alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / Games / Games /
Gaming Over The Years
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cda43847414f576b02cf60e/gaming-over-the-years

Gaming Over The Years

Gaming Over The Years

Dunia game tumbuh dan berkembang layaknya manusia. Perkembangan game dimulai dari awal kemunculannya tahun 1972 melalui sebuah game bernama Pong (dilansir dari idntimes).Perkembangan game perlahan bergerak dan menjadi sangat populer di tahun 1980an. Arcade game mengawali debut dan masuk menciptakan dunia game serta mulai mendapatkan komunitasnya. Hingga saat ini, game tetap menjulang kesuksesan dengan berbagai kemasan baru dari tahun ke tahun. Game PC, Console, online game, hingga esport menjadi begitu populer. Tapi tahukah kamu bagaimana perkembangan dunia game sampai ke titik seperti sekarang? Mau coba intip dan lihat lagi kilas balik kepopuleran ikon – ikon game di masanya? Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1980-an

Arcade game merupakan jenis permainan yang mulai terkenal di awal tahun 1980-an. Ada yang tidak tahu Tetris? Dijamin semua pasti tahu dengan permainan unik yang satu ini. Bahkan mereka yang mengaku bukan gamers pun, pasti tahu dengan game ikonik ini.
Tetris mulai dikenal bersama dengan kepopuleran arcade game. Toko dan tempat gaming berbayar yang dipenuhi dengan banyak mesin arcade games pasti punya permainan ini. Tidak hanya tetris, buat kamu yang masih ingat, pasti kenal dengan game Street Fighter dan Pacman. Game – game ini bahkan masih eksis hingga sekarang.

1990-an

Menjelang tahun 1990, game konsol mulai berkembang mengiringi kepopuleran arcade games saat itu. Jika para gamers harus ke kafe atau gaming center untuk bermain, game konsol memberikan kemudahan lain. Gamers bisa leluasa memainkannya di rumah bersama teman terdekat mereka. Ada Nintendo dan Sega yang terkenal dikalangan gamesters  saat itu.
Berbicara tentang Nintendo dan Sega, game Super Mario dan Sonic The Hedgehog pasti tidak akan ketinggalan untuk dibahas. GameSuper Mario sangan ikonik di masanya. Game ini punya backsound yang pasti masih kamu ingat sampai sekarang. Bahkan masih banyak diantara kita yang mencari game ini secara online. Itu kalo kita berbicara Nintendo.
Jika kita mengintip kilas balik Sega, pasti masih ingat dengan karakter landak berwarna biru dari game Sonic The Hedgehog. Sonic The Hedgehog merupakan salah satu game populer yang menjadi maskot Sega pada saat itu.
Di tahun 1999, muncul pepsiman yang juga digilai para gamers saat itu. Game ini di angkat untuk konsol playstation. Ditahun – tahun inilah kita mulai mengenal eksistensi rental PS. Hayoo siapa yang waktu kecil nginep nya di rental PS?

2000-an

Kesuksesan game konsol terus naik hingga tahun 2000an. Bahkan kepopulerannya sedang dalam puncak – puncaknya. Seiring dengan itu, teknologi komputer dan internet mulai menjajaki pasaran Indonesia. Perkembangan ini memberikan warna baru bagi dunia game.
Berbagai game PC mulai bermunculan, diantaranya The SimsWarcraft, Plants vs Zombies dan masih banyak lagi. Warcraft untuk PC muncul di tahun 2004 menyusul The Sims yang sudah lebih dulu masuk di awal tahun 2000. The sims menjadi ikonik game PC di era 2000-an. Kepopulerannya disusul oleh Plants vs Zombies yang keluar pada tahun 2009 dan menjadi favorit para gamers. Ada yang masih ingat mainin game ini di PC sekolah?

2010-an

Perkembangan teknologi seperti internet, komputer, telpon genggam, dan berbagai device elektronik lainnya mengawali pertumbuhan game di tahun 2010-an. Game online dan mobile game mulai naik ke permukaan. League of Legends (Lol), Ragnarok, AOV, Mobile Legends, dan berbagai jenis game lainnya mulai bermunculan.
Dibeberapa tahun terakhir, banyak sekali turnamen esports diadakan di Indonesia. Komunitas game yang sebelumnya memang sudah ada mulai terlihat eksistensinya. Kehadiran game terbaru juga lebih cepat dari sebelumnya seriring dengan cepatnya perkembangan teknologi devices, OS, dan internet.

Terlihat jelas bahwa berbagai sisi telah mempengaruhi pesatnya perkembangan game di dunia khususnya Indonesia. Tidak hanya substansi game yang menjadi semakin kompleks, tetapi juga konsol nya yang semakin canggih. Kualitas dan peranannya juga semakin berkembang dalam membentuk komunitas. Bagaimana menurut kamu, gamesters?


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kangen main Game Dindong arcade.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
beruntung lahir di era 80an akhir emoticon-Big Grin
jadi sempet merasakan nintendo dan sega..
trus naek ke playstation..
trus pc gaming..
sekarang smartphone gaming..
emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
pasargameid dan ilotino memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di