alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Inggris Terapkan 5G Komersial Awal Juli, Indonesia Masih Belum Siap
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdce44197751352a5439604/inggris-terapkan-5g-komersial-awal-juli-indonesia-masih-belum-siap

Inggris Terapkan 5G Komersial Awal Juli, Indonesia Masih Belum Siap

Inggris Terapkan 5G Komersial Awal Juli, Indonesia Masih Belum Siap

JawaPos.com – Sejumlah negara maju mulai bersiap diri menyambut teknologi jaringan seluler generasi kelima alias 5G. Terbaru, Inggris menjadi negara selanjutnya yang akan mengimplementasikan 5G dalam waktu dekat.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari Ubergizmo, Kamis (16/5), Inggris segera bergabung dengan daftar kecil negara-negara yang menyediakan layanan seluler 5G. Korea Selatan adalah yang pertama, diikuti oleh Amerika Serikat (AS).

Kesiapan Inggris menyambut jaringan 5G kini telah dikonfirmasi oleh penyedia jasa telekomunikasi di sana, yakni Vodafone.

Perusahaan telekomunikasi itu akan menggelar jaringan seluler 5G pertama di Inggris. Masyarakat di negara tersebut pun segera merasakan sensasi jaringan 5G yang konon sangat cepat, 10 kali lebih cepat dari 4G.

Vodafone telah mengkonfirmasi bahwa layanan seluler generasi kelima itu akan ditayangkan pada 3 Juli. Sementara 5G roaming di Jerman, Italia, Spanyol, serta Inggris akan tiba akhir musim panas ini.

Seperti yang mungkin sudah dibayangkan bahwa akan ada beberapa batasan pada peluncuran awal tersebut.

Layanan 5G operator di Inggris itu hanya akan tersedia di tujuh kota sebagai awalan. Kota tersebut termasuk London, Bristol, Birmingham, Cardiff, Glasgow, Manchester, dan Liverpool. Kota-kota lainnya jelas akan merasakan layanan 5G segera setelahnya.

Kota-kota seperti Blackpool, Guildford, Newbury, Plymouth, Southampton, Stoke-on-Trent, dan lainnya akan menerima layanan akhir tahun ini.

Kendati sudah mengumumkan kesiapan menggelar jaringan 5G, namun informasi harga yang akan dibebankan kepada konsumen belum dirilis perusahaan. Vodafone mengatakan bahwa harga 5G akan sama dengan 4G, baik untuk konsumen maupun pelanggan bisnis.

Mereka juga akan menjual berbagai smartphone 5G secara online atau melalui toko ritel mulai musim panas ini. Smartphone berkemampuan 5G pertama akan mulai dijual minggu depan.

Termasuk akan ada router 5G yang ditawarkan bagi mereka yang ingin menggunakan layanan di rumah atau kantor tanpa koneksi telepon tetap.

Sebagai informasi, deretan smartphone 5G memang diketahui sudah banyak meluncur. Gelaran Mobile World Congress (MWC) awal 2019 lalu menjadi saksi para vendor smartphone mengenalkan smartphone 5G.

Sebut saja beberapa di antaranya adalah Xiaomi, Samsung, Oppo, Huawei, dan banyak lagi.


Indonesia Bagaimana?

Ketika negara maju bersiap menyambut 5G, lantas bagaimana dengan Indonesia? Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut untuk Indonesia, jaringan 5G masih belum akan tersedia dalam waktu dekat.

Pria yang karib disapa Chief RA itu menjelaskan usai acara Buka Bersama Kemenkominfo pekan lalu bahwa jaringan 5G di Indonesia masih terkendala bisnis model yang tepat akan seperti apa.

“Dengan kecepatan 10 kali lipatnya (4G), masyarakat ritel atau konsumen mau tidak membayar 3-4 kali lipat dari 4G. Pasti berat,” ujarnya demikian. Seperti sudah disinggung di atas, jaringan 5G memang digadang-gadang akan sangat ngebut dengan latensi atau hambatan rendah.

Selian model bisnis, Rudiantara menyebut masalah ketersedian frekuensi juga menjadi penyebab belum siapnya 5G hadir di tanah air. Mengacu pada dunia, alokasi frekuensi 5G adalah 3,5 GHz.

Sementara d Indonesia frekuensi tersebut masih digunakan satelit. Jika ingin mengimplementasikan 5G, maka harus menunggu kontrak satelit habis atau bisa menggunakan area yang tidak ada coverage satelitnya.

JAWAPOS

bagaimana mau siap, disini banyak hoax sana sini, dan lebih parahnya lagi & saking gobloknya, sampai-sampai ada yang ngancam presiden

upgrade otak dulu baru mikir ngejar ketinggalan teknologi dari negara lain
profile-picture
profile-picture
matthysse76 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Buat apa inet cepat??

Sambil liat toketquen.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan itkgid memberi reputasi
Boro2 5G, yg 4,5G aja masih jauhhhhhhh.
Yg 4G di Indonesia aja statusnya masih dalam tahapan MEREALISASIkan, belum REAL 4G emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan itkgid memberi reputasi
Indonesia masih asik memanfaatkan agama untuk kepentingan tertentu... negara maju memanfaatkan tekhnologi untuk berbagai kepentingan.

Nasib
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
4G-nya dulu aja benerin, harusnya kalau 4G-nya ok, sudah cukup buat keperluan sehari2 kok
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan itkgid memberi reputasi
Jadi inget eks mentri sapih emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
china memang hebat
china yg bantu bangun jaringan 5 G di inggrs

ameirika kalah bersaing pada china...
china itu pemimpin 5 G dunia
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi

Internet cepet2 buat apa?

Streaming JAV fullHD ya?



profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
disni 4g rasa 3gemoticon-Shutup
profile-picture
itkgid memberi reputasi
udah bener 4G aja dulu diperbaiki biar sinyal gak acak kadut emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
sontoloyo81 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


masalah inovasi, china masih kalah telak dari barat (amerika)

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
matthysse76 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Setidaknya umur ipon x bisa d perpanjang sampe 5g keluar




Nipple shower emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh NippleShower
masih sempet nabung buat beli hp 5g emoticon-Stick Out Tongue
wah, terakhir baca artikel sinyal 5g ini kuat bgt frekuensinya smpe ngaruh ke kesehatan. #cmiiw
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Balasan post aleet
iya tuh , minimal kecepatan rata ratanya sama kayak brazil dulu saja , nggak usah jauh jauh lahh
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
bagaimana mau siap, disini banyak hoax sana sini, dan lebih parahnya lagi & saking gobloknya, sampai-sampai ada yang ngancam presiden

upgrade otak dulu baru mikir ngejar ketinggalan teknologi dari negara lain

emoticon-Recommended Seller


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di