alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd9bf3182d4955658301927/6-fakta-menarik-burj-khalifa-bangunan-tertinggi-di-dunia

6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia

6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia

Jika membicarakan tentang bangunan tertinggi di dunia, kira-kira apa yang akan muncul di Pikiran kamu? Kebanyakan orang mungkin akan langsung teringat Menara Eiffel yang ada di Paris, dengan ketinggian mencapai 300 meter, Menara Eiffel memang sangat tinggi. Tapi nyatanya landmark kota Paris itu bukanlah bangunan tertinggi yang ada di dunia.

Pemegang rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia saat ini dipegang oleh Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab yang memiliki tinggi 828 meter. Bukan hanya tingginya yang tidak lazim, Burj Khalifa ternyata juga memiliki beberapa fakta lain yang enggak kalah menarik lho!


1. Berat Burj Khalifa melebihi 100.000 ekor gajah
6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia
Dengan tinggi yang mencapai 828 meter dan luas sebesar 334000 m2, pernahkah kamu penasaran berapa berat bangunan tertinggi dunia ini? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, Burj Khalifa memiliki berat sekitar setengah juta ton ketika gedung ini benar-benar kosong.

Lalu pertanyaannya berapa berat Burj Khalifa ketika dipenuhi orang-orang dan semua properti yang ada di sana? Di saat keadaan normal, di mana orang-orang datang dan tinggal di sana dengan semua barang yang ada, berat bangunan ini bertambah bahkan lebih berat dari 100.000 ekor gajah.


2. Kamu bisa melihat matahari tenggelam dua kali
6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia
Normalnya dalam satu hari kita hanya akan bisa melihat matahari terbenam sekali. Tapi beda ceritanya kalau kamu menyaksikan fenomena tersebut di Burj Khalifa. Karena ketinggiannya yang melebihi batas wajar, di sini kamu bisa melihat matahari terbenam sebanyak dua kali.

Kamu bisa menyaksikan matahari tenggelam di lantai awal, saat matahari mulai menghilang tertutup awan. Kemudian kamu bisa naik ke lantai yang paling tinggi untuk menyaksikan matahari benar-benar tenggelam meninggalkan Dubai.


3. Butuh waktu 3 bulan hanya untuk membersihkan seluruh jendela di Burj Khalifa
6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia
Burj Khalifa memiliki banyak sekali jendela, dengan total sebanyak 24.000 jendela! Karena jumlah jendelanya sangat banyak tidak heran jika pemerintah membutuhkan sekitar 36 petugas kebersihan hanya untuk memastikan setiap jendela di bangunan ini tetap bersih.

Selain jumlah petugas yang banyak, waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan jendela-jendela ini juga sangat lama. Tidak tanggung-tanggung, butuh sekitar 3 bulan bagi petugas untuk membersihkan 24.000 jendela ini, kamu tertarik bantuin mereka?


4. Bukan hanya matahari tenggelam, Burj Khalifa juga memiliki tiga waktu berbuka puasa yang berbeda
6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia
Bukan hanya matahari tenggelam yang lebih banyak, di bulan Ramadan, bangunan ini juga memiliki tiga waktu puasa yang berbeda. Orang-orang yang berada di lantai 1 sampai 59 akan memiliki waktu puasa yang sama dengan semua orang yang ada di Dubai.

Sedangkan orang yang berada di lantai 60 sampai 120 akan berbuka puasa 4 menit kemudian ketika matahari tenggelam. Terakhir, orang di lantai 121 hingga lantai terakhir baru bisa berbuka 2 menit setelah penghuni lantai 60 sampai 120 berbuka.


5. Dibutuhkan lebih dari 12.000 orang untuk bisa membangun Burj Khalifa
6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia
Sama seperti bangunan tinggi lainnya, Burj Khalifa juga dibangun dalam waktu yang lama yaitu sekitar enam tahun. Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 2004 dan baru selesai pada tahun 2009. Meski begitu Burj Khalifa baru diresmikan pada tahun 2010. Nah untuk bisa membuat bangunan tinggi dan mewah ini, pemerintah Uni Emirat Arab harus mempekerjakan lebih dari 12.000 orang selama enam tahun.


6. Burj Khalifa bisa menampung hingga 35.000 orang sekaligus
6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia
Bukan hanya jari bangunan tertinggi, Burj Khalifa juga memiliki 1.000 apartemen dari lantai 12 hingga 108. Selain apartemen yang bisa menampung banyak orang, bangunan ini juga terdiri dari hotel, night club di lantai 143 dan juga perpustakaan tertinggi di dunia yang berada di lantai 123.

Meski terdapat banyak kepentingan di sini, kamu tidak perlu merasa khawatir akan merasa sesak jika masuk ke sini. Pasalnya meski jadi hunian bagi banyak orang, bangunan ini juga sangat luas. Saking luasnya hingga mampu menampung 35.000 orang sekaligus.


7. Asiknya, kamu juga bisa melihat pemandangan di Burj Khalifa
6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia
Bukan hanya para penghuni apartemen dan hotel yang bisa masuk ke Burj Khalifa tapi juga masyarakat umum dan turis asing. Selain makan di restoran, melihat koleksi di perpustakaan, atau menghabiskan malam di night club, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Dubai dari ketinggian. Di lantai 125 dan 148, terdapat Observatorium.

Dari Observatorium inilah kamu bisa melihat pemandangan Dubai berupa gedung-gedung pencakar langit Dubai yang diselimuti dengan awan. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari ketika kabut tebal masih menyelimuti kota Dubai. Atau di sore hari ketika matahari terbenam dua kali dari Burj Khalifa.

Cantik banget bukan?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/fun-fa...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia 4 Fakta Unik Mi Instan Ini Jarang Dipedulikan Orang

- 6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia 5 Fakta Unik Rosemary, Tidak Hanya Ampuh Mengusir Nyamuk, lho!

- 6 Fakta Menarik Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi di Dunia 10 Peristiwa Unik dan Bersejarah yang Pernah Terjadi di Menara Eiffel

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di