alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd9af8ab840886cc9482997/5-alasan-kamu-harus-ke-danau-kakaban-surganya-ubur-ubur-jinak

5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak

5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak

Terletak di tengah-tengah pulau Kakaban yang menjadi bagian dari Kepulauan Derawan, danau Kakaban memiliki magnet unik tersendiri yang gak dimiliki wisata danau lain di Indonesia. Pasalnya, di danau seluas 390 hektar ini hidup dengan damai ribuan bahkan jutaan ubur-ubur jinak yang tak menyengat.

Ubur-ubur ini terperangkap selama jutaan tahun di dalam danau di tengah atol atau pulau karang berbentuk lingkaran bernama pulau Kakaban. Karena hampir gak ada predator di dalam danau, alhasil sengat ubur-ubur tersebut gak pernah dipakai untuk melawan musuh sehingga kemampuan menyengatnya berangsur-angsur menghilang.

Nah, buat kamu yang belum pernah eksplorasi danau Kakaban, berikut 5 alasan kenapa kamu harus ke danau tersebut minimal sekali dalam seumur hidup. Simak, yuk!


1. Cuma ada dua tempat di dunia
5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak
Sebagai kerajaan para ubur-ubur tanpa sengat, kamu hanya bisa menemui biota endemik tersebut di dua tempat di dunia, yaitu di danau Kakaban itu sendiri yang masuk ke dalam provinsi Kalimantan Timur, dan di pulau Palau, kepulauan Micronesia. Patut berbangga, nih!


2. Berkesempatan bertemu dengan empat spesies ubur-ubur tanpa sengat
5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak
Gak cuma satu jenis ubur-ubur yang bisa kamu jumpai di danau Kakaban, melainkan empat sekaligus, yaitu ubur-ubur bulan, ubur-ubur kotak, ubur-ubur totol, dan ubur-ubur terbalik. Dari keempat spesies tersebut, ubur-ubur totol dengan perpaduan warna bening dan kuning kecokelatan menjadi jenis ubur-ubur yang paling banyak populasinya.

Kamu diizinkan berenang di danau Kakaban ini untuk menyentuh langsung ubur-ubur tanpa sengat. Namun, pastikan gak memakai fin saat berenang agar gerakan kaki kamu gak merobek tubuh ubur-ubur. Kamu juga gak boleh melompat dari dermaga ataupun mengangkat ubur-ubur ke permukaan air terlalu lama.


3. Bisa berjumpa dengan fauna invertebrata lain
5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak
Selain ubur-ubur, danau Kakaban juga dihuni oleh biota laut lain dari golongan invertebrata yang bisa kamu temui. Sebutlah beberapa spesies dari moluska, krustasea, dan teripang. Ada pula ular laut yang menjadi karnivora puncak di ekosistem danau Kakaban. Tenang, ular laut di danau Kakaban bukan golongan ular berbisa, kok.

Sedangkan ikan penghuni danau Kakaban umumnya merupakan ikan-ikan berukuran kecil seperti ikan gelodok, ikan julung-julung, dan ikan serinding.


4. Menikmati kesejukan hutan mangrove
5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak
Sebagai atol atau pulau karang berbentuk lingkaran dengan lebar daratan sekitar 3-10 meter, pulau Kakaban banyak ditumbuhi pohon-pohon mangrove yang hidup dengan subur. Rimbunnya mangrove ini akan menemani perjalanan kamu dari dermaga di luar pulau Kakaban hingga tiba di dermaga tepi danau Kakaban.

Spesies mangrove-nya sendiri yang tumbuh lebat di daratan pulau Kakaban, antara lain jenis bakau, api-api, tanjang, dan pedada.


5. Snorkeling di lautan pulau Kakaban
5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak
Nah, kalau belum puas snorkeling di danau Kakaban, kamu bisa melanjutkannya di lautan lepas yang mengelilingi pulau Kakaban. Di laut ini kamu gak bisa menemui ubur-ubur tanpa sengat, melainkan kekayaan biota laut lain, seperti terumbu karang, sotong, dan berbagai jenis ikan berwarna-warni. Dijamin gak kalah keren!

Gimana, sudah mulai penasaran dengan keunikan dan keindahan danau Kakaban? Makanya segera agendakan liburan ke sana, yuk!


Sumber : https://www.idntimes.com/travel/dest...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak 8 Hal Seru untuk Dilakukan di Dkandang Amazing Farm, Depok

- 5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak 7 Wisata di Serang, Dijamin Asyik dan Bikin Hati Riang

- 5 Alasan Kamu Harus ke Danau Kakaban, Surganya Ubur-ubur Jinak 10 Potret Indah Gili Trawangan, Gak Nyangka kalau Lagi di Indonesia!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di