alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Turun Kaki saat Naik Motor, Kaki Kiri atau Kanan yang Benar Gan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cda73b5e83c72343b564a3d/turun-kaki-saat-naik-motor-kaki-kiri-atau-kanan-yang-benar-gan

Turun Kaki saat Naik Motor, Kaki Kiri atau Kanan yang Benar Gan?

Turun Kaki saat Naik Motor, Kaki Kiri atau Kanan yang Benar Gan?

Salam satu aspal gaan..

Turun Kaki saat Naik Motor, Kaki Kiri atau Kanan yang Benar Gan?

Ketemu lagi sama ane papaganteng212.. hehe, sekarang ane mau bahas soal naik motor yang sudah jadi kebutuhan kita sehari-hari. Tapi, ada hal sepele saat kita berkendara motor yang kadang terlupakan. Salah satunya adalah tata cara benar saat turun kaki.

Turun kaki entah itu kaki kanan atau kiri saat motor dalam posisi berhenti itu ada tata caranya. Kaki mana yang dianggap paling sesuai dari kacamata safety riding?

Jusri Pulubuhu, pakar keselamatan berkendara dan juga Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, idealnya saat turun kaki maka yang digunakan ialah kaki kiri, sedangkan kaki kanan tetap di foot step.

"Pertimbangannya kalau di motor sport atau motor laki rem belakang ada di posisi kanan. Jadi untuk berjaga-jaga. Lantas bagaimana dengan motor matik yang rem-nya di tangan, tidak apa-apa kaki kiri juga yang turun," kata Jusri.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda Jakarta-Tangerang menambahkan, alasan kaki kiri yang turun dan kaki kanan berjaga untuk menginjak rem belakang supaya tangan bisa lebih leluasa.

"Dalam teknik safety riding Honda ketika motor dalam keadaan berhenti maka pengendara disarankan untuk menurunkan kaki kiri, karena kaki kanan berfungsi untuk menginjak rem belakang sehingga tangan bisa beraktifitas dengan aman tanpa khawatir sepeda motor maju ke depan," kata Agus.

Hal ini berguna saat motor berada di tanjakan atau turunan. Sebab di tanjakan, pengendara yang hanya memakai rem depan akan kesulitan saat mau memutar gas. Terutama jika memakai motor kopling, dikhawatirkan motor akan mudur.

"Jika menggunakan motor matik dapat mengunci rem dari stang sebelah kiri namun tetap turun kaki kiri karena lalu lintas Indonesia lajur sebelah kanan adalah untuk mendahului, jadi kaki kanan harus tetap berada di atas sepeda motor," katanya.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
emoticon-2 Jempol:
emoticon-Shakehand2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di