alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kasus ABG Ancam Tembak Jokowi Akhirnya Selesai di Luar Pengadilan
2.71 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdc3db2b840882cc3400b2e/kasus-abg-ancam-tembak-jokowi-akhirnya-selesai-di-luar-pengadilan

Kasus ABG Ancam Tembak Jokowi Akhirnya Selesai di Luar Pengadilan

Selasa 14 Mei 2019, 16:53 WIB

Kasus ABG Ancam Tembak Jokowi Akhirnya Selesai di Luar Pengadilan
Tim detikcom - detikNews



Kasus ABG Ancam Tembak Jokowi Akhirnya Selesai di Luar PengadilanIlustrasi (Ari Saputra/detikcom)

Jakarta - Kasus seorang anak berinisial RJ (16) yang mengancam Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berlanjut ke meja pengadilan. Perkara itu diselesaikan melalui proses diversi atau pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kasipenkum Kejati) DKI Jakarta, Nirwan Nawawi, menjelaskan kasus itu awalnya diserahkan penyidik Polda Metro Jaya ke Kejaksaan Negeri Jakarta Barat. Penyerahan tahap 2 dalam perkara itu dilakukan pada 24 Juli 2018.

RJ, disebut Nirwan, diduga melakukan tindak pidana seperti pada Pasal 45 ayat 4 juncto Pasal 27 ayat 4 UU ITE atau Pasal 336 KUHP terkait dengan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik kepada presiden. Setelah itu, jaksa penuntut umum melakukan proses diversi seperti tercantum dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak.

"Bahwa setelah diterimanya RJ oleh pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, sebelum perkaranya dilimpahkan ke pengadilan, penuntut umum melaksanakan proses diversi sebagaimana amanat dalam ketentuan Pasal 42 UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak," kata Nirwan dalam keterangannya, Selasa (14/5/2019).

"Keberadaan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak Nomor 11 Tahun 2012 adalah untuk melindungi dan mendidik anak yang berhadapan atau berkonflik dengan hukum agar anak tetap terlindungi dan tetap terpenuhi haknya sebagai anak dan mengupayakan pemidanaan sebagai alternatif terakhir untuk anak yang berkonflik dengan hukum," imbuh Nirwan.





Selanjutnya proses diversi dilakukan dengan menghadirkan langsung RJ, orang tua atau wali RJ, pelapor, pihak Balai Pemasyarakatan, penasihat hukum, dan pendamping. Nirwan menyebut hasilnya didapat pada Kamis, 9 Agustus 2018.

"Dari hasil pelaksanaan diversi terdapat kesepahaman pendapat terkait penyelesaian perkara anak, disepakati anak akan dikembalikan kepada orang tua untuk mendapatkan bimbingan yang lebih baik serta berkomitmen untuk melakukan pelayanan masyarakat," ucap Nirwan.

"Bahwa berita acara diversi tersebut telah ditetapkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat dengan mengeluarkan Penetapan Nomor 4/Pen.Diversi/Pid.Sus-Anak/2018/PN.Jkt.Bar yang menetapkan para pihak untuk melaksanakan diversi dan memerintahkan penuntut umum untuk menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penuntutan setelah kesepakatan diversi dilaksanakan seluruhnya," imbuhnya.




Spoiler for spoiler:

 


Biar aman harus nya kalian terlahir muka nya seperti ini

Kasus ABG Ancam Tembak Jokowi Akhirnya Selesai di Luar Pengadilan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nempu dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh totongJKW
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Yg anak ipeka itu Ya ?
profile-picture
smersh64 memberi reputasi
Takut dibata mungkin
kasihan, anak yg sudah kelwbihan konsumsi hoax
profile-picture
profile-picture
smersh64 dan suralia memberi reputasi
Biar Aman, Umurnya bikin di bawah 17 Thn, Biar di lindungi KPAI emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
smersh64 dan suralia memberi reputasi
Quote:


ihh yaa gan..ahhh

Kasus ABG Ancam Tembak Jokowi Akhirnya Selesai di Luar Pengadilan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
baksourattulang dan 4 lainnya memberi reputasi
Kan emang dibawah umur tong a.k.a anak cina ingusan alay lagi sok jago

Beda ama si HS udah 25 taun
benci cina tapi koleksi bokepnya cina semua

bagai pungguk merindukan bulan emoticon-Leh Uga

nontonnya pas magrib aja yaaa emoticon-Maaf Agan
profile-picture
suralia memberi reputasi
ngahaha nasbungtaik mewek karena usianya bangkotan
profile-picture
diehard57 memberi reputasi
Quote:


takut di caplok laut cinak selatan
mending di lepasin aja..

