alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdac9062525c312b715a5b3/5-tips-atasi-bibir-kering--pecah-pecah-selama-puasa

5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa

5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa

Selama menjalankan ibadah puasa, tak jarang tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain membuat tubuh kurang berenergi, dehidrasi juga bisa memengaruhi kondisi fisik. Salah satu yang paling umum adalah masalah bibir kering dan pecah-pecah.

Tapi tak perlu khawatir, girls! Supaya penampilanmu tetap kece di bulan Ramadan, berikut lima tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa.


1. Minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka
5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa
Saat berbuka puasa, kita lebih sering mengonsumsi es atau takjil manis dengan kandungan gula yang tinggi. Meskipun begitu, jangan lupa juga untuk minum air putih secara cukup ya.

Air putih ini penting dikonsumsi supaya kamu tidak dehidrasi selama menjalankan puasa. Bukan hanya dari air putih, kamu juga bisa memakan buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka atau melon untuk menambah asupan cairan dalam tubuh.


2. Perhatikan menu makan sahur
5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa
Asupan makanan yang kita konsumsi nyatanya juga berpengaruh pada kesehatan bibir. Saat berbuka dan sahur, hindari makanan pedas dan asin karena bisa membuat tenggorokan kering saat berpuasa. Hasilnya kamu akan cepat dehidrasi dan membuat bibir mudah kering.

Hindari juga mengonsumsi kopi atau soda karena minuman ini bisa membuat bibir menjadi kering. Untuk sahur dan berbuka, pilihlah makanan dengan kandungan mineral yang tinggi. Salah satunya dengan makan makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, pepaya, dan sayuran hijau. Vitamin C ini bagus untuk mencegah sariawan dan melawan bibir pecah-pecah.


3. Hindari kebiasaan menjilat dan mengigit bibir
5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa
Saat bibir kering, kadang kita reflek menjilat bibir dengan maksud membuatnya basah dan lembap. Tapi cara ini justru tidak tepat dan bisa bikin bibirmu semakin kering. Air liur memang bisa membuat bibir tampak lembap, namun itu hanya sesaat. Saat mengering, air liur ini justru bisa menguap dan menggerogoti kulit bibirmu dan membuatnya menjadi pecah-pecah.

Selain itu, jangan pula menggigit bibir dengan maksud menghilangkan kulit yang pecah-pecah dan mengelupas. Kebiasaan ini justru bisa bikin kondisi bibir semakin parah, bahkan bisa sampai berdarah, lho!


4. Gunakan lip balm dan rutin melakukan scrubbing bibir
5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa
Lip balm menjadi perawatan yang tak boleh kamu lewatkan untuk menjaga bibir tetap lembap. Terlebih bila kamu akan menggunakan lipstik, pastikan untuk menggunakan pelembap bibir terlebih dahulu. Kamu juga bisa mengulangi step ini saat bibir mulai terasa kering kembali.

Bukan hanya lipbalm, kamu juga harus rajin-rajin melakukan scrubbing bibir. Hal ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat bibirmu terlihat pecah-pecah. Kamu bisa membuat sendiri scrub bibir menggunakan campuran gula dan madu. Eits, tapi pastikan untuk melakukannya di malam hari supaya tidak bikin puasamu batal ya!


5. Hindari penggunaan lipstik matte
5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa
Saat berpuasa sebaiknya hindari menggunakan lipstik dengan hasil akhir matte. Lipstik dengan tekstur creamy bisa jadi alternatif yang pas karena sifatnya yang bisa melembapkan. Kalau tetap ingin menggunakan lipstik matte, pilih yang ada kandungan pelembap di dalamnya sehingga tak membuat bibirmu semakin kering.

Sekarang sudah tahu dong bagaimana tips menjaga kelembapan bibir supaya gak kering dan pecah-pecah saat puasa? Jangan lupa dipraktikkan ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/women/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa 5 Hal Unik tentang Itikaf Saat Ramadan yang Harus Kamu Tahu

- 5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa 5 Resep Tofu Rice Bowl, Cocok Buat Anak Kos untuk Berbuka Puasa

- 5 Tips Atasi Bibir Kering & Pecah-pecah Selama Puasa Sore-Sore Berkah: Ngabuburit Boleh Sama Pacar? 

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di