alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cda9a989775134acf501730/5-perseteruan-terpanas-dc-vs-marvel-yang-pernah-terjadi-dalam-sejarah

5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah

5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah

Layaknya Apple dan Microsoft yang merupakan dua perusahaan raksasa teknologi yang saling bersaing. Maka dunia komik dimiliki oleh Marvel dan DC yang telah bersaing sejak lama. Tak hanya komik, kini keduanya pun sukses melebarkan sayap mereka dengan mengangkat kisah superhero andalannya ke layar lebar. 

Meski persaingan keduanya saat ini cukup sehat dengan berbagai kreativitasnya, dalam sejarahnya dua rumah besar para superhero ini pernah terlibat dalam berbagai kontroversi yang cukup panas. Apa saja itu? Simak di bawah ini!


1. Hak nama Captain Marvel
5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah
Pada tahun 2019 ini, DC dan Marvel sama-sama memperkenalkan karakter superhero baru di layar lebar, Captain Marvel dan Shazam. Namun tahukah kamu jika kedua tokoh ini dulunya pernah terlibat dalam perebutan hak nama? 

Shazam sebenarnya memiliki nama awal Captain Marvel dan merupakan ciptaan dari Fawcett Publications, yang saat itu begitu populer. Bahkan hampir mengalahkan kepopuleran Superman miliki DC. Karena dianggap memiliki superpower yang menjiplak Superman, DC pun kemudian menuntut Fawcett Publications dan menang di pengadilan.

Pasca putusan itu, DC pun membeli karakter tersebut pada tahun 1972 dari Fawcett. Mereka kemudian ingin membangkitkan kembali tokoh itu, sayangnya pada tahun 1967 Marvel telah telah lebih dulu menciptakan komik berjudul Captain Marvel.

Pengadilan pun melarang DC merilis komik dengan judul Captain Marvel, namun tetap boleh menggunakan nama tokoh Captain Marvel dalam komiknya. Akibatnya, DC mengubah judul komiknya dengan Shazam. Agar tidak membingungkan pembaca, pada tahun 2011 DC akhirnya mengalah dan mengubah nama tokohnya menjadi Shazam. 

Hingga saat ini, nama karakter Captain Marvel pun hanya digunakan oleh Marvel Comic hingga akhirnya diangkat ke layar lebar pada tahun ini.


2. Komentar pedas Stan Lee kepada DC Comics
5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah
Stan Lee adalah legenda dunia komik, dari tangannya telah hadir banyak sekali karakter superhero yang kita kenal saat ini. Terlepas dari dirinya sebagai sang creator  Marvel, ia juga pernah turut berkontribusi menulis storyline komik DC berjudul Just Imagine pada tahun 2001-2002.

Namun dalam sejarahnya, Stan Lee pernah membuat sebuah sindiran pedas kepada kompetitor utamanya tersebut. Lee mengatakan bahwa DC Comik ditulis dan digambar dengan sangat buruk dan tukang meniru apa yang dibuat oleh Marvel. Akibat hal tersebut, DC dan Marvel pun terlibat perang dingin.

Salah satunya adalah saat DC menciptakan Inferior Five yang merupakan sindiran untuk Fantastic Four milik Marvel.


3. Jack Kirby pernah ciptakan parodi untuk menyindir Stan Lee
5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah
Stan Lee dan Jack Kirby adalah legenda komik terhebat dunia. Duet keduanya telah menciptakan banyak karakter superhero ikonik Marvel seperti Fantastic Four, X-Men dan Hulk. Sayangnya, kerja sama keduanya harus berakhir di era 70-an. Mengejutkannya lagi, Jack Kirby justru menyeberang ke saingan utama Marvel, DC.

Alasan Kirby hengkang dikabarkan karena dirinya sudah merasa muak diperlakukan tidak adil sebagai co-creator oleh sahabatnya tersebut. Sebagai bentuk sindirannya, Jack kemudian membuat sebuah karakter villian bernama Funky Flashman di komik Mister Miracle Vol.1 #6 tahun 1972.

Funky Flashman digambarkan sebagai sosok yang haus uang, sedangkan Marvel digambarkan sebagai ladang perbudakan. Hal ini kemudian membuat Stan Lee sakit hati dan akhirnya memutuskan tidak memelihara brewok khasnya saat itu agar tidak terlihat seperti Funky Flashman.


4. Kontroversi Wonder Man
5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah
Dari namanya saja kita bisa mengetahui jika karakter milik Marvel ini tampak meniru sosok Wonder Woman milik DC yang memang lebih dulu terlahir. Meski memiliki kekuatan yang agak berbeda dari Wonder Woman, hal ini tetap membuat DC pada akhirnya menuntut Marvel.

Tak ingin berlarut-larut, Stan Lee pun mengalah dan mematikan karakter Wonder Man yang bernama Simon Williams tersebut. Anehnya, pada tahun 1976 DC justru memunculkan karakter Power Girl. Padahal sebelumnya nama Power Man telah dimunculkan oleh Marvel. Power Man adalah sosok yang nantinya berganti menjadi Luke Cage.

Akibat tindakan tersebut, Stan Lee pun kemudian membalas dengan menghidupkan kembali karakter Wonder Man dan hingga saat ini masih menjadi karakter Marvel Universe.


5. Crossover karakter komik DC dan Marvel yang gagal total
5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah
Meski sempat terlibat kontroversi, DC dan Marvel pernah saling bekerja sama untuk menghadirkan crossover perdana Justice League dan The Avengers pada era 80-an. Project ambisius tersebut awalnya tampak baik-baik saja. Sayangnya, dalam prosesnya semuanya menjadi kacau balau.

Hal itu bermula dari creator The Avengers, George Perez menyalahkan DC dan Marvel yang sengaja mengulur-ngulur waktu perilisan komik tersebut. Padahal Perez telah menulis seluruh koncep crossover tersebut selama dua tahun.

Hal ini pun kemudian berbuntut panjang dengan perang komentar antara dua editor in-chief Marvel dan DC. Jim Shooter dan Dick Giordino kala itu saling menyalahkan satu sama lain terkait outline story crossover project besar itu. Pada akhirnya crossover perdana itu gagal total dan dibatalkan. Jim Shooter kemudian meninggalkan Marvel dan perseteruan keduanya pun mereda.

Itulah lima kontroversi besar yang pernah melibatkan DC dan Marvel. Kalau kamu fans mana nih?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/entert...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah 6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia

- 5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah Russo Brothers Ungkap Nasib Para Avengers Usai Endgame, Ini 4 Faktanya

- 5 Perseteruan Terpanas DC Vs Marvel yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah 8 Aktor Ini Mengakhiri Karier Mereka di Marvel Comic Universe

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di