alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd94124c342bb77c600dd6f/ketua-umum-fpi--perpanjangan-izin-ormas-setelah-idu-fitri

Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri

Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri
Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Front Pembela Islam (FPI) berencana mengajukan perpanjangan surat keterangan terdaftar setelah Hari Raya Idulfitri di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua Umum (Ketum) FPI, KH Ahmad Sobri Lubis menegaskan dalam waktu dekat pihaknya akan menyambangi Kemendagri untuk berkomunikasi langsung terkait perpanjangan izin ormas FPI di Indonesia.

Sobri menjelaskan seluruh berkas yang akan digunakan untuk perpanjangan kini sudah siap, hanya tinggal diserahkan kepada Kemendagri.

"Ya dalam waktu dekat ini perpanjangannya. Insya Allah [setelah Lebaran]. Kami juga akan datang ke Kemendagri terkait hal ini. Kalau untuk berkas-berkas perpanjangan, Insya Allah sudah siap," tuturnya, Senin (13/5/2019).

Berkaitan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2013 yang telah diubah melalui UU Nomor 16 Tahun 2017 tentang Ormas yang kini memantik kontroversial, ditegaskan oleh Sobri, FPI akan taat dan patuh mengikuti aturan hukum yang berlaku.

"FPI selalu berada di dalam koridor hukum. Kami taat hukum. Tapi kalau aparat penegak hukum tidak menjalankan hukum, gimana dong," katanya.

Sebelumnya, Kemendagri menegaskan organisasi kemasyarakat Front Pembela Islam atau FPI belum mengajukan perpanjangan surat keterangan terdaftar yang akan berakhir pada 20 Juni 2019.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tidak membantah tangkapan layar yang beredar mengenai masa berlaku surat keterangan terdaftar FPI dari 20 Juni 2014-20 Juni 2019. Tjahjo juga membenarkan pula bahwa surat tersebut dapat diperpanjang.

"Tapi, belum ada pengajuan perpanjangan,” katanya ketika dikonfirmasi Bisnis.com via pesan instan, Selasa (7/5/2019).

Surat keterangan terdaftar FPI tersebut diberikan Kemendagri pada 20 Juni 2014 ketika UU No. 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas) masih berlaku. Dalam beleid itu disebutkan surat keterangan terdaftar diberikan kepada ormas yang tidak memiliki badan hukum.

Menteri Dalam Negeri diberikan batas waktu 15 hari untuk memverifikasi dokumen pendaftaran ormas lingkup nasional terhitung sejak permohonan diterima. Bila lulus verifikasi, memberikan surat keterangan terdaftar paling lama 7 hari kerja.

UU 17/2013 kemudian diubah melalui UU No. 16/2017 yang memantik kontroversial. Salah satu ketentuan baru dalam UU 16/2017 adalah mekanisme pembubaran ormas yang tidak lagi melalui pengadilan.

Beleid itu juga mempertegas larangan ormas untuk melakukan tindakan permusuhan terhada suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), penistaan agama, mengganggu ketertiban umum, hingga melakukan kegiatan yang menjadi tugas dan wewenang penegak hukum.

Tjahjo juga belum bersedia memberikan komentar ketika ditanya apakah perpanjangan surat keterangan terdaftar ormas lama seperti FPI akan dikenakan syarat baru sesuai UU 16/2017.

“Saya belum bisa komentar karena belum ada pengajuan,” tutur politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Sumber : https://kabar24.bisnis.com/read/2019...elah-idulfitri
profile-picture
profile-picture
tiwer dan stealthmania memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
halaaahhh emoticon-DP
Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri

Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suralia dan 2 lainnya memberi reputasi
semoga tidak diperpanjang lagi

karena tak ada gunanya sama sekali

tak bisa bantu majukan perekonomian,kemiliteran,teknologi pendidikan di indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suralia dan 3 lainnya memberi reputasi
Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri

Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 5 lainnya memberi reputasi
Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Masuk akal bre ..nyablon gituan ga kelar sehari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Boco92 dan 5 lainnya memberi reputasi
Trus manfaatnya apa di perpanjang??? emoticon-Bingung
profile-picture
suralia memberi reputasi
unfaedah
profile-picture
suralia memberi reputasi
Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri

Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suralia dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tiwer
Quote:


Miris ya..

Mirip2 itachi uciha yg membantai klannya sendiri
profile-picture
stealthmania memberi reputasi
Quote:


Klo sampe anak gua jd anggota juga bakal gua matiin sekalian... Untungnya anak gua satu2nya masih bisa mikir panjang wkwkw
profile-picture
suralia memberi reputasi
Itu pun kalo diizinkan ya
Wkwkwkkkk
Mudah2an sih engga
profile-picture
suralia memberi reputasi
ga ada FPI ga seru lah.
Quote:

Lagi pula Bendera sudah 50 tahunan, tapi masih Mulus saja tuh kainnya emoticon-Big Grin

Ketua Umum FPI : Perpanjangan Izin Ormas Setelah Idu Fitri


emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
stealthmania dan wongtukul memberi reputasi
Diubah oleh tiwer
Nyari sama ngumpulin thr an dulu...emoticon-Mad


Baru diferfanjang ya akhi....


emoticon-Wkwkwk
profile-picture
suralia memberi reputasi
Quote:


Vangke


Ayah garis keras ente!!
profile-picture
onta.punuk.3 memberi reputasi
Quote:


Wkwkwkwkw anak gua cuma satu. Laki pula... Kaga mau anak gua sampe jd blangsak dan kaga mikir pake otak macam gerombolan bajingan ntu
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
Sang imam besar kapan balik om
Quote:


Siap gan salut dan respek sama pribadi agan..

Berarti prinsip agan mirip dg iklan minuman jaman dulu..

"Apapun cita2nya yg penting bukan jadi ef pe eh"
profile-picture
onta.punuk.3 memberi reputasi


Quote:


agree gan 🙏🏿🙏🏿
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di