alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mau Mudik Naik Motor, Sibuk Belum Sempat Servis Coba Deh Tips Ringan Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd82bfd43972480d77624b/mau-mudik-naik-motor-sibuk-belum-sempat-servis-coba-deh-tips-ringan-ini

Mau Mudik Naik Motor, Sibuk Belum Sempat Servis Coba Deh Tips Ringan Ini

Quote:

Hai semua penghuni setiap Forum Kaskus! emoticon-Hai Apa kabarnya untuk hari ini? Ya, saya berharap sih kita semua punya kabar yang baik untuk hari ini dan untuk seterusnya juga, karena sebentar lagi waktunya kita untuk pergi mudik. Yap, tidak lama lagi kita akan merayakan hari raya idul Fitri 1440H. emoticon-Bedug Dan tentunya pada hari itu kita bisa mendapatkan cuti bersama, ya meskipun hanya beberapa hari aja, lumayan kan untuk pulang kampung ketemu dan ngumpul bareng keluarga.

Eh, ngomongin masalah mudik pulang kampung, btw ente-ente pada naik apa ya buat pulang' kampung? emoticon-Ngacir2 Naik angkot kah? Naik motor kah atau mobil? Kalau ane sih mending naik motor, soalnya angkot ataupun mobil, bikin capek dan mudah bosen karena kelamaan duduk, apalagi ditambah padatnya kendaraan di jalan raya, huff pasti suntuk banget ya!!! emoticon-Cool

Kalau motor mah kan leluasa bisa selap-selip sana sini, dan juga bebas buat singgah sana singgah sini. emoticon-Ngacir Tapi kampung ane lumayan jauh, hem mesti servis motor dulu donk biar ntar dijalan kagak ada kendala. Kalau bagian servis mah, ane jagonya, ya memang ini sudah menjadi profesi ane sebagai mekanik, kagak butuh waktu lama kelar dah servis motornya dan gak ribet. Oh, iya ane jadi lupa, bagi ente-ente yang ingin mudik khusus motor, ada baiknya servis dulu tu motor, ya supaya perjalanan ente berjalan dengan lancar sampai pada tempat yang akan di tuju.

"Aduh gan, gimana mau servis motor kerjaan aja masih numpuk, trus hari cuti nya juga mepet amet, mana sempat buat antar motor kebengkel". Oooohhh, ente tenang, jangan khawatir dan jangan risau soalnya disini ane akan membantu ente-ente yang butuh solusi di bidang otomotif emoticon-cystg Ya, solusi ini bisa ane kategori kan dalam servis mudah serta ringan dan tentunya dijamin bisa dilakukan sendirian di rumah.

Oke langsung aja kita meluncur ke tkp
1. Ganti oli mesin
Ya kalau ganti oli kan gak perlu keahlian khusus, kunci yang dibutuhkan juga kagak banyak cukup dengan kunci Inggris aja udah kelar. Oh, iya agar oli keluar semua lebih baik dibuka pas malam hari dan diemin semalam dan esoknya tinggal isi deh.

2. Cek volume minyak rem dan setel rem
Nah, ini neh bagian yang paling penting yaitu rem, untuk motor yang menggunakan double cakram tidak perlu menyetel rem cukup periksa volume minyak rem, tapi untuk yang masih memakai tromol bisa wajib deh untuk menyetel rem, ya kunci juga bisa memakai kunci Inggris.

3. Cek dan periksalah busi serta bagian kabel-kabelnya
Siapa sih yang ingin motor mogok saat mudik, Apalagi pas malam hari. Iiih pasti serem ya gan. Untuk itu periksalah busi dan disarankan bersihkan ujung busi dari kerak sisa pembakaran. Eits jangan lupa periksa bagian kabel-kabelnya ya kalau ada yang terkelupas mending langsung di tambal. Dan kalau boleh ne sediain juga busi cadangan.

4. Menyetel rantai dan memberikan pelumas
Biar tarik motor jadi enak dan gak nyendat-nyendat ada baiknya setel lah rantai motor, untuk ukuran setelan ente sesuai kan dengan kebutuhan masing-masing. Intinya rantai tidak terlalu kendor dan juga tidak terlalu ketat, setelah itu berikan pelumas kerantai, bisa kok menggunakan oli bekas dari mesin. Nah, untuk motor matic kagak usah setel rantai ya, soalnya matik kagak punya rantai cukup cek oli gardan aja.

5. Membersihkan karburator dengan cairan khusus
Membersihkan karburator menjadi hal yang wajib untuk dilakukan ketika ingin mudik, apalagi bagi motor yang udah lama kagak di servis, caranya pun cukup mudah beli cairan khusus untuk pembersih karburator kemudian semprotkan cairan tersebut kedalam karbu. Ini juga berlaku untuk motor injeksi. Eits untuk motor karbu jangan lupa ya ngebuang air didalam karburatornya lewat pembuangan khusus.

