alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd94dc7facb952296323f51/5-film-thriller-korea-paling-menegangkan-ini-diadaptasi-dari-novel

5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel

5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel

Suka baca novel, nonton film, dan Korea? Kalau suka ketiganya, maka artikel ini adalah jawabannya! Di bawah ini terdapat ulasan mengenai 5 film Korea bergenre thriller yang diadaptasi dari novel. Penasaran? Mari kita simak bersama.


1. Joint Security Area (2000)
5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel
Film yang berjudul Joint Security Area ini rilis pada tahun 2000 di Korea Selatan. Film yang sudah berusia 19 tahun ini merupakan adaptasi dari novel karya novelis Korea Selatan bernama Park Sang Yeon yang berjudul DMZ.

Mengusung genre thriller, film ini menceritakan hubungan Korea Selatan dan Korea Utara di perbatasan, tentang 2 tentara Korea Utara yang terbunuh di perbatasan sebelum seorang tentara Korea Selatan berupaya kembali ke Korea Selatan.

Film ini dibintangi oleh aktris dan aktor kenamaan yaitu Lee Byung Hun, Song Kang Ho, dan Lee Young Ae. Joint Security Area adalah film dengan pendapatan tertinggi pada awal tahun 2001 di Korea Selatan dan mampu menarik 1 juta penonton dalam 15 hari setelah perilisannya. Selain sukses di negaranya, film ini juga dipuji oleh sutradara Hollywood terkenal yaitu Quentin Tarantino yang menyatakan bahwa film Joint Security Area adalah salah satu dari 20 film favoritnya.

Film ini juga masuk ke dalam 22 nominasi ajang penghargaan film nasional maupun internasional, yaitu Blue Dragon Film Awards, Busan Film Critics Awards, Director's Cut Awards, Deauville Asian Film Festival, Seattle International Film Festival, Berlin International Film Festival, Baeksang Arts Awards, Grand Bell Awards, Fantasia Festival, Blue Ribbon Awards, dan Hong Kong Film Awards.


2. The Last Witness (2001)
5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel
Film thriller Korea Selatan yang diadaptasi dari novel selanjutnya adalah film berjudul The Last Witness arahan sutradara Bae Chang Ho yang rilis pada tahun 2001. Film berdurasi 106 menit ini merupakan adaptasi dari novel karya Kim Seong Jong dengan judul yang sama.

Film The Last Witness yang rilis 18 tahun yang lalu ini merupakan adaptasi film yang kedua, adaptasi film pertama dari novel Kim Seong Jong ini rilis pada tahun 1980.

Dibintangi oleh Lee Jung Jae dan Ahn Sung Ki yang merupakan aktor kenamaan Korea, film ini bercerita mengenai tahanan politik setelah penahanan 50 tahunnya berakhir yang kemudian akan melibatkan kasus penusukan seseorang serta isu komunis dan Perang Korea yang semakin membuat tegang menit demi menitnya.


3. Memoir of a Murderer (2017)
5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel
Memoir of a Murderer adalah yang rilis pada 6 September 2017 ini diadaptasi dari novel laris yang ditulis oleh novelis Kim Young Ha yang berjudul A Murderer's Guide to Memorization. Film ini disutradarai oleh Won Shin Yun yang juga pernah menyutradarai film horor terkenal di Korea yaitu Whispering Corridors.

Film ini dibintangi oleh Sol Kyung Gu sebagai pemeran utama bernama Kim Byeong Soo, yang digambarkan sebagai pembunuh keji yang kemudian mengidap penyakit alzheimer karena sebuah kecelakaan yang didapatkannya setelah membunuh korban terakhirnya.

Memoir of a Murderer menceritakan tentang kehidupan Kim Byeong Soo setelah mengidap alzheimer, yang terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan baru sehingga membuatnya mempertanyakan ingatan-ingatan atau memori yang ada di kepalanya.

