alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Resep Sederhana Air Nabeez Kurma yang Kaya Manfaat
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd2d4ec9518b79a540d761/resep-sederhana-air-nabeez-kurma-yang-kaya-manfaat

Resep Sederhana Air Nabeez Kurma yang Kaya Manfaat

Resep Sederhana Air Nabeez Kurma yang Kaya Manfaat
Kurma identik dengan bulan Ramadan, tentunya selain kolang kaling dan kolak. Sebetulnya ane bukanlah orang yang suka makan kurma, ya bukan nggak doyan juga sih, tapi kalau ada makanan atau buah lainnya mending makan yang lain karena menurut ane kurma itu terlalu manis. Sampai akhirnya ane menemukan resep air nabeez, yang katanya sih minuman favorit Nabi Muhammad SAW.

Air nabeez sendiri adalah air rendaman kurma, kalau pernah lihat infused water yang isinya jeruk, mentimun, buah mint, ya ini semacam itu lah gansist, tapi buah utamanya adalah kurma. Awalnya ane nyoba-nyoba nih, baca-baca dulu terus pas hari pertama puasa ane coba lah bikin infused kurma. 

Sebelumnya agan harus menyiapkan:
1. Kurma jenis apapun, usahakan jumlahnya ganjil (biasanya ane pakai 3 kurma, kalau ane sukanya kurma Iran karena lebih manis dan pekat warnanya)
Spoiler for Kurma Iran:

2. Air dalam wadah/gelas (Kalau ane pakai tumbler ukuran 350ml)

Cara buatnya:
1. Potong kurma sampai jadi dua, buang bijinya
2. Potong kurma sampai jadi kecil-kecil (Kalau ane sih 1 kurma jadi 4 bagian)
3. Masukkan kurma ke dalam wadah berisi air 
4. Diamkan  selama 8-12 jam (kalau ane, ane letakkan di kulkas)

PS: Konsumsi air nabeez hanya boleh 1-2 hari aja ya gansist karena kalau udah 3 hari sudah terfermentasi sehingga jadi arak dan haram hukumnya buat dikonsumsi. 

Resep Sederhana Air Nabeez Kurma yang Kaya Manfaat
Foto: Dok. Pribadi

Kenapa ane akhirnya pengen minum air nabeez?

Oke. Ane emang tau kalau manfaat kurma itu banyak banget, tapi gimana dong kalau ane nggak begitu suka makan kurma langsung. Makanya ane nemu infused nabeez ini dan bakalan jadi minuman favorit ane setiap hari, bukan hanya di bulan Ramadan aja.

Resep Sederhana Air Nabeez Kurma yang Kaya Manfaat
Foto: Dok. Pribadi

Salah satu manfaatnya adalah bisa menstabilkan asam lambung di mana ane emang punya maag, makanya ane sekarang pas puasa rutin konsumsi air nabeez. Bukan hanya menstabilkan asam lambung, ini manfaat air nabeez lainnya gansist:
- Menyehatkan pencernaan dengan cara membantu detoksifikasi alias pengeluaran racun dari dalam tubuh.
- Buat yang sering sembelit, air nabeez ini juga punya manfaat dari kandungan seratnya yang tinggi sehingga bisa mengatasi permasalahan sembelit.
- Punya manfaat buat ngilangin kolesterol jahat dalam tubuh. Nah loh ini sih penting juga buat ane yang sering makan nasi padang sama gorengan pas buka dan sahur. Leher berasa berat hiks makanya harus lebih rutin konsumsinya.
- Menjaga daya tahan tubuh. Di saat bulan puasa ini kita emang harus selalu fit ya, makanya penting juga kita jaga daya tahan tubuh kita supaya selalu sehat.

Nah itu dia gan beberapa manfaat dari air nabeez, buat resepnya juga udah ane tulis di atas ya. Semoga bermanfaat gansist! emoticon-Cendol Gan

Sumber Sumber
Diubah oleh fancew
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di