alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
14 Titik Kemacetan di Jateng Selama Arus Mudik Lebaran 2019
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdcc51be83c72300a436d04/14-titik-kemacetan-di-jateng-selama-arus-mudik-lebaran-2019

14 Titik Kemacetan di Jateng Selama Arus Mudik Lebaran 2019

14 Titik Kemacetan di Jateng Selama Arus Mudik Lebaran 2019

Semarang, IDN Times - Para pemudik yang akan memasuki wilayah Jawa Tengah diimbau untuk mewaspadai 14 titik kemacetan selama arus mudik lebaran. Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pemudik hingga 14-18 persen dibanding tahun lalu atau mencapai 8,4 juta jiwa. 

"Dengan lonjakan pemudik seperti itu, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kemacetan di beberapa titik," kata Kepala Dishub Jateng, Satriyo Hidayat, kepada IDN Times seusai menghadiri diskusi Primtopic, di Hotel Noormans, Jalan Teuku Umar, Semarang, Rabu (15/5).


1. Diprediksi ada 6,8 juta pemudik menggunakan angkutan darat
14 Titik Kemacetan di Jateng Selama Arus Mudik Lebaran 2019
Satriyo memaparkan, dari 8,4 juta pemudik, sekitar 6,8 juta di antaranya menggunakan moda transportasi darat. Sekitar 40 persen akan melintasi jalan tol, 27 persen melintasi jalur pantura, sedangkan sisanya melewati jalur pantai selatan atau pansela serta ruas jalan nasional bukan tol. 

Potensi kemacetan panjang diprediksi akan terjadi di ruas jalur pantura karena adanya sejumlah pasar tumpah di Brebes, serta jalan masuk menuju Wiradesa, Pekalongan. Khusus di Pekalongan, tingkat kemacetan dipastikan akan turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun 2017 kemacetan terjadi sepanjang 15 kilometer, kemudian 2018 berkurang jadi 10 kilometer. Tahun 2019 kami perkirakan akan turun lagi," kata dia. 


2. Kemacetan terparah diprediksi terjadi di Bawen
14 Titik Kemacetan di Jateng Selama Arus Mudik Lebaran 2019
Sementara, potensi kemacetan terparah diprediksi terjadi di kawasan Mangkang yang menghubungkan Kabupaten Kendal dengan Kota Semarang. Kondisi itu juga akan terjadi di pintu tol, terutama exit tol Ngemplak Solo, exit tol Ngasem Boyolali, dan exit tol Weleri-Kaliwungu.

"Titik kemacetannya nanti ada di 14 ruas jalan. Paling krodit di Bawen karena di sana jarak exit tol dengan pertigaan jalan hanya 300 meter," ujarnya.

Satriyo menyarankan saat tol padat, pemudik yang akan menuju Yogyakarta dari Bawen lebih baik memilih jalan nasional Bawen-Salatiga-Boyolali-Kartasura. Sedangkan pilihan bagi pemudik dari Jakarta adalah keluar tol Weleri, kemudian masuk jalur alternatif Weleri-Temanggung-Magelang-Yogyakarta.

"Jalannya sudah bagus, lebarnya tujuh meter. Sangat layak dilewati. Tapi kalau bisa jangan malam hari karena penerangan belum maksimal," jelas dia. 


3. Jalur alternatif masih kekurangan ribuan lampu penerang jalan
14 Titik Kemacetan di Jateng Selama Arus Mudik Lebaran 2019
Satriyo tak memungkiri, saat ini sejumlah jalur alternatif memang masih kekurangan lampu penerang jalan. Dari kebutuhan ideal sebanyak 9.800 lampu penerang jalan umum (PJU), saat ini baru terpasang 4.800 lampu.

"Jadi masih kurang 5.000 lampu lagi," ujarnya. 

Untuk menyiasatinya, pihaknya sudah menginstruksikan petugas di lapangan memperbanyak pemasangan delineator atau patok jalan yang mudah memantulkan cahaya di pembatas jalan.

"Paling tidak itu sangat membantu perjalanan di jalur alternatif. Meski jalanan gelap, namun pengemudi masih bisa melihat lebar jalannya," tandasnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 14 Titik Kemacetan di Jateng Selama Arus Mudik Lebaran 2019 Sri Mulyani: Revisi Aturan THR dan Gaji ke-13 Diumumkan Dua Hari Lagi 

- 14 Titik Kemacetan di Jateng Selama Arus Mudik Lebaran 2019 [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

- 14 Titik Kemacetan di Jateng Selama Arus Mudik Lebaran 2019 Dear Pengantin Baru, Ini 5 Cara Luluhkan Hati Mertua di Bulan Ramadan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di