alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Puasaku bukan Untukmu, tapi UntukNya
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdceeb9f4d695562f49742f/puasaku-bukan-untukmu-tapi-untuknya

Puasaku bukan Untukmu, tapi UntukNya

Puasaku bukan Untukmu, tapi UntukNya

Bulan Ramadhan telah datang. Bulannya para orang-orang Muslim yang rindu akan kebersamaan Ramadhan untuk mempererat tali silahturahmi. Ah, tapi sedikit ambigu kata-kataku itu. Tali silahturahmi itu kan bisa dilakukan setiap hari, tidak harus menunggu di bulan suci Ramadhan. 

Hmm... Itu hanya kataku saja, sih. Tiap orang pasti punya persepsi yang berbeda. Bisa jadi mereka setuju dengan kata-kataku tadi, bisa jadi sebaliknya. 

Aku memutuskan berpuasa. Ini bukan suatu keputusan yang labil. Aku masih ingin tahu makna dari berpuasa. Apakah sekadar menahan nafsu yang diberikan olehNya, atau mengendalikan hasrat pemberian dariNya?

Entahlah... Jawaban yang akan dijawab oleh beberapa kalangan dengan tentu saja persepsi yang berbeda. Aku sendiri masih gamblang dengan jawabanku. Abu-abu dan tidak tahu. 

Kali ini puasaku akan berbeda. Sendiri disatu atap kecil yang kita sebut saja sebuah kost-kostan. Iya, aku merantau dikota orang seorang diri. Bermodalkan nekat keberanian dan apapun yang aku bawa. Rasanya berbeda, sungguh. Puasa tanpa orang-orang terdekat seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, aku bisa merasakan puasa lengkap dengan keluargaku. Ayah dan Ibu juga seorang Kakak. Dan ketika tahun ini tiba, aku sendiri. Kuulangi, aku sendiri. Sebenarnya, tidak yang sendiri gitu, sih. Aku punya pacar, hehehehe... Tapi makna yang kumaksud puasa seorang diri adalah hanya aku saja tanpa keluarga lengkapku. Mau bilang gitu saja kok ya muter ngomongnya.

Biar hanya menjalani puasa seorang diri, disini aku berjualan. Berdagang makanan kecil juga minuman dipinggir jalan yang bisa dinikmati para khalayak yang haus dan lapar. Puasa pun, aku tetap berjualan. Mencari rizqiNya untuk menyambung kehidupan.

Quote:


Kalau menurut orang awam, bagi mereka aku pasti sudah batal puasa. Tapi bagiku, bodo amat... Aku hanya membela yang belum tentu benar dengan apa yang sudah Ibu itu ucapkan. Iya, aku tahu setiap orang punya pandangan yang berbeda. Tapi, dengan nada yang seperti itu tadi, rasanya sungguh membuat jiwa raga lelah. Lagipula itu cara yang cepat untuk mengakhiri perdebatan yang tidak diinginkan. 

Quote:


Bapak itu masih duduk. Menerawang hamparan jalanan yang sepi namun masih dilalui beberapa kendaraan. Sesekali dahinya berkerut kemudian mengangguk sendiri. Aku diam-diam memerhatikan untuk sekadar ingin tahu siapa gerangan. Sebab aku tidak melihat ia masuk ke balik terpal yang tertutupi ini. 

Quote:


Dan benar saja, banyak orang berdatangan ke lapak mungilku ini untuk membeli. Aku juga menemukan sebuah amplop putih ditempat dimana Bapak tadi itu duduk. Kupikir amplopnya ini ketinggalan, namun aku melihat sebuah tulisan kecil di dalamnya dan beberapa lembar uang merah.

Quote:


Aku tersenyum dan menjadi sangat semangat dengan api yang membara karena pertolongan dariNya melalui orang yang entah apa akan kusebut selain seorang "Bapak". Kujalani aktivitasku dengan sabar, tawakal, dan ikhlas juga senyuman. Tidak dibulan Ramadhan saja, namun ditiap-tiap bulan berganti bulan hingga tahun berganti tahun dan seterusnya.

Terima kasih, ya Allah.
profile-picture
profile-picture
rizkisurya.87 dan bolank.182 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
OK Mey Ling emoticon-Betty
Quote:


Ah si agan isa ae :emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Makaciii udah mampir...emoticon-Wowcantik
Kembali Kasih MUNAROH emoticon-Ngacir
Quote:


Sun nya mana gan emoticon-Malu
Diubah oleh ndutndut95
Poso mbeduk kamutu... emoticon-Ngakak lanjut Bor, apik iki... emoticon-2 Jempol
Quote:


emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
Quote:


Anjirrr bos e baca ikh, kaget akutu... emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Malu
Quote:


Makin cemangatttt emoticon-Kiss
Quote:

Kaget lagi ngerti kamutu gawe thread Bor... emoticon-Ngakak muntoha sakti kon gawe pisan... emoticon-Big Grin
Diubah oleh londo.046
Quote:


Tau darimana emang emoticon-Embarrassment ojok, ngkok tenar malah banyak yang suka sama muntoha lagi emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Tahu dari ketidaksengajaan... emoticon-Big Grin wkwkwkwkkk... Muntoha bukane wes tenar tha Bor??? emoticon-Ngacir2
Quote:


Tenar dikalangan apa dulu neh??? emoticon-Belo
Quote:

Tante-tante dan emak-emak... emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di