alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
April Tekor Lagi, Neraca Dagang RI Terparah Sejak Merdeka
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdcf9e68d9b1760ae5c8c3c/april-tekor-lagi-neraca-dagang-ri-terparah-sejak-merdeka

April Tekor Lagi, Neraca Dagang RI Terparah Sejak Merdeka

April Tekor Lagi, Neraca Dagang RI Terparah Sejak Merdeka

Neraca perdagangan Indonesia belum bisa keluar dari jeratan tekor alias defisit. Buktinya, setelah beberapa bulan lalu mengalami defisit, di April 2019 terjadi lagi.

Parahnya lagi, tekor neraca perdagangan pada April tahun ini menjadi sejarah baru dan terparah sejak Indonesia merdeka. Sebelumnya, tekor yang paling parah terjadi pada Juli 2013.

Berikut fakta-faktanya:

Tekor US$ 2,50 M
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang Indonesia pada April defisit US$ 2,5 miliar. Angka ini berasal dari ekspor pada April 2019 sebesar US$ 12,6 miliar dan impor sebesar US$ 15,1 miliar.

Ekspor Indonesia pada April 2019 sebesar US$ 12,6 miliar. Angka ini turun 10,80% dibanding Maret 2019 (month to month), sedangkan secara tahunan (year on year/yoy) turun lebih dalam yaitu 13,10%.

Sedangkan impor, tercatat sebesar US$ 15,10 miliar atau turun 12,25% dibandingkan bulan sebelumnya. Jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya pun turun 6,58%.

"Dengan menggabungkan ekspor dan impor, terjadi defisit USD 2,50 miliar di April 2019," kata Kepala BPS Suharyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).

Tekor Terparah Sepanjang Sejarah
Angka defisit neraca dagang per April 2019 ini menjadi yang paling besar sepanjang republik ini merdeka atau sepanjang sejarah. Sebelumnya, defisit terdalam terjadi pada Juli 2013 sebesar US$ 2,3 miliar.

"Tapi yang surplusnya lebih banyak lagi," kata Direktur Statistik Distribusi BPS Anggoro Dwitjahyono di kantor pusat BPS, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Dapat diketahui, neraca perdagangan pada bulan Juli 2013 masih tercatat defisit sebesar US$ 2,31 miliar. Sementara secara kumulatif, yaitu Januari-Juli, defisit tercatat sebesar US$ 5,65 miliar

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin saat itu mengatakan angka defisit bulan Juli adalah tertinggi sepanjang sejarah.

RI Gemar Impor Plastik Hingga Kapur
Neraca perdagangan Indonesia pada April 2019 tercatat defisit atau tekor sebesar US$ 2,50 miliar. Angka ini menjadi terparah sejak Indonesia merdeka.

Angka defisit neraca perdagangan didapat karena nilai ekspor pada April 2019 sebesar US$ 12,6 miliar sedangkan nilai impor US$ 15,10 miliar.

Ada 10 barang non migas yang nilai ekspor dan impornya tertinggi dan memberikan dampak signifikan terhadap neraca perdagangan April 2019.

Berikut 10 barang non migas yang mempengaruhi ekspor dan impor pada April 2019:

10 barang ekspor non migas tertinggi
1. Bahan Bakar Mineral US$ 1,92 miliar
2. Lemak dan minyak hewan nabati US$ 1,11 miliar
3. Kendaraan dan bagiannya US$ 594,3 juta
4. Mesin atau peralatan listrik US$ 483,4 juta
5. Besi dan baja US$ 557,8 juta
6. Perhiasan permata US$ 285,7 juta
7. Karet dan barang dari karet US$ 551,7 juta
8. Mesin-mesin atau pesawat mekanik US$ 383,6 juta
9. Alas kaki US$ 376 juta
10. Pakaian jadi bukan rajutan US$ 328,1 juta

10 barang impor non migas tertinggi
1. Mesin peralatan listrik US$ 1,65 miliar
2. Plastik dan barang dari plastik US$ 757,7 juta
3. Serealia US$ 293,7 juta
4. Pupuk US$ 194,5 juta
5. Bubur kayu US$ 136,7 juta
6. Gula dan kembang gula US$ 161,1 juta
7. Filamen buatan US$ 163,7 juta
8. Garam, belerang, kapur US$ 71,2 juta
9. Kapal laut dan bangunan terapung US$ 104,8 juta
10. Kendaraan bermotor atau komponen US$ 45,8 juta.

Sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
magelys dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
prabowo kalah pilpres
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan mana.mana.aja memberi reputasi
Terus wowo auto pleciden gitu?
Trs wowo menang gt? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan my.agathis memberi reputasi
kan itu keinginan rakyat sendiri
Quote:


rejim apaan ini ....ember plastik aja sampai impor emoticon-Mad


ts mode off






















emoticon-Kaskus Radio
kalo wowo langsung tertinggi nih
tenang okt roketnya meluncur lagi koq emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
stygiant memberi reputasi
mestinya ini berita sebelum pilplres kemaren emoticon-Ngakak
Quote:


Quote:


Quote:




Quote:


Quote:


mau curang...mau negara ancur..
yang penting MENANG!!!

gitu ya?

Spoiler for Bonus:



Diubah oleh jonfaisal
Balasan post jonfaisal
Yang dipilih itu yang lebih baik. Kalo sama2 ancur yg dipilih ya yang nda terlalu ancur

profile-picture
areszzjay memberi reputasi
selama kementerian tukang giveaway izin impor engga di refofmasi mo gimana lagi.

emoticon-Entahlah
profile-picture
fh.production memberi reputasi
Ekonomi udh payah sejak 2014 cuma di tutupi ama pemerintah
Byk ritel gulung tikar jg yg di salahkan pengusahanya

Skg sdh tdk bs lg ditutupi, smua naik ke permukaan

Paket ekonomi jkw ga ada yg berguna, udh terbukti
Gembar gembor pny menteri keuangan terhebat sejagat raya jg ga ada pengaruh

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
zulimaulidah dan stygiant memberi reputasi
Balasan post Zreel
Karena yang ndak terlalu ancur pinter milih lawan emoticon-Hammer2
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Quote:


ekonomi susah dari era kolonial belanda gan..
trus berlanjut makin anjlok di era soekarno..dst

profile-picture
profile-picture
profile-picture
genderuwo777 dan 2 lainnya memberi reputasi


Quote:


Salah bre
Jaman soeharto itu bagus
Jaman sby periode 1 jg msh bgs
Mulai menurun di akhir periode 2 sby
Periode pakde yg paling mengenaskan

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stygiant dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


berita begini cuma lu dan konco lu yang total angkanya krg-lbh 44% itu emoticon-Wkwkwk

baca terus aja lu sampai crot emoticon-Wkwkwk



Orang lain kerja
Eh dia demo

Terus ngatain ekonomi buruk
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan my.agathis memberi reputasi
ini gara gara sandi dan wowo harta triliunan tapi duitnya gk mau dipakai modal usaha yg lain.

bayangkan, bisnis gua aja perlu modal 3m. kalau punya 3T, bisa buat 1000 bisnis baru dan 1 bisnis tersebut bisa memperkerjakan 50 orang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stygiant dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

April Tekor Lagi, Neraca Dagang RI Terparah Sejak Merdeka



Quote:


gak sah delusi cari2 kesalahan orang lain..
masi keren alasan junjungan mu..
beda tipis2 dengan emak2 jual lotek

April Tekor Lagi, Neraca Dagang RI Terparah Sejak Merdeka
Diubah oleh jonfaisal
yah...inilah keinginan rakyat yg 56% itu...kita hormati saja
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di