture
jewelid memberi reputasi
Quote:


Ane cendolin gan wkwkemoticon-Toast
Tapi seringkali gw temuin penitipan uang/konsinyasi uang ganti rugi pembangunan fasilitas publik nilainya hampir dua kali lipat dari harga njop, bahkan harga pasar
jangan ganti rugi lah.. harusnya ganti untung.
ganti untung dong supaya bisa dapet tempat tinggal lagi
Sebaiknya sih yang menguntungkan, alias win-win solution.
rumah ane pernah di gusur saat pembuatan BKT

klo ane bilang yg namanya di gusur mau ganti rugi besar pun hasilnya akan rugi
hmmmmmm...
tergantung besarnya ganti rugi
Yg parah itu bikin rumah di bantaran kali gak ijin gak apa make tanah negara pas di gusur merasa dirugikan? Yg harus ngarasa dirugikan mh ya pemerintah lah. Untung pemerintah masih mau ngeluarin dana buat kompensasi.
wayo gmn yo...
emoticon-Big Grin
Quote:


Cm dittip,numpang lewat,trus pmbyran mlh dibwh itu gan?
Kalau cuman liat ditv tapi belum merasakan dan melaksanakan pembebasan lahan dan ngomentarin mah mensing diem aja.
Kalau menurut ane yg prnh berkecimpung itu sudah diatur dan dijamin sesuai dengan apa yg diganti bukan untung ya tapi ganti rugi,
Semua ada prosuder dan pihak terkait yg berhak melaksanakan pembebasan lahan jadi gak sembarangan asal main gusur kecuali itu tanah pemerintah sendiri yang di gunakan oleh orang lain utk rumah atau dsb.
Tataruang itu ngerubahnya lama loh skitar 30 tahun biasanya sudh direncanakan kawasan ini jdi apa.
Dan dari kita bangun rumah asal bangun rumah aja.
Tanpa liat rtrw makanya ketika ada penggusuran baru dah mewek.
Nah biasanya banyak yg bermasalah pada di legalitas
Masih banyak yang intern keluarga berantem warisan dan saling klaim makanya banyak yg lewat pengadilan. Atau ada yg klaim tanah tersebut.
Diubah oleh asusseries
Enak di cina, semua lahan milik pemerintah
Mau gusur gausa ijin
konflik muncul:
1.hak waris
2.rakus
3.iri,karena tanahnya tdk ikut digusur juga
Letak tata ruang kota-kota indonesia memang banyak yg gak bener, harus dibenerin dulu tata ruangnya emoticon-Metal
Di gusur di ganti 2x dr total harga njop yg ada di pbb.cuma org2 pada sial,maunya 100x lebih dr harga njop.sarap sekali.klo ga di ganti baru bole di gugat.jaman jokowi hebat.gua saksinya.pembangunan tol sukabumi ada warga kena gusur di total njop 2019 rmhnya 53jt krn di kampung eh di gantinya 2x lipat itu wajar jd biar yg laen jg tau diri jgn pasang harga jual rmh kayak iblis biadab.itu warga emank protes krn ga akan bisa beli rmh lg.emank itu krn sebabnya sialan org laen yg mau jual rmh pada pasang harga melebihi iblis atau sama dgn iblis yg mau ancurin manusia. Cth Rmh gua di kota njop 2019 1.3m lantas gua kudu jual 6m gitu.. itu gua klo dalam keadaan sarap bolelah gitu kyak org2.tp sayangnya gua kga sarap.klo gua jual gua pasti tau diri ya paling2 gua naekinnya 2x dr harga njop aja ud ckup.
pemerintah harus membayar ganti rugi yang sesuai dengan nilai di pentanahan saat ini, bahkan lebih kan ..
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di