alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Haruskah Sepak Bola Kita Identik dengan Kerusuhan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdce962d4397220780e5543/haruskah-sepak-bola-kita-identik-dengan-kerusuhan

Haruskah Sepak Bola Kita Identik dengan Kerusuhan?

Akhirnya, Liga Indonesia I 2019 bergulir juga, Rabu (15/5). Namun, pembukaan kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air dinodai oleh kerusuhan antarsuporter yang mempertemukan PSS Sleman dan Arema FC. Sedih!

Haruskah Sepak Bola Kita Identik dengan Kerusuhan?
Korban kerusuhan PSS vs Arema (Kredit: BolaSport)

Ane benar-benar gak ngerti posisi olah raga ini bagi sebagian orang yang katanya penggemar sepak bola. Haruskah kita menempatkan sepak bola itu sebagai olahraga yang mengkawatirkan? 

Kalau sepak bola Indonesia identik dengan kerusuhan, bagaimana para sponsor mau datang ke sepak bola kita? Bagaimana suporter wanita dan anak-anak bisa ikut menikmati? Bayangkan ribetnya pengelola pertandingan untuk mendapatkan izin keamanan. Bisa-bisa habis energi kita hanya untuk memikirkan keamanan.

Tanpa dukungan finansial yang kuat, pengelolaan sepak bola dan perjalanan kompetisi tak akan pernah mencapai situasi yang diinginkan. Jangan sampai seperti mobil yang kehabisan bensin di tengah perjalanan.

Katanya kita ingin ada sepak bola berprestasi... katanya ingin ada kompetisi yang bergengsi.

Haruskah Sepak Bola Kita Identik dengan Kerusuhan?
Kerusuhan PSS vs Arema (Kredit: Kumparan)

Mengurus sepak bola memang tidak gampang, banyak pihak yang terlibat dan butuh kesamaan visi dalam mengelola kompetisi. (Nah ini... yakin kalo semuanya punya visi yang sama?)

Tapi, kembali ke diri kita dulu deh. Bukankah lebih mudah mengelola hati dan sikap pribadi dalam menempatkan diri masuk ke dalam putaran sepak bola nusantara? Mau menikmati, bukan mencaci-maki.

Kalau memang benar muncul sejumlah aktor yang terskenario berniat memancing kerusuhan, semua provokasi itu bisa tersaring oleh hati yang bertujuan memajukan sepak bola nasional. Setuju, kan?

Awal kompetisi dimulai dengan wajah duka dan korban terluka, mau seperti apa perjalanan liga kita?
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Diubah oleh weshley07
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Emang bawaan kampungan, jadi ya dikit2 rusuh...
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
yah itu tradisi turun temurun sih bro
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
Kampungan ...gedeg guaemoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di