alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdcc3b28d94d031b81ef160/5-fakta-unik-kapulaga-dari-nutrisi-hingga-efek-samping

5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping

5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping

Rempah-rempah merupakan salah satu komoditi penting dalam pangan. Kapulaga adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki harga tinggi di pasar Internasional. Bumbu dapur yang sering digunakan dalam masakan India dan Timur Tengah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Keunikan kapulaga harus kamu ketahui. Selain nutrisi yang dikandung, ternyata ada efek samping yang bisa saja timbul saat mengonsumsi kapulaga.

Berikut fakta-fakta unik dari kapulaga ini kami rangkum sebagai hal yang menarik untuk diketahui.


1. Bahan penyedap dan pengawet makanan
5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping
Kapulaga memiliki wangi yang dapat membuat masakanmu istimewa. Setiap masakan yang dipadukan dengan kapulaga memiliki citarasa yang berbeda. Masakan India dan Timur Tengah selalu menggunakan kapulaga sebagai bahan bumbu utama.

Rasanya yang harum dapat menyerap bau amis pada daging yang akan dimasak. Kamu juga dapat mengolah kapulaga menjadi minuman yang menghangatkan. Untuk yang suka masakan bakar-bakaran harus coba menggunakan kapulaga agar masakan lebih enak dan tidak bau amis. Kapulaga dapat dijadikan sebagai bahan pengawet makanan alami juga.


2. Mengobati berbagai penyakit
5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping
Selain sebagai penyedap makanan, kapulaga dibutuhkan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan penyakit. Pengobatan tradisional selalu menambahkan kapulaga pada racikan herbal untuk mengobati masalah kesehatan. Rasanya yang hangat seperti mint memberikan efek baik untuk tubuh.

Penyakit seperti masalah perut, pencernaan dan mual dapat disembuhkan dengah ramuan kapulaga ini. Sifat anti inflamasi pada kapulaga dapat mengobati infeksi virus, bakteri, jamur, bronkitis, peradangan pada mulut dan faring, masalah kardiovaskuler, sakit kepala, hingga menambah nafsu makan.


3. Mengandung kalsium, mangan, protein, lemak dan zat lainnya
5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping
Menurut para ahli gizi, satu sendok kapulaga bubuk mengandung 6 kalori, 1 gram lebih karbohidrat dan kurang dari 1 gram protein dan lemak. Kandungan mangan pada kapulaga mengandung manfaat banyak untuk tubuh.

Selain itu, kapulaga memberikan sedikit kalsium dengan jumlah 7,7 mg dan kalium sebanyak 22,4 mg. Magnesium dan fosfor dalam jumlah kecil dimiliki pula oleh kapulaga. Meskipun rasanya hangat, ternyata kapulaga mengandung vitamin C dosis kecil yang dapat menambah asupan gizi harianmu.


4. Waspada terhadap efek samping
5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping
Kandungan nutrisi pada kapulaga diimbangi dengan efek samping untuk sebagian orang. Menurut para ahli, ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi kapulaga sebagai obat herbal. Efek samping yang terjadi beresiko terhadap kandungan. Bahkan ada pula yang menggunakan kapulaga untuk aborsi. Meskipun dalam hal ini kebenaran pengaruh kapulaga terhadap aborsi masih harus diteliti.

Selain itu untuk penderita batu empedu harus menghindari mengonsumsi kapulaga dalam dosis tinggi. Zat yang terkandung dalam kapulaga bisa memicu kolik batu empedu.


5. Tips cara menyimpan agar tahan lama
5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping
Kapulaga dapat disimpan dengan baik agar tahan lama. Harganya yang mahal berbanding terbalik dengan umur simpan yang relatif mudah rusak. Kamu dapat menyimpan kapulaga pada tempat kedap udara.

Perhatikan suhu ruangan untuk menyimpan bumbu dapur seperti kapulaga ini. Tempat yang sejuk dan kering dapat membantu agar tahan lama. Kemungkinan jika disimpan ditempat kedap udara ini umurnya bisa mencapai 1 tahun.

Kapulaga harus kamu coba untuk masakanmu agar bercitarasa tinggi. Manfaatnya yang tinggi harus kamu rasakan. Tetap selalu perhatikan efek samping yang timbul pada ibu hamil dan penderita batu empedu. Semoga bermanfaat.


Sumber : https://www.idntimes.com/health/fitn...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kuda

- 5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa Lho!

- 5 Fakta Unik Kapulaga, dari Nutrisi Hingga Efek Samping Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan Puasa

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di