alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd1e79c9518b73e91dae68/5-olahan-sambal-buah-yang-wajib-kamu-coba-segar-banget

5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget!

5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget!

Sambal memang menjadi salah satu menu cocolan makanan wajib yang biasanya harus ada untuk menemani nasi. Bahkan karena kelezatan dari olahan berbahan dasar cabai ini, banyak sekali varian sambal dengan berbagai macam rasa, mulai dari asam, manis, dan asin.

Untuk membuat sambal inipun sangat mudah dan praktis banget loh dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Salah satu bahan yang kerap dikombinasikan untuk membuat sambal ini yaitu ada buah-buahan. 

Berikut adalah beberapa sambal buah yang namanya belum banyak diketahui dan sayang banget kalau tidak dicoba.


1. Sambal Binjai
5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget!
Seperti namanya, sambal ini merupakan sambal yang dibuat dengan bahan dasar buah binjai. Buah ini sendiri merupakan salah satu spesies buah yang hampir menyerupai mangga dengan rasa asam manis yang menyegarkan.

Citarasa buah binjai yang asam yang menyatu dengan pedasnya cabai dapat menciptakan citarasa baru yang menyegarkan dan cocok untuk teman makan nasi.

Untuk membuat sambal binjai ini cukup campurkan bahan-bahan dasar untuk membuat sambal seperti biasanya, yaitu ada cabai yang telah ditumbuk halus yang kemudian diberi garam, gula secukupnya dan ditumis hingga harum. Lalu kemudian irisan buah binjai dimasukkan ke dalam tumisan sambal tersebut dan sambal binjai siap di sajikan. 


2. Sambal Embem
5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget!
Selanjutnya yaitu ada sambal embem yang merupakan sambal dengan bahan dasar buah kweni. Sambal khas Sumatera Selatan ini dijamin akan membuat menu makanan menjadi lebih kaya citarasa dengan rasa asam pedas yang dihasilkan dari sambal embem ini begitu kuat.

Kweni adalah salah satu jenis buah mangga. Untuk membuat sambal ini sendiri tidaklah rumit. Cukup siapkan bahan-bahan pembuatan sambal seperti biasanya ditambah dengan terasi yang kemudian seluruh bahan tersebut akan ditumis hingga harum. 

Untuk menikmati sambal embem ini, cocolan lalapan timun hingga daun kemangi sangat cocok menemani sepiring nasi panas dan ikan atau ayam goreng yang bikin nagih banget. 


3. Sambal Kemang
5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget!
Masih bercita rasa asam pedas, sambal yang satu ini terbuat dari buah yang keberadaannya kini hampir tidak diketahui karena sedikitnya populasi dari buah kemang ini. Meski banyak yang mengira kalau buah kemang adalah buah binjai, namun kedua buah ini adalah buah yang berbeda.

Sambal yang satu ini juga merupakan olahan sambal khas Sumatera Selatan yang kerap dijadikan salah satu menu peneman nasi.

Nah untuk pembuatannya pun sebenarnya bermacam-macam, ada yang biasanya hanya cabai yang dicampur dengan irisan buah kemang saja, atau ada juga yang menambahkan terasi untuk masuk semakin memperkaya rasa sambal kemang ini.


4. Sambal Honje
5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget!
Sambal yang juga kerap disebut sambal kecombrang ini merupakan sambal favorit khas daerah Banten. Sambal ini memiliki citarasa menyegarkan karena bahan-bahan pembuatnya dibuat dari bahan-bahan mentah yang kemudian diulek hingga halus. 

Buah honje sendiri merupakan tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat dan kerap dijadikan campuran bahan makanan, dan salah satunya sebagai bahan campuran sambal. Untuk pembuatan sambal honje, cukup campurkan bahan-bahan seperti bawang merah dan putih, cabai, garam, terasi dan juga irisan buah honje yang kemudian ditumbuk halus dan siap disajikan.


5. Sambal Naga Merah
5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget!
Dikenal memiliki rasa manis dan kerap dijadikan jus, buah naga ternyata juga gak kalah lezat jika dijadikan campuran untuk membuat sambal. Rasa pedas dari cabai yang bercampur dengan rasa manis buah naga, dapat menciptakan citarasa baru yang akan memanjakan lidah.

Pembuatan sambal naga inipun sangat simpel dan mudah. Cukup tumbuk halus buah naga merah dan juga cabai. Kemudian tumis cabai dan masukkan garam, gula, bawang putih dan bisa juga tambahkan terasi. Setelah ditumis, masukkan buah naga yang telah ditumbuk halus. Dan sambal naga merah siap disajikan lengkap dengan nasi dan lauk lainnya.

Itulah beberapa sajian sambal buah yang cocok menemani menu berbuka dan sahur mu. Dijamin lezat dan nagih banget deh!


Sumber : https://www.idntimes.com/food/recipe...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget! 5 Makanan Khas Madiun Ini Rasanya Enak Banget, Tak Hanya Pecel!

- 5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget! 5 Makanan Khas Indonesia yang Populer di Luar Negeri, Bikin Bangga!

- 5 Olahan Sambal Buah yang Wajib Kamu Coba, Segar Banget! 8 Jajanan Pedas Khas Garut Ini Bikin Pengin Nyicip Lagi dan Lagi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di