Film thriller ini juga tayang di Amerika Utara pada 8 September 2017, dua hari setelah perilisan domestiknya. Selain itu, film ini juga rilis di Australia, Selandia Baru, Prancis, Turki, Taiwan, Jepang, dan Filipina. Film ini bahkan ditayangkan dalam 'Thrill Section' di edisi ke-61 Festival Film London BFI. Terdapat "Director's Cut" yang menambahkan 10 menit dari durasi aslinya, yang membuat rating film ini dari "15 tahun ke atas" menjadi "Restricted".

Film ini mampu menarik 1 juta penonton setelah 5 hari perilisannya, merajai box office Korea. 12 hari setelah perdana tayang, film ini telah ditonton 2.06 juta kali dan menghasilkan 14.7 juta Dollar AS, membuatnya menjadi film thriller Korea pertama yang meraih penjualan tiket sebanyak 2 juta di tahun 2017.


4. RV: Resurrected Victims (2017)
5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel
Film RV: Resurrected Victims rilis pada 12 Oktober 2017 dengan arahan sutradara Kwak Kyung Taek yang juga menulis naskahnya. Film ini diadaptasi dari novel yang terbit tahun 2012 berjudul It's Over karya Park Ha Ik.

Film thriller ini dibintangi oleh para bintang ternama Korea Selatan yaitu Kim Rae Won sebagai Seo Jin Hong, Kim Hae Sook Choi Myung Sook, dan Sung Dong Il sebagai Son Young Tae.

RV: Resurrected Victims menceritakan tentang Seo Jin Hong yang merupakan seorang jaksa yang berusaha melacak pembunuh yang membunuh ibunya 7 tahun yang lalu. Suatu hari, ibu Jin Hong hidup kembali dan muncul di hadapannya, namun ibu Jin Hong malah berusaha menyerangnya.

Di waktu yang sama, kasus yang tidak dapat dijelaskan yang dikenal sebagai RVP (Resurrected Victims Phenomenon atau Fenomena Korban yang Dihidupkan Kembali) dilaporkan terjadi di seluruh dunia di mana korban-korban dari kasus pembunuhan yang tidak terselesaikan kembali hidup untuk membunuh pembunuhnya.

Berdasarkan hal ini maka agen rahasia yang menginvestigasi kasus ini menyimpulkan bahwa Jin Hong adalah tersangka utama dari pembunuhan ibunya.


5. Seven Years of Night (2018)
5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel
Seven Years of Night rilis pada 28 Maret 2018. Film thriller ini diadaptasi dari novel yang terbit tahun 2011 berjudul Seven Years of Darkness yang ditulis oleh novelis Jung Yoo Jung. Film ini disutradarai oleh Choo Chang Min yang juga menyutradarai film Masquerade yang menjadi salah satu film dengan pendapatan terbanyak sepanjang sejarah perfilman Korea Selatan.

Film ini dibintangi oleh aktor kawakan Korea Selatan yaitu Ryu Seung Ryong sebagai Choi Hyun Soo dan Jang Dong Gun sebagai Oh Young Je. Seven Years of Night bercerita tentang Oh Young Je yang merencanakan pembalasan dendam terhadap pemuda yang merupakan anak dari Choi Hyun Soo, yang 7 tahun lalu telah membunuh anak perempuan Oh Young Je.

Film ini berhasil masuk ke salah satu nominasi di ajang penghargaan Grand Bell Awards yang ke-55.

Itulah 5 film thriller Korea yang diadaptasi dari novel, dari yang menceritakan hubungan Korea Selatan dan Korea Utara hingga yang membahas pembunuh keji. Bisa jadi rekomendasi kamu untuk menghabiskan waktu selama bulan Ramadan ini.


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/entert...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel 5 Film Berlatar Kereta Api Ini Bisa Menemani Serunya Waktu Berbukamu!

- 5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel 8 Drama & Film Won Jin Ah, Calon Lawan Main Ji Chang Wook

- 5 Film Thriller Korea Paling Menegangkan Ini Diadaptasi dari Novel Ini Dia 10 Film Terlaris Sepanjang Masa, Marvel Mendominasi Nih!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di