alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tanya Jawab Lagi Yuk Soal Puasa & Sedekah di Assalamualaikum Ustadz!
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cda3969a2d19543504748df/tanya-jawab-lagi-yuk-soal-puasa-amp-sedekah-di-assalamualaikum-ustadz

Bagaimana Bersedekah Pada Non Muslim? Dengerin Jawabannya di Assalamualaikum Ustadz!

ASSALAMUALAIKUM AGAN & SISTA

Setelah mengumpulkan pertanyaan dari Agan dan Sista, Tim KASKUS Podcast segera meluncur ke kantor Dompet Dhuafa yang ada di daerah Warung Buncit, Jakarta Selatan. Di sana, kita bertemu langsung dengan Ustadz muda Hardy Agusman yang ternyata sering membahas ‘cinta’ di setiap ceramahnya. Duh, jadi pengen nanya soal jodoh nih.

Tanya Jawab Lagi Yuk Soal Puasa & Sedekah di Assalamualaikum Ustadz!

Cuman karena topik kita tentang puasa dan sedekah, Ustadz Hardy tetep bakal menjawab kok pertanyaan Agan dan Sista. Dan serunya, ada yang nyerempet-nyerempet dikit tentang jodoh nih. Bisa aja ya Ustadz Hardy bikin kita jadi baper. Nah, buat Agan dan Sista yang penasaran jawaban-jawaban Ustadz Hardy, monggo disimak podcast Assalamualaikum Ustadz kali ini.


Nah buat Agan dan Sista yang namanya disebut, kalian berhak mendapatkan badge dari Podcast KASKUS.
Terima kasih & Selamat Mendengarkan!


emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio


Quote:
Diubah oleh kaskus.podcast
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Boljug. Mikirin dulu ah apa pertanyaanya emoticon-Ngacir
Assalamualaikum Ustadz
Mau nanya nih, secara Agama apa boleh kita bersedekah kepada non muslim yang gak mampu Ustadz?
profile-picture
profile-picture
ardhianard dan vitawulandari memberi reputasi
gak semuanya dapat badge ya nih
Assalamualaikum ustadz..
Tadz, ane mau nanya..
1. Kenapa sholat sunnah ada yg boleh di jamaah-in dan ada yg tidak? Misal untuk shalat tarawih dan witir boleh, tapi sholat rawatib dan sholat fajar kok kagak boleh? Atau sebenarnya boleh juga ya?
2. Untuk penentuan awal puasa dan Ramadhan, kenapa kita masih menggunakan cara melihat bulan? Sedang untuk penentuan waktu sholat harian kita sudah menggunakan perhitungan (tidak lagi melihat pergerakan matahari). Kenapa bisa begitu ya?

Mohon dijawab ya Tadz, supaya rasa keingintahuan ane ini terobati..
Maap pertanyaannya agak melenceng, kan yg penting masih ada benang merahnya sama bulan puasa..emoticon-Ngakak (S)

Jazakallah..
profile-picture
profile-picture
mntnblacklotus dan vitawulandari memberi reputasi
Diubah oleh powerpunk
Assalamualaikum Ustadz
Ustaz, katanya sedekah lebih utama dilakukan pada bulan Ramadhan. Memang apa hubungannya antara sedekah dengan puasa Ramadhan?
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Quote:
profile-picture
lauraaa memberi reputasi
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalamualaikum Ustadz, mau tanya, jika kita mengalami mimpi basah dan keluar air mani apakah kita wajib untuk mengqadla puasanya di hari yang lain? Terima kasih.
Balasan post edsixteen
Wa'alaykumsalam warahmatullahi wabarakatuh

ikut jawab.
hadistnya bisa pake dalil ini.

"man salama muslimuna billisanihi wa yaddih"

kalo Al Qur"annya di surah Al-Mu'minun

Hukumnya wajib. jika tidak kita tolong maka kita durhaka membiarkan saudara sesama manusia. bahkan kata nabi "falaysa minna" artinya bukan golongan ummatku.


