alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mengenal 5 Aktivitas Umat Hindu Sehari-hari di Bali
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd3ee2f4d6956e0c0584ae/mengenal-5-aktivitas-umat-hindu-sehari-hari-di-bali

Mengenal 5 Aktivitas Umat Hindu Sehari-hari di Bali

Mengenal 5 Aktivitas Umat Hindu Sehari-hari di Bali


Jakarta - Setiap masyarakat di Indonesia pasti memiliki aktivitas yang sudah jadi tradisi. Begitu pula di Bali. Selain aneka seni, budaya, tradisi, dan keragaman objek wisatanya, masyarakatnya juga memiliki aktivitas yang jadi tradisi keagamaan setiap hari. Tujuannya agar mendapat perlindungan dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut lima aktivitas keagamaan masyarakat umat Hindu yang ada di Bali:

1. Mesodan

Mengenal 5 Aktivitas Umat Hindu Sehari-hari di Bali

Jika melihat rumah-rumah orang Bali, khususnya umat Hindu, kamu akan menjumpai cangkir kecil berisi kopi dan jajan yang dihaturkan di sanggah atau pelinggih (Tempat Tuhan bersthana) setiap rumah. Hal ini lazim disebut mesodan.

Aktivitas ini biasanya dilakukan pagi hari sebelum beraktivitas. Sembari menyeduh kopi, masyarakat Bali akan menyediakan cangkir kecil dan piring atau sejenisnya. Kemudian cangkir kecil diisi kopi, dan piring kecil atau sejenisnya diisi jajan.

Kemudian dilengkapi canang dan dupa, soda pun dihaturkan sembari mengucap mantra persembahan dan ngayap (Menggerakkan jari maju mundur). Sodan ini bisa dilungsur (Diambil kembali) saat siang atau sore. Aktivitas ini rutin dilaksanakan setiap hari.

2. Mesaiban

Mengenal 5 Aktivitas Umat Hindu Sehari-hari di Bali

Jika kita jalan-jalan ke Bali, pasti pernah melihat rumah masyarakat Bali di luar (Diwang) terdapat potongan kecil daun pisang berisi nasi dan lauk atau saur. Aktivitas yang dilakukan masyarakat Hindu Bali disebut mesaiban. Setiap habis memasak sebelum makan, umat Hindu akan memotong kecil daun pisang dan ditempatkan di atas nampan.

Kemudian diberi nasi sukla (Nasi yang belum dimakan sehabis memasak) secukupnya dan lauk sukla (Belum dimakan) biasanya juga menggunakan saur, kacang dan garam. Setelah itu dihaturkan di setiap pelinggih dan pekarangan rumah sembari mengucap mantra persembahan serta ngayap.

Tujuannya adalah untuk mengucap rasa syukur atas berkah dan anugrah pangan yang diberikan Tuhan.

3. Mejejaitan

Mengenal 5 Aktivitas Umat Hindu Sehari-hari di Bali

Aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat Hindu di Bali adalah mejejaitan. Mejejatian merupakan aktivitas membuat sarana upacara untuk keperluan keagamaan. Bahannya terdiri dari slepan (Daun kelapa tua), busung (Daun kelapa muda), Ibung (Sejenis daun mirip lontar) dan semat sebagai perekat yang dibuat dari bambu diiris kecil.

Jenis jejaitan beragam. Mulai jejaitan untuk sesajen upacara kecil (Ceper, celemik, tamas dan lainnya), hingga untuk sesajen upacara besar. Mejejaitan biasanya dilakukan oleh kaum perempuan. Tak heran perempuan Hindu Bali dari usia dini sudah diajarkan teknik mejejaitan, dan dijadikan pembelajaran beberapa sekolah di Bali.


4. Metanding

Mengenal 5 Aktivitas Umat Hindu Sehari-hari di Bali

Metanding merupakan aktivitas umat Hindu Bali yang sering dilakukan. Yakni membuat atau mengatur sesajen untuk keperluan upacara. Dalam aktivitas sehari-hari, umat Hindu Bali metanding canang atau membuat canang dengan jejaitan ceper atau daun pisang, sebagai wadah, ditambah berbagai bunga di atasnya.

