alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Amazing, Ilmuwan Berhasil Menciptakan Jantung 3D dari Sel Manusia!
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd0c73263772609366d6d9/amazing-ilmuwan-berhasil-menciptakan-jantung-3d-dari-sel-manusia

Amazing, Ilmuwan Berhasil Menciptakan Jantung 3D dari Sel Manusia!

Amazing, Ilmuwan Berhasil Menciptakan Jantung 3D dari Sel Manusia!


Amazing, Ilmuwan Berhasil Menciptakan Jantung 3D dari Sel Manusia!


Halo, Agan dan Sista pembaca setia thread ane. Apa kabar hari ini? Semoga selalu bahagia di manapun berada.


emoticon-Pertamaxemoticon-Pertamaxemoticon-Pertamaxemoticon-Pertamax


Dunia dari hari ke hari semakin berkembang. Kemampuan berpikir manusia dan canggihnya teknologi telah berhasil menciptakan penemuan-penemuan luar biasa yang berguna bagi kelangsungan hidup mereka. Salah satu penemuan terbaru yang cukup fenomenal adalah terciptanya jantung 3D rekayasa yang berasal dari sel manusia. Seperti apakah penampakannya? Berikut ulasannya.


Disimak dan jangan lupa rate & subscribe!


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Amazing, Ilmuwan Berhasil Menciptakan Jantung 3D dari Sel Manusia!

sumber

Imuwan dari universitas Tel Aviv, Israel telah berhasil menciptakan jantung buatan yang dicetak dengan printer 3D. Yup, jantung 3D ini menyerupai jantung manusia yang memiliki sel, lengkap dengan pembuluh darah, ventrikel dan bilik jantung. Bahkan organ buatan ini bisa berdetak dan berkontraksi, namun belum mampu memompa darah.

Cara yang dilakukan oleh para ilmuwan ini adalah dengan mengambil sel lemak dari tubuh manusia sebagai sampel. Sampel ini akan diprogram ulang sehingga menjadi sel otot jantung dan pembuluh darah. Kemudian dicetak dalam printer 3D sebagai 'tinta biologis'.

Jantung 3D buatan ini memiliki ukuran kecil seperti jantung kelinci. Meski begitu, mereka berharap kelak organ buatan tersebut benar-benar bisa berfungsi layaknya jantung manusia secara maksimal. Di kemudian hari mereka berencana melakukan uji coba pada hewan.

Penemuan ini merupakan terobosan baru dalam dunia kedokteran, yang memungkinkan para pasien transplantasi jantung bisa mempertahankan hidupnya, tanpa harus menunggu pendonor.

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Wow, amazing ya, GanSis. Jika manusia benar-benar bisa menciptakan organ tiruan yang mampu berfungsi seperti aslinya, apakah mungkin kelak mereka juga akan mampu membuat makhluk hidup alih-alih robot dengan kecanggihan teknologi?


Quote:


emoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tangan


Cukup sekian ulasan ane kali ini. Semoga memberi wawasan baru bagi Agan dan Sista sekalian. Bila ada kurang dan lebihnya, mohon dimaklumi. Jika ada yang ingin ditambahkan, silakan berdiskusi di kolom komentar. Sampai jumpa di thread selanjutnya.


Amazing, Ilmuwan Berhasil Menciptakan Jantung 3D dari Sel Manusia!


BBB GROUP

referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
judogal dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.support16
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
profile-picture
2V7 memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
BBB GROUP
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
amazing spiderman emoticon-Matabelo
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Nunggu komentar sahabat agamis..
"Manusia mulai mencoba menjadi tuhan.."
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kelthuzad.lich dan 12 lainnya memberi reputasi
anjir keren ... emoticon-Matabelo
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:

Wow

Quote:

Jangan gitulah om

Quote:

Yup, bray
keren! bisa gitu ya?
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Iya sis. Manusia jaman sekarang emang luar biasa
Gitu banget mikirnya itu ilmuwan
Keren cuma kaya ngelawan takdir ajah kesannya, Iyah gak sih?
Secara setiap orang yang bernyawa itu pasti mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aliftina dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Maksudnya ini tuh buat cangkok sementara sebelum pasien nemu pendonornya. Kan jaman sekarang susah nyari pendonor
okay sih tapi kecil gitu gan...
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Kan baru percobaan pertama, om
Quote:


Berarti si Dokter kerja 2 x
Kasiaaan juga pasiennya 2x operasi emoticon-Takut

Kasiaaan
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Ya, nggak tau juga sih kalau itu
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Quote:


Ada juga yang prediksi tahun 2050 manusia akan hidup abadi ktanya 🙄
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Sebaik-baik ciptaan manusia tidak akan lebih baik dari ciptaan Allah. Allah Maha Tinggi dan Maha baik. Allah menciptakan manusia dengan baik hingga bisa bernafas setiap harinya.
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Wah, kalau itu sih udah berlebihan. Gak masuk akal banget
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Quote:


Iya, bener tuh sis. Manusia gak mungkin melampaui penciptannya
profile-picture
ilafit memberi reputasi
Quote:


Iyaaah emang
Manusia kaya paling cerdas ajah
Mungkin itu ilmuwan .....
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Diubah oleh mamaproduktif
Quote:


Wah, aku gak mau ikut2 an kalau bawa agama. Hehe. Bukannya apa2, takut menyinggung pihak2 tertentu aja
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di