Quote:


Quote:


Quote:


beda perlakuan nya gan..
sekolam merasa pengaruh dari umur

Kasus ABG Ancam Tembak Jokowi Akhirnya Selesai di Luar Pengadilan

profile-picture
profile-picture
eMRidho dan tiwer memberi reputasi
Quote:


dibikin pasal ITE yg ancaman nya kena maksimum 6 tahun.
jadi bisa diversi (aturan diversi ancaman dibawah 7 tahun.

dari awal saja ancam presiden dianggapny cuma lucu lucuan.

emoticon-Ngakak

kalau kedepan ada kasus ancam ancaman, hina hinaan pelakunya bocah lagi, ini bakal jd yuriprudensi.

"ngancam presiden aja bisa diversi, anak saya kan cuma ancam orang biasa" soon

emoticon-Ngakak
profile-picture
tiwer memberi reputasi
Quote:


Quote:


Lo tau kasus 4 tahanan anak itu kagak?

https://www.hukumonline.com/klinik/d...lindungan-anak

kalo kambuhan dan udah parah ya solusi terakhir masuk LP

Fix TS BEGO
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Quote:


ente modal kasi link tanpa jelasin apa2...sok pinter bner
udah jelas pengancaman presiden itu lbh berat bisa di kenai pasal berlapis
dan bisa di kenai hukuman mati..

masi juga ngeles..


emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow
Quote:


lo lebih ngerti hukum daripada orang yang maintain hukumonline.com gitu? emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow

terus lo minta modal apa lagi? lo bisa baca sendiri kan? emoticon-Bingung

kalo cebok udah bisa sendiri belon? emoticon-Malu
Quote:


lo lebih ngerti hukum daripada orang yang di pengadilan gitu? emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow

terus lo kasi link modal itu aja? lo bisa jelasin sendiri kan? emoticon-Bingung

kalo cebok udah bisa sendiri belon? emoticon-Malu
Quote:


Lah karena gue ga ngerti, lo malah suruh gue yang jelasin? emoticon-Ngakak

Lo ini emang tolol maksimum atau bego maksimum? emoticon-Ngakak

dimana-mana satu kasus ya ga bisa dicompare patok rata gini tong, orang tilang aja bisa beda-beda dendanya emoticon-Ngakak

dan gue tanya lo tau kejahatan tuh 4 anak yang kabur itu kagak? 2x reply kagak lu jawab emoticon-Ngakak

TS kaga cape apa jadi orang bego? emoticon-Ngakak

buang-buang oksigen aja lu hidup di dunia emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nempu dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Lah karena loe ga ngerti, lo malah BACOD gak bs yang jelasin? emoticon-Ngakak

Lo ini emang tolol maksimum atau bego maksimum? emoticon-Ngakak

dimana-mana satu kasus ya ga bisa dicompare patok rata gini tong, orang tilang aja bisa beda-beda dendanya emoticon-Ngakak

asli ngakak tingkat wawasan cuma tau tilang..kliatan bgt bocah geng motor nya..ngeng..ngeng..ngeng

dan gue tanya lo tau kejahatan tuh anak yang tembak kowi itu kagak? 2x reply kagak lu jawab emoticon-Ngakak

bocah kaga cape apa jadi orang bego? emoticon-Ngakak

buang-buang oksigen aja lu hidup di dunia emoticon-Najis

emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow
profile-picture
sosismalam memberi reputasi
Quote:


Kasus ABG Ancam Tembak Jokowi Akhirnya Selesai di Luar Pengadilan

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
dajalbingung dan youdoyouknow memberi reputasi

Base On The Real Life Event

Diubah oleh smersh64
Balasan post totongJKW
ngoahaha dibela2in cari artikel... goblok akut
profile-picture
profile-picture
nempu dan xneakerz memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di