alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cda4940a2d19547f727b87e/4-takjil-ini-hanya-bisa-kamu-nikmati-di-daerah-asalnya

4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya

4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya

Kuliner khas Ramadan yang cukup beragam bisa kamu temukan di berbagai sudut pusat perbelanjaan. Namun ada beberapa sajian yang hanya ada di daerah tertentu dan tak bisa kamu temui selain kota asalnya. Sajian ini ada karena warisan turun temurun dan resep pembuatannya hanya warga setempat yang mengetahuinya. 

Penasaran kuliner apa saja yang hanya ada di daerah asalnya? Berikut sajian khas kuliner dari berbagai daerah di bulan Ramadan. Siap-siap bikin perutmu bergoyang ingin menyantapnya!


1. Gulai siput dari Riau
4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya
Kuliner yang berasal dari Riau ini banyak digemari. Layaknya gulai lainnya yang memiliki tekstur kuah kental, yang membedakannya ialah komposisi bahannya yang menggunakan siput khusus dengan ukuran kecil. Gulai siput jadi santapan nikmat yang disajikan saat berbuka puasa dengan nasi hangat. 

Bahannya pun sangat mudah. Berasal dari santan, parutan kelapa, bawang merah, bawang putih dan jeruk nipis. Campurkan siput dengan bahan tersebut. Rebus hingga mendidih dan siap disajikan. 


2. Sate susu cuma ada di Bali
4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya
Menilik dari namanya, namun bukan sate yang terbuat dari susu melainkan yang dibuat dari puting sapi. Sate ini hanya bisa kamu temukan di Bali tepatnya di Kampung Jawa. Masyarakat muslim di Bali terbiasa menyantap sate susu saat Ramadan. 

karena bahannya tergolong langka dan sulit maka harganya pun tergolong mahal. Pembuatannya layaknya sate pada umumnya dan menggunakan kacang sebagai bahan dasar bumbunya sebelum dipanggang. 


3. Kue kicak yang hanya kamu temukan di Yogyakarta
4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya
Warga Yogyakarta juga punya santapan khas berbuka puasa. Kicak, panganan yang terbuang dari singkong ini cuma bisa kamu temukan di bulan Ramadan tepatnya di Kampung Kauman, Yogyakarta. 

Terbuat dari parutan singkong yang dibalut dengan daun pisang kemudian dikukus hingga matang. Setelah dingin, kicak dipotong berbentuk kotak dan dimasukkan ke dalam air gula yang mendidih. Setelah 30 menit kicak siap diangkat dan dihidangkan.


4. Sotong Pangkong adanya di Pontianak
4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya
Pontianak juga memiliki makanan khas Ramadan yang tak kalah nikmat yakni Sotong pangkong. Masyarakat Pontianak biasnya menyantap makanan ini jika sudah masuk minggu akhir Ramadan. 

Kuliner ini terbuat dari cumi yang dikeringkan dan dipanggang kemudian dipipihkan. Penyajiannya cukup unik, yakni dibalur dengan sambal kacang ataupun sambal ebi sebagai sausnya.

Bagaimana, apa kamu sudah merasakan kuliner khas Ramadan dari salah satu daerah diatas? Jika belum, patut dicoba lho jika berkunjung ke salah satu kotanya!


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya 5 Tips Tetap Bugar di Kantor Meski Puasa, Simpel dan Anti Lemas

- 4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya Resep Takjil Segar: Es Kelapa Muda Jeruk Gula Merah

- 4 Takjil Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati di Daerah Asalnya Baiknya Hindari, Ini 5 Godaan yang Sering Muncul Saat Berpuasa!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di