alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Kanker paru paling sering bermetastasis ke bagian tubuh mana saja?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdbd216c82084746643bcd0/kanker-paru-paling-sering-bermetastasis-ke-bagian-tubuh-mana-saja

Kanker paru paling sering bermetastasis ke bagian tubuh mana saja?

Kanker paru paling sering bermetastasis ke bagian tubuh mana saja?

Karena merokok dan polusi udara, insiden dan kematian akibat kanker paru telah meningkat dengan cepat. Menurut data yang diumumkan oleh World Cancer Research Fund, kanker paru adalah jenis kanker dengan insiden tertinggi di dunia. Pada tahun 2018, terdapat lebih dari 2,09 juta kasus kanker paru baru, menyumbang 12,3% dari total kasus kanker pada tahun 2018. Dapat dikatakan bahwa kanker paru telah menjadi raja kanker dalam masyarakat saat ini.

Ketika kanker berkembang sampai tingkat tertentu, maka akan ada kecenderungan metastasis. Begitu juga dengan kanker paru. Jadi kanker paru paling sering bermetastasis ke bagian tubuh mana saja? Apa saja gejala metastasis ke organ yang berbeda?

Kanker paru metastasis ke otak: Sakit kepala tanpa sebab, muntah, gangguan penglihatan, dan perubahan kepribadian dan temperamen pada pasien kanker paru mungkin disebabkan oleh hipertensi intrakranial atau kerusakan saraf kranial yang dipicu oleh metastasis kanker paru ke otak. Umumnya terjadi pada jenis kanker paru sel kecil, adenokarsinoma.

Gejala kanker paru metastasis ke otak: Sakit kepala adalah gejala yang paling umum. Muntah sering terjadi ketika sakit kepala hebat, ditandai dengan muntah menyembur. Gangguan penglihatan menunjukkan bahwa tumor telah menekan atau menyerang saraf optik. Selain gejala umum di atas, kanker paru metastasis ke otak juga dapat memunculkan kekambuhan, amaurosis paroksismal, cataplexy, gangguan kesadaran, peningkatan tekanan darah, denyut nadi melambat. Dalama kasus yang parah dapat menimbulkan herniasi otak karena penekanan tumor, yang menyebabkan berhenti bernapas sehingga membahayakan hidup pasien.

Selain itu, karena penggunaan CT scan otak terhadap pasien kanker paru secara luas dalam beberapa tahun terakhir, ditemukan banyak pasien metastasis otak tanpa gejala, sehingga mendapatkan waktu untuk pengobatan. Oleh karena itu, CT scan otak terhadap pasien yang didiagnosis kanker paru, harus diklasifikasikan sebagai pemeriksaan rutin untuk mendeteksi metastasis otak sedini mungkin.

Kanker paru metastasis ke tulang: Sekitar 50% pasien kanker paru pada akhirnya akan mengalami metastasis tulang di banyak bagian tubuh. Biasanya tidak ada gejala pada tahap awal metastasis tulang, pemeriksaan scan tulang dapat mendeteksi perubahan patologis pada tulang.

Gejala kanker paru metastasis ke tulang: Gejala-gejala metastasis ke tulang berkaitan dengan letak dan jumlah metastasis tumor. Misalnya nyeri dada yang disebabkan oleh kanker paru metastasis ke tulang rusuk, sering ditunjukkan sebagai nyeri di dinding dada dengan titik nyeri yang jelas. Metastasis ke sumsum tulang belakang menyebabkan rasa sakit di tengah punggung atau letak lesi, dan metastasis ke tulang di kaki dan tangan atau batang tubuh menyebabkan nyeri lokal di bagian tersebut. Metastasis ke tulang bukanlah penyebab langsung yang mengancam jiwa pasien kanker paru, tetapi jika tumor tersebut bermetastasis ke tulang penopang tubuh seperti ruas tulang leher, tulang punggung, tulang pinggang, dapat menyebabkan konsekuensi serius seperti kelumpuhan. Karena itu, pasien kanker paru yang mengalami metastasis ke tulang harus segera diobati.

Kanker paru metastasis ke hati: Hati juga bagian tubuh yang sering menjadi sasaran metastasis kanker paru, ada sekitar 28-33% kasus kanker paru yang mengalami metastasis ke hati. Metastasis ke hati adalah sel-sel kanker dari kanker paru primer yang tanggal, lalu melalui peredaran darah menyerang hati dan tumbuh di hati. Metastasis ke hati dapat berupa metastasis tunggal atau nodular multipel.

Gejala kanker paru metastasis ke hati: Gejala yang paling umum adalah rasa sakit di daerah hati, yaitu nyeri berkelanjutan, disertai dengan kehilangan nafsu makan, gangguan pencernaan dan gejala gangguan fungsi hati lainnya.

Kanker paru metastasis ke ginjal dan kelenjar adrenal: Ginjal dan kelenjar adrenal adalah hasil dari kanker paru stadium lanjut yang mengalami metastasis melalui sistem peredaran darah. Sekitar 17% -20% pasien kanker paru mengalami metastasis ke ginjal dan kelenjar adrenal, pasien sering tidak bergejala. Sebagian pasien mungkin mengalami nyeri pada daerah ginjal, tetapi jarang mempengaruhi fungsi ginjal.

Kanker paru metastasis ke bagian lain: Selain beberapa jenis umum metastasis kanker paru yang disebutkan di atas, metastasis yang lebih jarang dijumpai adalah metastasis ke kulit, jaringan subkutan, otot, intraperitoneal, jantung dan bagian lain, dan gejalanya sering berkaitan dengan letak metastasis. Jika metastasis ke jantung, bisa muncul gejala nyeri dada, jantung berdebar bahkan sesak napas, pingsan, gangguan irama jantung dan gejala lainnya.

Kanker paru yang mengalami metastasis menandakan telah masuk stadium lanjut, kondisinya sudah sangat serius, dan harus secara aktif mengambil langkah-langkah efektif untuk mengendalikan perkembangan penyakit. Pengobatan kanker paru stadium lanjut dengan radioterapi adalah metode yang lebih baik untuk secara efektif mengontrol perkembangan penyakit dan memperpanjang hidup pasien.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di