alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Apa Sebenarnya Fungsi Grill Pada Mobil?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdcded8337f9337d219f8e2/apa-sebenarnya-fungsi-grill-pada-mobil

Apa Sebenarnya Fungsi Grill Pada Mobil?

Tidak banyak Sahabat pengguna mobil yang mengetahui fungsi dari komponen yang terpampang dan terpasang pada bagian depan mobil. Ya, grill terkadang luput dari perhatian Sahabat karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Padahal, posisi grill ada di bagian depan mobil dan selalu dilihat karena biasanya di bagian ini terdapat logo perusahaan otomotif pembuat mobil tersebut. Sebenarnya, grill pada mobil mempunyai fungsi yang cukup penting, lho Sahabat. Berikut ini 3 fungsi penting grill pada mobil!

Apa Sebenarnya Fungsi Grill Pada Mobil?

Saluran Udara
Grill memiliki fungsi untuk membantu sirkulasi udara pada ruang mesin. Udara yang masuk melalui lubang pada grill akan menjaga temperatur di ruang mesin tidak melewati batas saat mobil sedang melaju. Proses pendinginan mesin dengan menggunakan radiator juga akan terbantu dengan adanya grill ini. Jika udara tidak masuk dengan baik pada lubang-lubang grill ini, maka temperatur mesin bisa meningkat dan mesin bisa mengalami overheat. Akibatnya, mobil Sahabat bisa saja mengalami mogok.

Estetika
Seiring perkembangan jaman, grill pada mobil juga mulai diperhatikan nilai estetikanya. Desain grill pada sebuah mobil juga bisa menjadi identitas sebuah merek. Maka itu, untuk beberapa pabrikan mobil ada yang sengaja mempertahankan model atau bentuk grill mereka karena sudah menjadi hal yang ikonik dari mobil tersebut. Perkembangan grill dari masa ke masa juga mulai beragam. Jaman dulu, grill masih berbentuk persegi panjang yang dipasangkan secara vertikal. Setelah itu, muncul pula grill dengan desain horizontal. Sekarang ini, bentuk dan desainnya sudah semakin beragam. Bentuk kisi-kisi pada grill pun juga semakin beragam, ada yang berbentuk persegi panjang, garis memanjang, atau dengan garis vertikal. Model grill yang cukup populer sekarang ini adalah model honeycomb. Sahabat bisa menemukan grill model ini pada banyak merek, baik itu mobil-mobil lansiran Jepang, Amerika, atau Eropa.

Aerodinamis dan Performa
Selain berfungsi sebagai ventilasi udara dan juga penambah estetika, grill pada mobil juga memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika. Aerodinamika yang baik akan membuat performa mobil menjadi optimal. Jika Sahabat perhatikan, desain grill mobil sekarang ini semakin minim lubang untuk mengalirkan udara ke mesin. Tujuan dari dibuatnya grill seperti ini adalah agar udara yang menabrak area frontal depan mobil akan dialihkan secara mulus melalui sisi samping atau atas mobil. Rongga grill yang terbuka memungkinkan banyak udara yang masuk, namun hambatan udara menjadi besar. Namun, jika grill tertutup, maka mobil akan menjadi lebih aerodinamis. BMW bahkan sudah menemukan teknologi yang memungkinkan grill pada mobil mereka terbuka atau tertutup secara elektris sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin.

Cara Merawat Dan Membersihkan Grill Mobil
Karena mempunyai fungsi yang cukup penting dan letaknya berada di bagian terdepan mobi, seiring waktu berjalan grill pasti bakal kotor karena debu atau cipratan air hujan.

Untuk itu, Sahabat perlu membersihkannya agar mobil sedap dipandang mata.

Nah, jamur merupakan musuh utama grill mobil.

"Grill jika tidak dibersihkan bisa timbul jamur yang membuatnya terlihat kusam," ucap Andre Pemilik Auto Bling, Premium Car Wash & Detailling di Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, seperti melansir dari laman Gridoto beberapa waktu lalu.

Tenang, untuk membersihkannya sangat mudah.

"Bisa diatasi dengan all purpose cleaner yang biasa kami gunakan untuk membersihkan mobil dari jamur," imbuhnya.

Menurut Andre, setelah dibersihkan grill-nya kemudian masuk ke tahap poles.

Kalau ada baret-baret halus, untuk menghilangkannya akan dilakukan pemolesan.

"Setelah dipoles, lalu tahap selanjutnya adalah akan diberikan conditioner," ungkap Andre.

"Tujuan diberikan conditioner agar grill mengkilap kembali seperti baru," kata Andre lagi.

Nah Sahabat, begitulah fungsi dan cara merawat grill pada mobil kesayangan. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan Sahabat.


Sumber : Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kalo kayak model porsche ga ada grill nya itu gmana gan ?
Balasan post EryanGamer
porsche bukannya ada grillnya ya dibelakang kan mesinnya dbelakang (yg 911 sama 718)?
tp ada juga kan yg didepan macem porsche macan

emoticon-Ngacir


Diubah oleh ‏‏‏‏‏ponker
aku gak punya mobilemoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
Balasan post EryanGamer
Quote:


Setau ane si Porsche juga ada grillnya gan
Balasan post ‏‏‏‏‏ponker
Quote:


Nah ane setuju nih sama agan emoticon-Shakehand2
Balasan post exegie.com
Quote:


Gak apa-apa gan, buat nambah-nambah ilmu aja emoticon-Big Grin
Balasan post officialgarasi
Berarti yg dibelakangnya itu ya gan
Quote:


Mesin porche kan rata2 di belakang gan masuk udaranya dari lobang samping kanan kiri deket pintu

Cmiiw
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
Kumpulan video truck oleng

berarti civic estilo ngga ada grillnya dong bre emoticon-Bingung
Balasan post EryanGamer
Quote:


Bener gan, tapi ada juga yang di depan kok setau ane. Tergantung tipe Porsche nya juga gan.
Balasan post hirak0
Quote:


Setau ane si ada ya gan. Cmiiw
wah keren infonya gan emoticon-thumbsup
Balasan post bear_brand
Quote:


Semoga bermanfaat ya gan emoticon-Jempol


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di