alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Takjil Telan Dana Rp2 Miliar, Pengelola Istiqlal KerapNombok Pakai Uang Kas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd98b4c28c9917d1c4f862b/takjil-telan-dana-rp2-miliar-pengelola-istiqlal-kerapnombokpakai-uang-kas

Takjil Telan Dana Rp2 Miliar, Pengelola Istiqlal KerapNombok Pakai Uang Kas

Sarah Hutagaol , Okezone  Sabtu 11 Mei 2019 11:31 WIB

Takjil Telan Dana Rp2 Miliar, Pengelola Istiqlal KerapNombok Pakai Uang Kas
Suasana buka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta (Foto: Arif Julianto/Okezone)


JAKARTA - Untuk menyediakan makanan berbuka puasa sebanyak 3.500 paket selama bulan Ramadan, pengelola Masjid Istiqlal harus menggelontorkan dana sebesar Rp2 miliar. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam.

Dana sebanyak itu kata dia, sebagai salah satu kendala yang dihadapi pihaknya saat Ramadan tiba. Untungnya, pada Ramadan kali ini, pengelola Masjid Istiqlal mendapat bantuan atau sumbangan dari lembaga-lembaga pemerintahan dan swasta.

“Kendala ya pasti besar. Terutama ini kan penyediaan takjil selama bulan puasa kan anggarannya enggak main-main ya. Rp2 miliar lebih, hampir Rp3 miliar lah. Bayangin ada 3.500 boks nasi setiap hari,” ujar Abu kepadaOkezone, Jumat, 10 Mei 2019.

“Untuk tahun ini ada Kemendikbud dalam hal ini Direktorat Diplomasi Budaya itu bantu kami, Pemprov DKI, kantor Bank Indonesia, kemudian Kementerian ESDM Pak Jonan itu juga membantu, dari bank-bank syari'ah, kemudian perwakilan negara-negara sahabat, Uni Emirat Arab melalui Bulan Sabit Merahnya sama Darul Bir, lembaga sosial mereka,” ucapnya menimpali.

Takjil Telan Dana Rp2 Miliar, Pengelola Istiqlal KerapNombok Pakai Uang Kas

Kendati banyak bantuan yang datang, namun sampai saat ini dana yang terkumpul belum mencapai kebutuhan sebanyak Rp2 miliar. Jika masih tak tercukupi juga, maka pengelola harus rela mamakai uang kas masjid guna menutup kekurangan anggaran itu.

“Artinya, bisa ditutupi anggaran itu, tapi banyak juga kami nombok setiap tahun ke tahun. Ya, pernah juga ada yang ketutup ya dari sumbangan masyarakat itu, kalau seandainya kurang maka terpaksa pakai uang kas masjid,” kata dia.

Oleh karenanya dirinya berharap pemerintah bisa memberikan partisipasi. Pasalnya, menurut dia, di Masjid Istiqlal perayaan Ramadan tidak semata dirayakan satu golongan saja, namun juga telah mencerminkan kerukunan dalam memaknai kemajemukan di Indonesia.

Takjil Telan Dana Rp2 Miliar, Pengelola Istiqlal KerapNombok Pakai Uang Kas

“Karena terus terang buka puasa di Masjid Istiqlal ini betul-betul seperti sebuah festival, sebuah rasa syukur, yang datanag ke Masjid Istiqlal ini siapapun kami terima, enggak pernah kami tanya puasa atau enggak, agama kamu apa, suku kamu apa. Pokoknya dia datang dengan pakaian yang rapih, bersih kami berikan. Kami menghormati,” tuturnya.

“Nah, ini kan bagus nih, ini menjadi kebanggaan kita, ini yang bisa kita jual, bagaimana kita di Indonesia memaknai kemajemukan penuh dengan kedamaian, sayang sekali kalau pemerintah tidak memanfaatkan momen seperti ini,” kata Abu.

(put)

https://news.okezone.com/read/2019/0...pakai-uang-kas
Diubah oleh sukhoivsf22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
kalo kaga ikhlas napa kaga disuruh bayar aja masbro emoticon-Embarrassment
profile-picture
imba.ruiner memberi reputasi
Quote:


kok gitu komennya gan?
sudah coba berbicara ke pemerintah belum??

kalau belum ya tidak bisa..
Budget tiap jum'at harus dilebihkan...
Buat nyedian yg pulang tamasya ke bawaslu...
profile-picture
cloudible8 memberi reputasi
Duitnya pemerintah buat bangun infrastruktur jalur sutra, padahal jg hasil ngutang
Balasan post danu.bentol
darimana disebutkan di berita kalau tidak ikhlas?
semoga segera dapat donasi yang cukup emoticon-Shakehand2
Itu itung2annya gimana bisa sampai hampir 3M.
Kita Coba hitung.
Per Hari 3500 dikali 30 Hari puasa = 105rb box
Apakah nilai takjilnya sampai lebih dari @25rb?
Kl iya itu menurutku berlebihan.


Ini masjid bukan restoran
2 M mah kecil.. lagian juga setaun 30 hari doang acaranya.
harus ikhlas ngasi makan org
tamu dateng kerumah aja kita bayarin

klo ga mau kasi makan ya kasi minum
klo ga mau kasi minum ya ga usah dikasi minum
wkwkwkemoticon-Big Grin
Wan abud g turun tgn ni?
3500 orang yg makan emanknya ga sisihkan duit ke kotak amal ?
Quote:


Duit oprasional gabener 2 M sbulan. Tapi kan situ tau gimana medit nya org arap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bramhiphip dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dajalbingung


Quote:


Quote:


lah ini kan sifatnya sumbangan sukarela
kalo emang dapetnya segitu ya mestinya adanya segitu

kalo emang duitnya kaga cukup, napa maksa buat ngabisin ampe 2 M ?
sampe mencak2 kalo duitnya kaga cukup

kaga ada bedanya ama pengemis yang (maksa) ngasih hiburan
tapi mencak2 kalo duitnya kurang banyak
2M mah enteng lah
Kalo yg 7,5juta org itu mau nyumbang seribu aja per kepala udah 7,5M
Disesuai kan aja sama budget yg ada
Kalo ga mampu 3.500 porsi ya dikurangi

Gitu loh
Masa perlu direkomendasi.
Jangan buat sulit hal yg mudah emoticon-Angkat Beer
Balasan post danu.bentol
Quote:


oh cuma asumshit, skip kl gitu emoticon-Traveller
Paling 1M emoticon-Bingung
Nasi kotak enak klo pesan ribuan box Rp.10rebuh
3500 x 10rb = 35jt
35jt x 30hari = 1.050jt
Nah khan cuman 1M, nipuk tuh abis 2-3M, maw korupsiemoticon-Blue Guy Bata (L)
Monas giliran gini kok sepi
Diubah oleh kentutwangi22
Luar biasa
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di