6. Memeriksa tekanan angin ban
Memeriksa kondisi tekanan angin ban juga penting dilakukan saat gan/sist hendak pergi mudik. Tekanan angin ban bisa disesuaikan dengan kebutuhan pakai. Ya, pada umumnya tekanan ban untuk ban belakang berkisar 35-40psi sedang untuk ban depan berkisar 30-35 psi. Dan jangan lupa untuk memeriksa kebocoran angin pada ban, pemeriksaan pun cukup sederhana hanya dengan cara menyiramkan air kebagian pentil ban dan perhatikan dengan seksama apakah ada hembusan angin yang keluar dari pentil ban.

7. Memeriksa bagian lampu-lampu
Bagi ente yang akan berangkat mudik pada malam hari, wajib banget ne untuk memeriksa kondisi lampu-lampu, selain sebagai alat penerangan, lampu juga menjadi kebutuhan utama, apalagi sekarang ini udah ada Undang-undang yang mewajibkan para pengendara selalu menghidupkan lampu utama saat berada dijalan raya.

8. Mengisi bahan bakar
Setelah semua hal diatas telah terpenuhi dan sudah lengkap hal yang terakhir ialah mengisi full tangki BBM. Ya ini paling wajib lho, emangnya motor bisa jalan tanpa adanya BBM didalam tangki, tentu tidak bukan? Pengisian BBM pun diwajibkan full tangki soalnya ne ketika musim mudik kebanyakan SPBU kehabisan stok bahan bakar. Ya kalau udah gini ceritanya perjalanan pun jadi terhambat dan ujung-ujungnya harus ngisi bahan bakar diwarung yang berada dipinggir jalan.

Eits, tapi apakah gan/sist tau ternyata mengisi bahan bakar sembarang termasuk yang di jual dipinggir jalan, berbahaya banget lho bagi kesehatan komponen mesin. Malah ada yang sampai dapat membuat sistem penyuplai bahan bakar jadi tersumbat karena kotoran. Nah kalau kejadian ini sampai menimpa kita saat sedang diperjalanan pulang kampung, bisa-bisa gan/sist jadi gagal mudik.

Maka dari itu sebelum mudik segeralah isi tangki sampai full dan kalau bisa sediakan juga bahan bakar cadangan untuk antisipasi aja, bila mana gan/sist kehabisan bahan bakar selama diperjalanan. Dan jangan lupa gunakan juga bahan bakar yang dapat menjaga efisiensi dan peforma pada mesin. Oleh karena itu, ane saranin gan/sist coba deh pakai bahan bakar Shell V-Power yang sering ane sering gunain ke motor trail ane.
Quote:


Secara pribadi menurut ane selama memakai bahan bakar Shell tarikan Motor ane jadi lebih enteng dan tenaganya makin joss emoticon-Ngacir2 ya ini berkat teknologi DYNAFLEK dengan 3x molekul pembersih yang bisa ngebersihin endapan sampe 80%. Artinya bahan bakar ini dapat memaksimalkan kinerja mesin serta menjaga kebersihan mesin, dan tentunya tidak membuat mesin jadi rewel. Jadi gan/sist kagak perlu khawatir masalah kerusakan akibat pemakaian bahan bakar, soalnya kan pembakaran bahan bakar jadi lebih optimal.

Dan satu lagi yang membuat ane jadi betah pakai bahan bakar Shell yaitu mesin serta bagian penyuplai bahan bakar jadi terawat dan awet ya hitung-hitung jadi irit biaya untuk servis motor.

Nah itulah sedikit tips dari ane, ya semoga Thread ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua yang akan hendak mudik pulang ke kampung halaman. Eits dan jangan lupa juga jaga kondisi kesehatan agar mudik tahun ini bisa berjalan sesuai keinginan serta patuhilah segala jenis rambu-rambu dan peraturan lalu lintas yang ada. Jadilah Pelopor berkendara yang baik. Ingat "Ada keluarga yang sedang menunggu kedatangan anda di rumah"
Sekian dan terimakasih

Jika berkenan silahkan beri emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Pertwmax
profile-picture
budibenedektus memberi reputasi
Yh buntutnya iklan lg



emoticon-Lempar Bata
profile-picture
budibenedektus memberi reputasi
Quote:


Hahahahah. Ya kan hanya sedikit aja isi Thread mengandung unsur iklan gan.
Intinya ada tips dibalik Thread iklan ini


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di