Saat hari raya atau upacara besar membutuhkan sesajen yang kompleks. Metanding pun dilakukan lebih dari satu orang. Biasanya dari sanak saudara. Biasanya metanding dilakukan oleh kaum perempuan yang sejak dini harus dididik agar mahir dalam metanding. Kemampuan menyusun sesajen yang benar menjadi tantangan.

5. Mebanten canang

Mengenal 5 Aktivitas Umat Hindu Sehari-hari di Bali

Aktivitas utama umat Hindu sehari-hari adalah mebanten canang. Hal ini wajib dilakukan sebelum melakukan persembahyangan. Biasanya aktivitas ini dilakukan di sore hari, kecuali saat hari suci tertentu. Sarananya berupa canang, dupa, tirta, sekar atau bunga yang dipasang di pelinggih, serta rarapan berupa biskuit kecil dan permen.

Aktivitas mebanten canang dimulai dari meletakkan canang, sekar, dupa, dan rarapan di pelinggih atau pekarangan rumah, lalu diperciki tirta dan diayap sambil mengucapkan mantra.

Aktivitas ini tidak hanya dilakukan oleh kaum perempuan saja, tetapi juga laki-laki. Setelah selesai baru persembahyangan dimulai.

Demikian aktivitas yang menjadi tradisi sehari-hari umat Hindu Bali. Kita harus bersyukur Indonesia mempunyai keragaman cara dalam meminta anugerah dan perlindungan Tuhan.

https://www.idntimes.com/travel/jour...di-bali-c1c2-1

Om Swastiastu
salam buat Om Djinggo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 6 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Mengenal 5 Aktivitas Umat Hindu Sehari-hari di Bali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 4 lainnya memberi reputasi
Bagus gan. Ga gemar mengganggu penganut agama laen gan
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
OM SWASTI ASTU
muncul lagi jasa ISPemoticon-Ngakak
Sate Babi bawah Pohon
Babi Guling Bu Oka
Lawar men daging
Nasi ayam kadewatan bu mangku
Nasi campur men weti
Warung Mak beng

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dariusss dan 3 lainnya memberi reputasi
loh di bali gk ada kegiatan demo berjilid² dong?
damainya hidup disanaemoticon-Bedug
profile-picture
wbsubala memberi reputasi
tenang ts...

selama bukan berbau islam...agama apapun di bela di sini...


emoticon-Ngakak

ane sumpahin mualaf lo pada...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wuih yg top semua disebut
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
Di lonje gan , bukan disini tempatnya

Salah kamar kykya emoticon-Bingung

emoticon-Cape d...

Ya ini aktivitas sehari2 d bali
Diubah oleh djinggo88
Quote:


Barang enak ini gan.... jangan lupa iga bakar dan nasi babi bali ha ba
Quote:


Ada gan
Demo damai tolak reklamasi udh berjilid-jilid kok

Tapi gk pernah diliput media nasional ye

emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
Diubah oleh djinggo88
mejejaitan sama metanding gak setiap hari, karena canang jaman sekarang bisa dibeli, kecuali ada Odalan/Rahinan baru mejejaitan dan metanding dilakukan emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
manbrotheking dan adriol43 memberi reputasi
Quote:


Karena penganut agama laen pada tau diri...emoticon-Malu
aku pernah tinggal di tabanan dan gianyar yang masih jadi pertanyaanku hingga kini kenapa kalo orang bali menyuguhkan kopi kepada tamu hampir selalu 3/4 gelas ?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Najis amat gan
emoticon-Najis
profile-picture
bangtjah memberi reputasi
yang penting gak rusuh
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
pengen kenal lebih dekat keindahan wanita Bali ? kesini aja
Umat hindu di bali ga kayak umat mayoritas +62 yahemoticon-Ngakak
Damainya umat hindu di baliemoticon-Matabelo
profile-picture
stealthmania memberi reputasi
Quote:



Lah iya bener yak
profile-picture
stealthmania memberi reputasi
Diubah oleh scan88
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di