alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Kalah Pilpres, PM Lithuania Akan Mundur Dari Jabatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd9f431af7e934273189726/kalah-pilpres-pm-lithuania-akan-mundur-dari-jabatan

Kalah Pilpres, PM Lithuania Akan Mundur Dari Jabatan

Kalah Pilpres, PM Lithuania Akan Mundur Dari Jabatan

Vilnius, IDN Times - Perdana Menteri Lithuania, Saulius Skvernelis, mengatakan akan mundur dari jabatannya setelah kalah pada Pemilu Presiden Lithuania kali ini. Ia mengakui kekalahannya dengan tersingkir langsung di putaran pertama. Bagaimana awal ceritanya?


1. Perdana Menteri Lithuania hanya memperoleh suara sebesar 21 persen
Kalah Pilpres, PM Lithuania Akan Mundur Dari Jabatan
Dilansir dari Channelnewsasia.com, pada Pemilu Presiden Lithuania tahun 2019 ini telah dimenangkan oleh Gitanas Nauseda yang berhasil meraih 31 persen suara, Ingrida Simonyte berhasil meraih 29 persen, dan Saulius Skvernelis hanya meraih 21 persen. Perolehan suara tersebut sudah memasuki angka 85 persen dan sudah dipastikan Perdana Menteri Lithuania ini tersingkir di babak pertama.

Sebelumnya, ia sempat mengungkapkan janjinya menjelang Pemilu Presiden ini dengan menyatakan mundur dari jabatannya pada bulan Juli 2019. "Mengakui kegagalan untuk masuk ke putaran kedua Pemilu Presiden adalah penilaian saya sebagai seorang politisi," ungkap pernyataan dari Saulius Skvernelis seperti yang dikutip dari France24.com. Hasil akhir Pemilihan Presiden Lithuania secara resmi akan dirilis pada hari Senin, 13 Mei 2019, waktu setempat.


2. Kedua kandidat yang lolos ke putaran kedua merupakan pendukung Uni Eropa dan NATO
Kalah Pilpres, PM Lithuania Akan Mundur Dari Jabatan
Kedua kandidat yang lolos ke putaran kedua dalam Pemilu Presiden Lithuania kali ini ternyatamerupakan pendukung kuat Uni Eropa dan NATO sebagai benteng menghadapi Rusia, terutama sejak intervensi militer Rusia tahun 2014 di Ukraina. Pemenang putaran pertama Pemilu Presiden, Gitanas Nauseda, berjanji untuk mencari jalan tengah politik dan membangun negara kesejahteraan.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang menaruh dalam hati pesan kami bahwa kami menginginkan negara kesejahteraan di Lithuania dan kami menginginkan lebih banyak perdamaian politik," ungkap pernyataan dari Nauseda seperti yang dikutip dari Channelnewsasia.com.

Sedangkan kandidat yang berada di posisi kedua, Ingrida Simonyte, menyampaikan pesan usai proses penghitungan suara. "Pesan saya di putaran kedua adalah bahwa kita perlu peduli tidak hanya untuk kota-kota besar tetapi juga untuk kota-kota kecil, sehingga kita tidak memiliki dua Lithuania, tetapi satu Lithuania, yang sukses dan kuat," ungkap pesan yang disampaikan Simonyte seperti yang dikutip dari Channelnewsasia.com.

Seperti yang diketahui, sebelum menjadi calon Presiden Lithuania, Gitanas Nauseda merupakan seorang mantan Menteri Keuangan Lithuania dalam pemerintahan kanan-tengah sedangkan Ingrida Simonyte merupakan seorang mantan ekonom senior di salah satu bank besar di Lithuania. Mereka akan bersaing di putaran kediua pada tanggal 26 Mei 2019 ini.


3. Seorang pengamat politik mengatakan keduanya masih sangat memungkinkan melanjutkan kebijakan luar negeri
Kalah Pilpres, PM Lithuania Akan Mundur Dari Jabatan
Pengamat politik, Analis Vilpisauskas, mengatakan bahwa Nauseda dan Simonyte sangat mungkin memilih keberlanjutan kebijakan luar negeri dan pertahanan. "Dengan Nauseda, mungkin ada beberapa perubahan taktis dalam hal komunikasi dengan tetangga tetapi garis strategis tidak mungkin berubah," ungkap pernyataan dari Analis Vilpisauskas seperti yang dikutip dari France24.com.

Tak hanya itu, keduanya juga bertekad untuk menaikkan pajak untuk mendanai lebih banyak pengeluaran negara demi menyelamatkan perekonomian di Lithuania. Saat ini, Lithuania juga sedang dalam proses berjuang setelah penurunan tajam populasi karena emigrasi massal ke Eropa Barat oleh orang-orang yang mencari kehidupan lebih baik. Krisis keuangan global memicu resesi dalam 10 tahun terakhir dan langkah-langkah penghematan yang diterapkan untuk mencegah krisis ekonomi lebih lanjut, terutama bagi yang berpenghasilan rendah..


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Kalah Pilpres, PM Lithuania Akan Mundur Dari Jabatan Jaksa Swedia Akan Umumkan Keputusan Penyelidikan Julian Assange

- Kalah Pilpres, PM Lithuania Akan Mundur Dari Jabatan Sidang Parlemen Hong Kong Ricuh, Seorang Dilarikan ke RS

- Kalah Pilpres, PM Lithuania Akan Mundur Dari Jabatan Dituduh Skandal Korupsi, Partai ANC Unggul di Pemilu Afrika Selatan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di