alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Situng, KPU Menilai Bawaslu Sudah Adil Atas Putusan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd1d82facb95270b277c90/soal-situng-kpu-menilai-bawaslu-sudah-adil-atas-putusan

Soal Situng, KPU Menilai Bawaslu Sudah Adil Atas Putusan

Soal Situng, KPU Menilai Bawaslu Sudah Adil Atas Putusan

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menilai putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam sidang terkait sistem informasi penghitungan suara (Situng) merupakan putusan yang adil.
Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid mengatakan sikap Bawaslu yang tidak menghentikan Situng meski menyatakan terdapat pelanggaran merupakan dukungan terhadap keterbukaan yang dijalankan KPU RI.
“Bawaslu sudah mengeluarkan putusan yang tidak memerintahkan KPU untuk menutup situng. Nah Bawaslu dan KPU punya komitmen yang sama untuk prinsip keterbukaan publik, termasuk didalamnya juga soal informasi kepemiluan,” katanya di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).
Diketahui, Bawaslu menyatakan KPU melakukan pelanggaran tata cara dan prosedur dalam input data sistem informasi penghitungan suara (Situng). Hal ini diputuskan dalam sidang atas aduan yang disampaikan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto – Sandiaga Uno atas Situng KPU.
“Menyatakan KPU terbukti secara sah melanggar tata cara dan prosedur dalam input data sistem informasi penghitungan suara atau Situng,” ujar hakim ketua, Abhan di kantor Bawaslu,
Atas pelanggaran tersebut, KPU RI diperintahkan Bawaslu memperbaiki tata cara dan prosedur dalam input data sistem informasi pemungutan suara dalam situng.
Lebih lanjut meski dinyatakan melanggar, Bawaslu tidak meminta KPU menghentikan Situng KPU, seperti yang menjadi tuntutan BPN. Bawaslu menilai Situng KPU sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Situng KPU, dianggap sebagai keterbukaan informasi terkait hasil suara Pemilu 2019. Meski demikian KPU diminta memperbaiki akurasi input data ke dalam Situng.
Pramono menambahkan, mengenai perintah Bawaslu memperbaiki tata cara dan prosedur dalam input data, KPU siap menjalankan.
“Pointnya di sana bahwa ada kesalahan administrasi terkait dengan kesalahan input dan seterusnya kan amar putusannya adalah memerintahkan kpu untuk memperbaiki, disitu memang sebenarnya sama kpu dan bawaslu, setiap ada informasi kesalahan input dan kami perbaiki,” katanya.
“Selama ini mekanisme itu sudah berjalan dan kami ucapkan kepada bawaslu terima kasih sudah memberikan keputusan yang sudah adil,” imbuh Pramono.(*)


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
hore menang.... wowo presiden ke2019
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Jangan lupa developer aplikasi situngnya digetok. emoticon-Embarrassment

Kalo mereka gak lupa ngasih cek internal di aplikasinya untuk meminimalisir kesalahan input ya gak akan terlalu heboh seperti sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
percuma,, udah sewa ahli it itb bikin robot, tetap aja situng tetap jalan 🤣🤣.
lagian ngapain sich ngotot situng dihentikan, wong rekap manual bentar juga dah mau kelar. ane rasa malah yg manual, malah yg duluan kelar nih malah
emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh tio.saputra
sudah cukup gitu aja ya ?

ywis gk ush people power
ya diliat aja yg ada di kpu siapa saja hmmmm... atas usulan anggotadpr sapa aja
uda curang,nipelpower,klaim menang 62% brubah jd 56% 45% 56% lagi tetep aja nyungsep
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh frikidas


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di