alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Melalui cara apa kanker bermetastasis?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cda68cdc8208455a07684af/melalui-cara-apa-kanker-bermetastasis

Melalui cara apa kanker bermetastasis?

Melalui cara apa kanker bermetastasis?

Kanker sulit disembuhkan terutama karena metastasis dan penyebaran kanker. Sebagian besar penyebab kanker menimbulkan kematian juga karena metastasis dan penyebaran kanker. Menurut data statistik yang relevan, 90% kematian akibat kanker berhubungan dengan metastasis kanker. Jadi, melalui cara apa kanker bermetastasis?


Sebelum menjelaskan cara sel kanker menyebar dan bermetastasis, pertama-tama kita harus memahami apa itu penyebaran dan metastasis sel kanker. Penyebaran dan metastasis sel kanker sebenarnya adalah sel-sel kanker mengatasi perlekatan antar sel. Memasuki sistem peredaran darah kita dan mencapai organ tubuh lainnya dengan bantuan sistem peredaran darah. Pada akhirnya, proses regenerasi dan kolonisasi pada organ lain adalah proses penyebaran dan metastasis sel kanker. Sederhananya yaitu mulai tumbuh tumor di tempat lain selain di tempat awal tumor tumbuh, ini berarti tumor utama telah menyebar.


Cara kanker bermetastasis?


1. Invasi langsung. Kanker terus tumbuh dan dapat langsung menyerang jaringan dan organ di sekitarnya. Contohnya kanker rektum, kanker rektum dapat menyerang kandung kemih, uretra, levator ani, kulit di sekitar dubur, prostat pada pria, vagina dan rahim pada wanita, dan lainnya.


2. Metastasis melalui sistem limfatik. Ada banyak jaringan limfatik dan saluran limfatik di tubuh kita. Jaringan limfatik milik sistem kekebalan tubuh yang awalnya dapat menghancurkan tumor. Namun, sel-sel tumor lolos dari serangan sel-sel imun melalui berbagai cara, bahkan membuat sel-sel imun membantu kanker untuk bermetastasis. Melalui saluran limfatik, sel-sel kanker dapat bermetastasis ke kelenjar getah bening di dekatnya, bahkan kelenjar getah bening yang jauh letaknya. Sebagai contoh, kanker payudara dapat bermetaastasis ke kelenjar getah bening aksila, kelenjar getah bening subklavia, bahkan kelenjar getah bening pada klavikula.


3. Metastasis melalui sistem peredaran darah. Ketika sel kanker tumbuh sampai tingkat tertentu, mereka akan tanggal dan memasuki pembuluh darah di sekitar kanker. Kemudian mengikuti darah mengalir ke berbagai jaringan dan organ di seluruh tubuh, jadi organ yang kaya akan suplai darah mudah menjadi sasaran metastasis. Misalnya metastasis ke hati, paru, otak dan tulang.


4. Metastasis transcoelomic. Jika sel-sel kanker tanggal dari permukaan tumor, “jatuh” ke rongga dada, perut, dan serebrospinal, mereka akan "berakar dan bertunas". Karena adanya gravitasi, umumnya terjadi di bagian bawah rongga berikut: sudut kostofrenikus, lubang kandung kemih dubur, pangkal tengkorak.


Karena pembelahan dan proliferasi sel kanker yang terus menerus, fenomena metastasis akan terjadi setelah kanker berkembang sampai batas tertentu. Begitu kanker bermetastasis, tumor yang tadinya dapat diangkat dengan mudah melalui operasi, menjadi tidak dapat dioperasi lagi karena metastasis kanker. Tidak hanya menimbulkan lebih banyak penderitaan kepada pasien, tetapi juga meningkatkan kesulitan pengobatan kanker. Karena itu, poin utama pengobatan kanker adalah deteksi dini dan pengobatan dini. Selain itu, skrining rutin adalah metode penting untuk mencegah dan mengobati kanker.

Sumber artikel:http://www.cancercenter.co.id/berita-kanker/5152.html
Diubah oleh modencancercant
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di