alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Didesak Izinkan Umat Hindu Dirikan Pura di Bekasi
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdcfd4965b24d487a09cd30/pemerintah-didesak-izinkan-umat-hindu-dirikan-pura-di-bekasi

Pemerintah Didesak Izinkan Umat Hindu Dirikan Pura di Bekasi

tirto.id - Amnesty Internasional Indonesia mendesak Kemendagri dan Kemenag harus memastikan bahwa Pemda Kabupaten Bekasi menjamin hak umat Hindu untuk mendirikan pura. Pasalnya, umat Hindu di Bekasi sudah bertahun-tahun tidak memiliki tempat untuk beribadah.

“Kemendagri dan Kemenag harus mengambil langkah tegas untuk memastikan bahwa Pemda Bekasi agar tidak tunduk pada tekanan massa yang menolak pendirian pura tersebut dan tetap berpegang pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid melalui rilis kepada Tirto, Selasa (14/5/2019).

Saat ini belum ada satupun tempat ibadah bagi sekitar 7.000 umat Hindu yang ada di Kabupaten Bekasi, menurut Parisada Hindu Dharma Indonesia (PDHI). Keberanian dalam melindungi hak asasi manusia kaum minoritas dan kepatuhan pada hukum sebelumnya pernah ditunjukkan oleh Wali Kota Bekasi untuk Gereja Santa Clara, misalny Umat Hindu di kabupaten tersebut berencana membangun pura untuk pertama kalinya namun mendapat penolakan dari sekelompok orang.

Kejadian ini menambah daftar panjang intoleransi terhadap kelompok minoritas beragama di Indonesia. Ribuan umat Hindu harus menempuh puluhan kilometer hingga ke Kota Bekasi untuk beribadah di Pura Agung Tirta Bhuana yang berada di kawasan Jakasampurna karena tidak adanya pura di Kabupaten Bekasi. Kota Bekasi saat ini memiliki sebanyak 29.000 umat Hindu yang beribadah di pura tersebut. Hal ini mengakibatkan kondisi Pura Agung Tirta Bhuana menjadi kelebihan kapasitas karena tidak mampu menampung umat Hindu dari kedua daerah tersebut.

“Membangun dan menggunakan tempat beribadah adalah bagian dari hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan yang didalamnya mencakup hak untuk melaksanakan ibadah. Hak ini dijamin oleh konstitusi kita untuk semua umat beragama di Indonesia, termasuk mereka yang beragama Hindu,” tambah Usman. Pelarangan pendirian rumah ibadah juga melanggar hak siswa-siswi sekolah dasar hingga menengah atas untuk mendapatkan pendidikan agama Hindu.

Pura tidak hanya digunakan untuk beribadah tapi juga sebagai pusat pendidikan bagi para murid-murid yang beragama Hindu untuk belajar agama. Hal ini disebabkan bahwa sekolah-sekolah negeri sering kekurangan tenaga pengajar untuk mata pelajaran agama Hindu. Sebagai contoh, menurut PHDI Bekasi, siswa-siswi di kabupaten tersebut setiap hari Minggu pagi harus menempuh puluhan kilometer ke Kota Bekasi untuk belajar agama Hindu di Pura Agung Tirta Bhuana.

“Jika pemerintah setempat menolak memberikan izin untuk pendirian pura tersebut hanya karena tunduk pada tekanan sekelompok massa, meskipun umat Hindu Kabupaten Bekasi telah berhasil memenuhi syarat yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan, maka ini akan menjadi preseden yang buruk,” kata Usman.

"Pemerintah akan kehilangan wibawanya dan menjadi pelanggar HAM. Oleh karena itu, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negari dan Kementerian Agama harus memastikan bahwa pemda Bekasi melaksanakan kewajibannya," tambahnya. PHDI Bekasi sebelumnya telah memberikan keterangan bahwa terdapat 20 keluarga dalam desa tempat dimana pura tersebut akan didirikan yang beragama Hindu.

