alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Eksplorasi Budaya dan Sejarah Kerajaan Korea di Kota Suwon
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdc027a82d495640d4c493c/eksplorasi-budaya-dan-sejarah-kerajaan-korea-di-kota-suwon

Eksplorasi Budaya dan Sejarah Kerajaan Korea di Kota Suwon


Jalan-jalan ke Korea Selatan paling Agan dan Sista cuman kepikiran keliling Seoul atau Busan dan segala landmark-landmark terkenal yang sering kita lihat di drama Korea. Padahal masih banyak tempat menarik di Korea Selatan yang bisa kita eksplor. Memang wisata Korea identik dengan hallyu wave, jalan-jalan ke agensi K-Pop, belanja merchandise K-Pop, tapi nggak banyak yang sadar kalau wisata sejarahnya menarik banget buat dijelajah. Kota mana yang harus ada di bucket list jalan-jalan Agan dan Sista? Yup, Kota Suwon! Kota Suwon sendiri menjadi salah satu pilihan CNN sebagai 50 tempat indah yang harus dikunjungi di Korea.

Kaskus mendapat undangan dari ONEWORLD TDICuntuk menghadiri presentasi pariwisata Kota Suwon, ONEWORLD TDIC selaku agensi pariwisata yang melayani pariwisata kelompok saat ini fokus memperkenalkan paket tur halal Kota Suwon. Mengingat Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, membuat ONEWORLD TDIC tertarik menyediakan paket tur halal Kota Suwon ini ke Indonesia.

Jadi apa saja yang bisa kita jelajahi di Kota Suwon?

Suwon Hwaseong

Eksplorasi Budaya dan Sejarah Kerajaan Korea di Kota Suwon

Sumber: Wikipedia

Suwon Hwaseong adalah kastil peninggalan Raja Jeongjo yang dikenal sebagai raja reformasi pada masa Chosun dan kastil ini merupakan kastil kebanggaan milik Korea karena sejarah dan arsitekturnya yang masih terjaga hingga saat ini. Kalau Agan dan Sista berkunjung kesini, wajib untuk foto-foto di 4 gerbang besar yang disebut Paldalmun, Hwaseomun, Janganmun dan Changnyongmun. 4 gerbang ini semua tercatat sebagai harta budaya Korea Selatan.

Hwaseong Hwaenggung Palace (Hwaseong Temporary Palace)

Eksplorasi Budaya dan Sejarah Kerajaan Korea di Kota Suwon

Sumber: KTO

Kastil ini terkenal dengan keindahan artsitekturnya, dibangun pada tahun 1789 setelah dibangun SinEubChi Suwon. Kastil ini terkenal karena sering dijadikan tempat syuting drama sejarah Korea (Sageuk drama), belum lama ini aktor terkenal Park Bo Gum baru menyelesaikan syuting di lokasi ini. Selain menelusuri peninggalan sejarah Raja Jeongjo, Hwaenggung Palace banyak menyediakan pertunjukan seni salah satunya seni bela diri 24 yang tercatat dalam buku Muyedobotongji.

Museum

Eksplorasi Budaya dan Sejarah Kerajaan Korea di Kota Suwon

Sumber: KTO

Belum lengkap bila jalan-jalan ke Suwon tanpa mempelajari sejarah budaya dan cerita historis dari peninggalan kastil Hwaseong. Ada Suwon Hwaseong Museum, Suwon Museum dan Gwanggyo Museum, di 3 museum ini Agan dan Sista bisa melihat banyak koleksi artefak dari zaman prasejarah hingga zaman modern.

Selain itu di Suwon kita juga bisa belajar sejarah industri elektronik Korea di Samsung Innovation Museum. Museum ini nggak hanya memamerkan produk terbaru dari Samsung Electronics, tapi juga memamerkan produk perusahaan lain yang berdampak besar pada industri elektronik.

Kuliner khas Suwon

Eksplorasi Budaya dan Sejarah Kerajaan Korea di Kota Suwon

Sumber: EatStretchExplore

Agan dan Sista pasti sering menyicip makanan Korea khususnya kimchi, kimbap dan tteokbokki tapi di Suwon akan beda lagi pengalaman kulinernya, karena di Suwon terkenal dengan pasar sapi yang besar pada masa kerajaan, membuat Suwon galbimenjadi makanan lokal yang paling terkenal di Suwon.

Eksplorasi Budaya dan Sejarah Kerajaan Korea di Kota Suwon

Sumber: Seoul Korean Tour

Kuliner Suwon juga terkenal dengan “Chicken Street”, di sepanjang jalan Chicken Street tersedia banyak pilihan restoran ayam goreng yang diolah secara tradisional selama lebih dari 30 tahun. Ini bukan sekedar ayam yang digoreng di manyak panas, tapi digoreng tanpa minyak di sebuah iron pot.

Suwon adalah kota yang tepat buat Agan dan Sista yang suka dengan budaya tradisional Korea, Suwon akan memberikan pengalaman baru yang nggak bisa ditemukan di kota-kota besar seperti Seoul. Waktu terbaik untuk datang ke Suwon adalah musim semi dan gugur sambil menikmati bunga sakura bermekaran dan berguguran.

Eksplorasi Budaya dan Sejarah Kerajaan Korea di Kota Suwon

Dikarenakan jarak Suwon yang terhitung jauh dari Seoul, Grace Lee selaku CEO ONE WORLD TDIC sangat menyarankan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Suwon untuk mendaftar group tour yang disediakan. Buat Agan dan Sista yang gaya perjalanannya ala backpacker ONE WORLD TDIC juga menyediakan jasa FIT (Free/Foreign Independent Tour), cukup dengan download aplikasi Aakcast - Korea Travel, Agan bisa atur sendiri paket perjalanan ke Suwon, mau hanya transportasinya sendiri juga bisa, atau gabung half day tour dengan wisatawan lain juga bisa, fleksibel cukup dengan mendaftar via aplikasi Aakcast.

Gimana, apa Suwon bakalan masuk daftar list itinerary jalan-jalan Agan di Korea?

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


profile-picture
profile-picture
zulimaulidah dan kaskus.infoforum memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
jadi pengen kesana wkwkw
menarik nih cerita nya
harus punya banyk tabungan nih
biar bisa kesana

emoticon-Jempol

konveksi tas


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di