alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Wartawan, Pekerjaan Yang Menguras Pikiran Tapi Sering Dilupakan
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cda5eab26377252733f5832/wartawan-pekerjaan-yang-menguras-pikiran--tapi-sering-dilupakan

Wartawan, Pekerjaan Yang Menguras Pikiran Tapi Sering Dilupakan

Sang pemburu berita atau biasa disebut insan pers ini memiliki pekerjaan yang unik bahkan tidak ada duanya. Sebelum ane menjelaskan seperti apa pekerjaannya dan kenapa menguras pikiran, ane mau jelasin dulu perbedaan wartawan, jurnalis dan reporter.

1. Wartawan biasanya sebutkan untuk mereka yang bekerja di media cetak harian atau media on line.
2. Jurnalis itu sebenarnya sama kaya wartawan cuman ini lebih elegan aja, tugas dan kewajibannya sama, mencari berita.
3. Reporter itu biasanya buat mereka yang di media elektronik, seperti tv dan radio.

Hehehehehe. Itu sih pendapat ane, tapi kalau agan beda engga papa sih. Perbedaan menjadikan kita bersama.

Wartawan, Pekerjaan Yang Menguras Pikiran Tapi Sering Dilupakan sumber : lampungpro.com

Nama wartawan juga suka dipermalukan dengan sesama rekannya. Biasanya wartawan mingguan yang sengaja memeras untuk kepentingan pribadi. Modusnya berbagai macam, intinya mereka meminta imbalan agar berita tidak di tulis. Kalau nemu kaya gini laporin aja gan ke polisi, sudah masuk ranah kriminal.

Wartawan sendiri memiliki masing - masing pos.

Ada yang ditempatkan di birokrasi. Biasanya ngepos di kantor, bupati, wali kota, dinas atau kementrian.

Ada yang ditempatkan di kriminal. Biasanya ngepos di Polres, Polresta, Kodim, Korem, Polda atau mabes Polri. Biasanya wartawan kriminal ditempatkan dimana pun yang ada kaitannya dengan kriminal, termasuk kecelakaan dan demo

Ada yang ditempatkan di bidang ekonomi dan bisnis. Nah wartawan ini ngeliputnya di Mall, restoran, dan hal apapun yang berkaitan dengan ekonomi bisnis.

Kerja jadi wartawan itu sangat luar biasa menguras pikiran, kenapa menguras pikiran????. Bayangkan gan, tidak semua wartawan lulusan ilmu komunikasi, ada yang dipertanian, teknik, guru dan sebagainya. Mereka dipaksa untuk mengusai ilmu yang bukan bidangnya, bahkan harus menggali isu lebih dalam, jika isu itu menarik. Ane tidak pernah bayangkan sarjana bahasa inggris harus ngeliput soal kriminal, terpaksa mendadak jadi sarjana hukum, karena berkaitan dengan pasal - pasal. Apalagi wartawan di daerah atau biasa disebut kontributor, mereka harus meliput tindak kriminal, ngeliput perbankan, ngeliput soal politik, kebayang engga gan. Multi talent bangeeettt kan.

Tapi seorang wartawan memiliki kelebihan tersendiri, pertama mendapatkan informasi yang sangat jelas, memiliki teman yang banyak, supel bergaul, pandai berkomunikasi, dan yang pasti ilmunya banyak banget. Ilmu itu belum tentu bisa di dapatkan ditempat lain, selain menjadi wartawan.

Tapi wartawan sering dilupakan. Iya atau tidak wartawan itu saksi hidup sebuah sejarah. Bayangkan ada wartawan seperti Rosihan Anwar yang menjadi saksi di era kemerdekaan sampai pembangunan Indonesia. Ketika informasi tersampaikan ke masyarakat, itu merupakan sebuah kenikmatan tersendiri. Masyarakat dan pemerintah tinggal menikmati. Tapi ketika informasi buruk tersebar, maka wartawan mendapatkan intimidasi.

Ditunggu komentarnya gan. Atau boleh berbagi pengalaman dan cerita. Trima kasih

profile-picture
profile-picture
harajuku911 dan mhmmd08 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
jaman sekarang nongkrongin twitter udah bisa dapet berita emoticon-Ngakak
profile-picture
dafdiv11 memberi reputasi
Jangan lupakan wartawati juga gan
wartawan = bela org banyak tp sering lupa bela diri sendiriemoticon-Mewek
Diubah oleh elpxycongroo
Quote:


Wartawan tribun & rmol kalo di forum BP emoticon-Ngakak
profile-picture
KasMilanistiKus memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
menguras pahala juga kah emoticon-Embarrassment
profile-picture
gaalaang memberi reputasi
Jadi wartawan itu ada enaknya, ada engganya. Bapak ane wartawan, dulu sering ke luar negeri sama fasilitasnya enak-enak klo lg ngeliput bareng pejabat. Ngga enaknya sih klo gaji ya standar aja, apalagi sekarang suka dituduh yg engga-engga, untung bapak ane udah pensiun
Diubah oleh k1iler
Wartawan bodrek termasuk kah?hmmmemoticon-Smilie
K4L1AN DAR1 T1V1 M4NA?!?
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Wartawan kayak pisau ber eyes dua,
Kadang dianggap bak pahlawan karena hasil liputannya yg bermani dan bagus.
Kadang juga dianggap sumber masalah ketika kelakuannya atau hasil liputannya dianggap kaga bener.
Yah itulah wartawan...

Selamat hari wartawan sedunia... *eh...
Ane coba liat dari pandangan luasnya aja ya gan..

Kayanya semua bidang pekerjaan saat ini emang bener2 menguras tenaga & pikiran deh. Karena kita tau sendiri lah, jumlah populasi kita makin banyak, sedangkan banyak lintas bidang kemampuan dengan pekerjaannya. Ini sih banyak ya contoh di sekitar kita bahkan temen kita sendiri ada yg kerjaannya sekarang jstru di luar bidang penguasaannya (jurusan kuliah)

Krn makin kesini semua itu serba bersaing gan, tanpa liat derajat, background, dsb. Tapi bagaimana kita bisa SURVIVE dari persaingan tsb.

Alhasil.. Banyak diantara kita terpilih yang tangguh dibanding mereka yang akhirnya nyerah sama kerasnya persaingan saat ini (resign), bahkan termasuk ane yg dulunya idealis sama kerjaan, tapi lama2 enjoy karena ya itu tadi, emang udah jadi kerjaan ya mau gimana lagi, resign pun jg sukur2 kalo punya skill usaha, kalo ga punya? Ya mau ga mau kita pertahankan apa yg bisa kita lakukan saat ini, karena kembali lagi ke poin diatas, banyak orang yg "nyerah", & disaat banyak yg "nyerah" itulah kita selangkah lebih naik lagi derajatnya/karirnya emoticon-Big Grin

Pokoknya tetap enjoy & bersyukur di segala medan aja.. hehehe
Diubah oleh anitsuya
kerjaan yg melelahkan
Musim pemilu wartawan kaya mendadak bre
judulnya kurang tepat. harusnya:
Wartawan, Pekerjaan Yang Kuras Pikiran Tapi Sering Dilupakan
emoticon-Cool
Diubah oleh akubukanjoni
hidup pers mahasiswa emoticon-Blue Guy Peace
Wartawan resikonya gede juga euy, apalagi kalau ngeliput kerusuhan emoticon-Turut Berduka
izin gembok breemoticon-Big Kiss
Jadi lebih terkenal Beritanya, di bandingkan orangnya emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di