Balasan post britcheese
Waalaykum salam bantu jawab
puasanya tidak batal. asalkan tidak disengaja. cuman sekedar saran ketika mandi wajib haruslah hati2 sebab sedang puasa.
kitabnya saya lupa. mungkin di bidayatul hidayah karangan imam alghazali.
Balasan post powerpunk
Wa'alaykum salam bantu jawab

sebenarnya semua sholat sunnah itu di sunnahkan atau dianjurkan khusus untuk di rumah baik perempuan atau laki2.dalilnya di hadist

عن زيد بن ثابت رضي الله عنه أنّ رسول الله صلى الله عليه وسلّم قال : (( عَلَيْكُمْ بِالصَلَاةِ فِيْ بُيُوْتِكُمْ ، فَإِن خَيْرَ صَلَاةِ المَرْءِ فِيْ بَيْتِهِ إلا الصَلَاةَ المَكْتُوْبَةَ ))

teorinya agar kita bisa menikmati masa berduaan/berkhalwat dengan sang pemilik alam. ente resapi sholat sunnah yang waktu ruku atau baca surahnya pun bisa ente atur sendiri. nikmati sendiri. maka dari itu anjuran sholat wajib harus di mesjid atau dilakukan berjamaah sebab yang sholat yang dilakukan di rumah sudah ada bagian sholat sunnah.
rawatib pun alangkah baiknya kita lakuin di rumah. dan ketika sampai ke mesjid kita cukup tahiyyatal masjid saja.
tapi karena umat kita sebagian ada yang malas. maka para imam madzhab menganjurkan supaya sebelum fardhu di mesjid kita lakuin dulu yang sunnah.

2. Msih menggunakan perhitungan lama. tapi sekarang sudah menggunakan teknologi canggih (y)


semoga membantu
Balasan post vitawulandari
Wa'alaykum salam
bantu jawab

sedekah atas nama orang tua ataupun atas nama orang lain yang dikehendaki sah dan yakini bahwa sedekahnya bakal di terima oleh ALLAH swt. membadalkan umroh ataupun haji saja melainkan puasapun bisa dibadalkan (diatas namakan)

Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab sahihnya, dari Abu Hurairah r.a.. yang menyebutkan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

"إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلَاثٍ: مِنْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ، أَوْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ مِنْ بَعْدِهِ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ"

Apabila manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu anak saleh yang mendoakannya, atau sedekah jariyah sesudah kepergiannya atau ilmu yang bermanfaat

Kalau di tafsir surah An Najm itu tentang puasa yang dilakukan atau perkara syariat tiap2 manusia.
sebab niat kita membadalkan adalah bahwa kita tahu orang yang kita tanggung puasanya punya hutang yang belum dilaksanakan


semoga membantu

Coli pas puasa tp kga ampe keluar , batal kgak puasanya ?
assalamualaikum,
ustad, mohon pencerahannya

apakah memberi uang kepada pengemis juga bisa diartikan sedekah ?
dan sebetulnya apakah memberi uang kepada pengemis di bolehkan ??
emoticon-Salaman
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalammualaikum Ustadz ane mau nanya nih bagaimana cara menghadapai orang yg memaksa kita untuk bersedekah dgn nominal sedekah tertentu misal nya dipaksa untuk sedekah 100rb ???
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Diubah oleh falah55
Assalamualaikum Ustadz
Bulan puasa ini kan lagi viral tuh jualan air celupan rambut nabi, dan yang minum kebanyakan mengharapkan berkah, kesehatan, dab lain sebagainya dari air tersebut. Apakah ini termasuk perbuatan musyrik atau tidak ya?

profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalamualaikum Ustadz

Ane pernah denger2, katanya kalo kita bersedekah ke orang lain, itu katanya kita sedang bersedekah kepada diri sendiri

Karena pada tataran quantum, antara aku, dirimu, dirinya, alias semua orang yg ada di alam semesta ini, adalah satu

Bisa tolong dijelaskan ustadz?
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Diubah oleh sekottk
Assalamualaikum Pak Ustadz..
Jika hutang puasa pd ramadhan tahun lalu belum lunas dan sekarang sudah masuk bulan ramadhan lagi, apakah hal itu berpengaruh terhadap ibadah puasa di ramadhan tahun ini? Dan apakah hutang puasa pd ramadhan tahun lalu bisa dibayar setelah ramadhan tahun ini selesai? Adakah batas waktu untuk melunasi hutang puasa pd bulan ramadhan?
Terimakasih emoticon-terimakasih
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalamualaikum ustad..
Mau tanya,,
Kalo kita udh puasa, sedekah, dll
Dan ternyata akhirat gak ada, dan tuhan gak ada.
Gimana pendapat ustad?
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Diubah oleh eggnostick
mau nanya apa yaaak hmmmmmemoticon-Bingung
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di