alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cda15eec9518b42ef377bdf/6-ide-kreatif-olah-limbah-cangkang-telur

6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur

6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur

Limbah cangkang telur yang terbuang lama, biasanya akan membusuk dan berbau tak sedap. Apalagi jika sudah tercampur dengan sampah organik lainnya. Tapi pernah terbayang nggak sih, kalau cangkang telur memiliki kegunaan selain menjadi bahan kerajinan tangan?

Ternyata, cangkang telur yang sudah menjadi serbuk banyak manfaatnya. Tetapi yang perlu diperhatikan, cangkang telur tersebut harus dicuci bersih dan benar-benar kering. Kemudian dihaluskan sampai  menyerupai tepung. Jangan lupa, simpan ke dalam wadah bersih dan tertutup jika ingin menggunakannya lagi. 

Cangkang telur mengandung mineral, kalsium, strontium, fluorida, magnesium, selenium, hingga protein. Nah, untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga beberapa ide kreatif mengolah cangkang telur ini bisa kamu terapkan!


1. Mengatasi saluran air yang mampet
6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur
Wastafel rumah sering mampet atau tersumbat? Sementara kamu bingung mencari solusi. Kamu bisa membuka salurannya lalu, menusukkan kayu atau besi panjang ke saluran agar kotoran yang menyumbat cepat hilang. Cara lain, bisa menggunakan serbuk cangkang telur dengan menuangkannya pada saluran yang mampet. Tapi pastikan serbuk tersebut benar-benar halus. Serbuk cangkang telur akan bekerja sendiri dalam waktu 24 jam. Sehari setelahnya saluran yang tersumbat atau mampet akan lancar kembali.  


2. Membersihkan alat memasak
6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur
Peralatan memasak seperti panci atau wajan kadang sulit terhindar dari noda atau kerak yang membandel. Ada salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar peralatan memasak di dapur tetap bersih. Cukup campurkan sabun cuci piring dengan serbuk cangkang telur. Lalu menggosokkannya pada bagian noda atau kerak yang membandel. Setelah itu, bilas dengan air yang mengalir. Ulangi sampai bersih. Serbuk cangkang telur ini bisa menjadi alternatif pengganti abu gosok.


3. Pembasmi hama tikus
6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur
Hewan pengerat seperti tikus atau serangga yang mengganggu di rumah pasti kerap kita semprot dengan cairan anti serangga, bukan? Jika cara itu masih kurang efektif, kamu bisa memcoba menghilangkan binatang kecil atau serangga tersebut dengan serbuk cangkang telur! Tinggal taburkan saja ke sudut-sudut rumah yang menjadi sarang dan selalu mereka lewati. Serbuk cangkang telur mampu membunuh atau mengusir berbagai macam hama, serangga dan binatang kecil lainnya lho!


4. Pupuk kompos alami
6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur
Akhir-akhir ini orang cenderung beralih ke kompos alami untuk kegiatan bercocok tanam atau home garden. Pupuk organik tersebut bisa kamu buat sendiri di rumah dengan memanfaatkan sisa kulit sayur atau buah. Begitu pun dengan cangkang telur yang biasanya terlupakan. Padahal memiliki manfaat yang baik untuk kesuburan tanaman. Nah, kamu bisa menggunakan sebuk cangkang telur sebagai pupuk pada tanamanmu. 


5. Bisa menjadi campuran makanan hewan peliharaan
6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur
Kuning telur mengandung vitamin D alami dan putih telur memiliki kalori yang rendah, cangkang telur juga nggak kalah bernutrisi lho! Kandungan zat besi dan mineral sayang jika dibuang sia-sia. Ternyata cangkang telur bisa menjadi campuran makanan hewan peliharaanmu. Cangkang telur yang sudah menjadi serbuk bisa kamu campurkan ke dalam makanan hewan. 


6. Sebagai masker wajah
6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur
Nggak perlu perawatan mahal untuk membuat kulit wajah halus dan bersih. Dengan menggunakan serbuk kulit telur dan menjadikannya masker wajah dapat memberikan efek lembut pada kulitmu. Gunakan masker serbuk cangkang telur tiga kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal. Namun, masker ini tidak disarankan bagi kamu yang memiliki wajah berjerawat. Karena dapat memperparah jerawat tersebut. Jadi hanya bisa digunakan untuk kulit wajah normal saja. 

Bagaimana, tertarik mencoba? 


Sumber : https://www.idntimes.com/life/diy/af...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur 5 Cara Mengupas Telur Puyuh Lebih Cepat & Efisien

- 6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur Kae Sa Luk, Seni Ukir Buah Ala Thailand yang Bikin Terpesona

- 6 Ide Kreatif Olah Limbah Cangkang Telur Jaga Harga, Kementan Pasok Bawang Putih dan Telur ke Pasar Jakarta

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di