Terlebih lagi, umat Hindu Bekasi telah mendapatkan dukungan dari 60 warga lokal dan memiliki daftar nama 90 umat yag akan menggunakan tempat ibadah tersebut sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006. Pasal 13 (3) dari Peraturan Bersama tersebut menyatakan bahwa selain komposisi jumlah penduduk di wilayah kelurahan/desa pertimbangan komposisi jumlah penduduk dalam wilayah kecamatan, kabupaten, kota atau provinsi dapat juga dilakukan.

https://tirto.id/pemerintah-didesak-...di-bekasi-dEJv

Pemerintah jangan takut fpi, kasian umat hindu mau beribadah tidak bisa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 4 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Bekasi sdh jd sarang kampreet jgn ngareep...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cak.kontong
Tidak segampang itu ferguson.

Banyak nanti setan kepanasan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 4 lainnya memberi reputasi
perlu ketegasan dari kepala daerahnya dan kementerian agama.. jgn sedikit2 suruh pemerintah pusat turun tangan trus kerja kepala daerah dan jajaran apa....gabut gituemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 2 lainnya memberi reputasi
Pemerintah Didesak Izinkan Umat Hindu Dirikan Pura di Bekasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh stealthmania
bekasi udah 11-12 sama depok intoleransi dimana2
profile-picture
profile-picture
greedaon dan kolollolok memberi reputasi
Bekasi, ampun deh.. emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
greedaon dan kolollolok memberi reputasi
jika memang sudah diperlukan ya hrs di bangun dong..

brarti jumlah pemeluknya sdh cukup sbg syarat di bangun tmpt ibadah...


profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Malu ama leluhur & nenek moyang om emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 2 lainnya memberi reputasi
Bekasi? Udah g kaget
profile-picture
profile-picture
greedaon dan kolollolok memberi reputasi
"..7.000 umat Hindu yang ada di Kabupaten Bekasi.."


kasih aja lah izin 10 pura biar masing2 bs nampung 700 orang..
toh nambah lapangan kerja jg buat yg laen macam tukang parkir, jualan makanan, mainan, dll..
tenang aja, surga neraka udh ada yg atur kok.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 5 lainnya memberi reputasi
Susah tuh, sekalinya dibangun pasti ada penolakan dari sobat de_dust2
profile-picture
profile-picture
greedaon dan kolollolok memberi reputasi
Ksh izin! Emgnya napa? ganggu jg ga!
Kampret yg protest tembak mati aja emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post AsalBunyi
Quote:


di Kabupaten Bekasi jumlah umat hindunya sekitar 7 ribu orang emoticon-Ngacir
profile-picture
greedaon memberi reputasi
paling jawabannya bukan urusan saya
profile-picture
greedaon memberi reputasi
definisi penghinaan agama apaan sih ?


ada yg protes TOA berisik, dikatakan penghinaan agama

tapi yg protes pendirian gereja atau pura, bakar vihara, TIDAK dikatakan penghinaan agama


agama barbar dinegara ini seperti sudah sukses mencuci otak seluruh warga dinegara ini,
sudah tergiring opini, bahwa penghinaan agama hanya berlaku jika berkaitan dgn si agama barbar mereka saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agama.murahan
ngapain mewek. bekasi kan beda planet emoticon-Ngakak
profile-picture
greedaon memberi reputasi
planet bekasi 11 12 ama bogor

Sebaiknya siapkan fullus biar melicinkan lastcar
profile-picture
profile-picture
greedaon dan scorpiolama memberi reputasi
Diubah oleh ontapesek
Takut membernya pindah kost
Ato takut tuhannya disaingi

emoticon-Leh Uga
profile-picture
greedaon memberi reputasi
Ooh tidak bisa
Kalau kalian tetap memaksa maka kami JIIIIHHHHAAADDDDDD!!!!
profile-picture
greedaon memberi reputasi
asal sesuai dengan peraturan silahkan diteruskan.... bekasi milik semua...
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di