alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Renovasi Masjid Istiqlal dimulai, anggarannya Rp456,3 miliar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd31de6cc64821a96c5b93/renovasi-masjid-istiqlal-dimulai-anggarannya-rp4563-miliar

Renovasi Masjid Istiqlal dimulai, anggarannya Rp456,3 miliar

Renovasi Masjid Istiqlal dimulai, anggarannya Rp456,3 miliar
Masjid Istiqlal, yang selesai dibangun pada 1978, akan direnovasi untuk pertama kalinya.
Setelah berdiri selama 41 tahun, Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara, akan menjalani renovasi pertamanya yang direncanakan berlangsung hingga Maret tahun depan. Anggaran yang disiapkan pemerintah mencapai Rp456,3 miliar.

Renovasi salah satu ikon Republik Indonesia yang dirancang Fredrich Silaban tersebut akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), selama 300 hari kalender melalui Kontrak Tahun Jamak (2019-2020).

Kontraktor pelaksana pembangunan masjid yang terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, tersebut adalah PT Waskita Karya (Persero) dengan manajemen konstruksi oleh PT. Virama Karya.

Tim arsitek yang akan memperbarui wajah Istiqlal diketuai oleh Munichy B. Edrees, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) periode 2011-2015, yang juga cicit dari pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyatakan proses renovasi Istiqlal akan mulai berlangsung secara penuh sejak kontrak paket pekerjaan renovasi ini ditandatangani. Berarti dimulai hari ini, Kamis (16/5/2019).

"Penetapannya sudah sejak dua minggu yang lalu, itu mulai persiapan. Setelah penandatanganan kontrak ini, (renovasinya) sudah lebih firm untuk dilakukan," ujar Basuki, dikutip Kontan.co.id.

Basuki berharap target penyelesaian renovasi selama 10 bulan dapat tercapai, sehingga Istiqlal sudah bisa digunakan lagi secara penuh oleh para jemaah pada Ramadan tahun depan.

"Kita asumsinya tidak ada perubahan waktu. Sehingga Ramadan tahun depan sudah lebih baik. Lokasi pengerjaan juga sangat enak, jadi tidak ada alasan untuk mundur," tutur Basuki.

Lingkup kegiatan renovasi tersebut meliputi penataan ulang kawasan pada plaza dan gerbang, area dalam masjid, mihrab (tempat imam memimpin salat), koridor, ruang wudhu, toilet, perbaikan sistem listrik dan saluran air bangunan masjid, serta renovasi sistem penanda (signage).

Selama proyek dikerjakan, kontraktor tidak akan menutup seluruh bangunan, sehingga kegiatan ibadah di masjid yang berkapasitas 200.000 jemaah itu masih bisa dilangsungkan, termasuk pelaksanaan salat Idulfitri 1440 H pada 5 Juni nanti.

Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR Danis Hidayat menuturkan, pelaksanaan salat Idulfitri tidak akan terganggu lantaran pekerjaan renovasi menjelang Idulfitri akan fokus pada bagian basement masjid. Jemaah salat Idulfitri, menurutnya, biasanya hanya memenuhi lantai utama dan pelataran.

Kendati demikian, pihaknya akan mengevaluasi jumlah kapasitas jamaah salat Idulfitri yang ada di luar masjid.

"Mudah-mudahan kita akan evaluasi. Nah kalau ada pekerjaan di luar pada saat Idulfitri inikan kita baru mulai bekerja, tentu saja ada hal yang ditutup misalnya kapasitas luar dan sebagainya akan berkurang tidak seperti sekarang," tutur Danis, dalam Suara.com.

Ia juga menegaskan bahwa renovasi masjid tidak akan menghilangkan kekhasan gaya arsitektur dan nilai sejarah masjid tersebut.
Daya tarik wisata Renovasi Masjid Istiqlal dimulai, anggarannya Rp456,3 miliar
Umat muslim mengikuti salat Tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019).
Renovasi tersebut bukan sekadar untuk membuat jemaah lebih nyaman. Masjid Istiqlal, yang juga salah satu situs cagar budaya di Indonesia, juga bakal dipoles agar lebih memiliki daya tarik wisata.

Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), KH Asep Saepudin, mengatakan kepada detikFinance bahwa akan dibangun pula beberapa sarana penunjang rekreasi, seperti plaza dan taman.

"Kami juga mau ada sentranya oleh-oleh, cenderamata, dan kuliner," kata Asep.

Agar Istiqlal tampak lebih rapi, akan dibangun tempat parkir bawah tanah dua lantai dengan kapasitas mencapai 2.000 kendaraan. Saat ini tempat parkir Istiqlal hanya bisa menampung 800 kendaraan.

Hal lain yang terdengar spektakuler adalah rencana untuk menghubungkan Istiqlal dengan Monas melalui sebuah jalan layang bagi pejalan kaki. Menurut Asep, jalan layang tersebut sudah direncanakan ketika Presiden Sukarno menggagas masjid itu.
Renovasi Masjid Istiqlal dimulai, anggarannya Rp456,3 miliar


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-rp4563-miliar

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Renovasi Masjid Istiqlal dimulai, anggarannya Rp456,3 miliar Kinerja menjanjikan, Allianz perkuat unit usaha syariah

- Renovasi Masjid Istiqlal dimulai, anggarannya Rp456,3 miliar Dokter Ani Hasibuan dipanggil Polisi terkait ujaran kebencian

- Renovasi Masjid Istiqlal dimulai, anggarannya Rp456,3 miliar Bawaslu putuskan KPU melanggar prosedur input data Situng

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di