alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking
5 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd93b32018e0d3dcc00189f/berserker-sisi-kelam-daripada-peradaban-viking

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking
“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking


Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh emoticon-Blue Guy Peace

Welcome di Thread sederhana ane gan emoticon-Traveller

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking

Hay hay warga kaskuser sekalian apa kabar nih? yang puasa masih puasa ga nih? jangan diem2 mokel di kamar dah tu emoticon-Wink
Btw ane kembali nih, untuk sekedar sharingan thread sederhana ane. Kali ini ane kembali dengan tema Viking hehe. Nah kalo tempo hari ane sharing tentang kehidupan normal Viking which is kalian bisa check di mari, nah kali ini we pengen sharingan tentang salah satu sisi kelam mereka check this out emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking

Viking merupakan sekian daripada banyak peradaban yang terkenal di seantero dunia. Dunia mencatat mereka sebagai orang-orang yang kuat dalam hal penjelajahan, kekeluargaan, hingga kerasnya kehidupan alam yang mampu mereka hadapi. Sementara itu disisi lain tidak dapat di pungkiri salah satu yang menyebabkan pamor Viking yang begitu dikenal dunia adalah bagaimana mengerikannya mereka di medan perang, dan salah satu hal kelam yang memberikan mereka pamor mengerikan itu adalah adanya prajurit semi penyihir yang disebut sebagai “Berserker” emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Nah apa itu "BERSERKER"?

Sejarah sendiri mencatat “Berserker” adalah sebutan untuk individual atau sekelompok prajurit semi penyihir dari Nordik yang mampu memasuki tahap “Liar, gila, dan tidak terkendali” ketika memasuki medan perang. Mengakibatkan mereka memiliki kekuatan luar biasa, tidak memiliki rasa takut, hingga animalistic.

Nah disini ane uda ngelist tentang apa-apa saja fakta kelam daripada prajurit yang di sebut “Berserker” ini. Have a good read. emoticon-Add Friend (S)


1. Memasuki medan perang tanpa busana, kecuali berselimut kulit binatang

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking

Umumnya peradaban terkenal seperti Roma contohnya, memiliki prajurit kelas berat bernama “Praetorian Guard” yang menggunakan Armor berat nan mumpuni yang sangat berguna sebagai perlindungan dalam medan perang. Namun percaya atau tidak hal ini benar-benar berbanding terbalik dengan prajurit kelas berat Viking yang dikenal sebagai “Berserker”. Para Berserker ini diketahui memasuki medan perang hanya berselimut kulit binatang, yang biasanya dari kulit serigala hingga beruang. Bersenjatakan pedang, dan tameng – yep tanpa celana – aneh tapi begitulah nyatanya. Kata-kata “Berserker” sendiri berasal dari bahasa Norse kuno “serk” yang artinya mantel, dan “Ber” yang artinya beruang. emoticon-Mad (S)



2. Hidup sebagaimana predator hutan

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking
Sebagaimana anggota daripada penyihir tersembunyi kebakanyakan, para Berserker ini memperoleh kekuatan mereka daripada latihan-latihan ritualistik yang tentunya dijalani biasanya didalam hutan-hutan lebat yang tidak berpenghuni. Latihan gila ini termasuk isolasi ekstrim, berpuasa, bertahan didalam cuaca panas dan dingin yang brutal, hingga bertahan dari serangan sekelompok orang bersenjata. Para Berserker ini biasanya hidup sebagaimana binatang totem yang mereka percaya. Jika kalian seorang Viking dan sedang menjelajah hutan, maka kalian akan merasa tidak ada bedanya ketika berhadapan dengan beruang liar ataupun berserker bugil. emoticon-Najis (S)


3. Memasuki medan perang dalam keadaan "Gila"

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking
Sejarah mencatat bahwa umumnya sebelum memasuki medan perang. Para Berseker ini akan melakukan ritual yang memberikan mereka efek – berubah menjadi binatang buas – yang disebut dengan Berserkgang.
Kondisi bernama Berserkgang ini tidak hanya membuat mereka seakan menjadi gila perang, lebih daripada itu kondisi ini mampu membuat mereka melakukan hal-hal yang diluar akal sehat manusia. Kondisi ini biasanya dimulai dengan tubuh yang menggigil, wajah yang memerah, gigi yang bergemerutuk, yang kemudian memberikan mereka kemarahan tanpa batas, kekuatan luar biasa hingga keadaan sebagaimana binatang buas yang marah, membabat habis siapa pun yang saat itu berada di hadapan mereka. Yang lebih mengerikannya lagi dalam kondisi ini, para berserker biasanya tidak mengenali diri mereka sendiri, seakan-akan kemanusiaannya telah hilang seluruhnya berganti dengan lolongan serigala selama perang berlangsung. Gila pisan euy emoticon-Nohope


4. Mengkonsumsi Jamur aneh sebelum perang, hingga menderita Skizophrenia

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking
Banyak sejarawan menduga bahwa para berserker memperoleh kemampuan aneh mereka daripada konsumsi sejenis jamur sihir dan alkohol yang tidak terkira banyaknya. Sementara teori lain menyebutkan bahwa penggunaan jamur tertentu yang dibarengi dengan komsumsi alkohol yang tidak terkendali mampu menimbulkan efek sebagaimana “Kemarahan Berserker” sebagai contoh hysteria, epilepsy, penyakit mental, hingga genetik. Lel ini nyewa orang gila ke medan perang ato gimana yak emoticon-Amazed


5. Para Berserker memakan tameng sendiri sebelum membantai musuh

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking

Apa hal aneh yang dirasakan ketika kalian memasuki tahap gila hingga tidak mengenali diri sendiri? Yah salah satunya tameng perang akan terlihat seperti beef steak siap santap. Para Berserker ini benar-benar ditakuti dalam medan perang hingga mereka dikatakan kebal daripada senjata tajam, api, hingga besi lainnya. Salah satu puisi kuno mencatatkan tentang salah satu Berserker :
Sebagaimana Iblis yang mengambil jiwa, orang itu dengan gilanya mengunyah dan menelan ujung-ujung daripada tamengnya. Sedikit demi sedikit hingga tameng itu habis tidak bersisa. Berikutnya entah itu manusia atau hewan buas menyerbu kedalam medan perang, mengayunkan pedangnya dengan liar dan menebas leher tiap-tiap musuhnya. Entah kemarahan ini berasal dari perang ataukah kemarahan jiwanya sendiri.


6. Tujuan sebenarnya adalah benar2 berubah menjadi "Hewan Buas"

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking
Berserker sebenarnya sudah melakukan lebih dari cukup untuk sekedar mengintimidasi musuh di medan perang. Tapi itu semua masih tidak cukup – setidaknya menurut mereka – Berserker benar-benar bertujuan untuk mengubah tidak hanya secara emosional tapi juga fisik mereka menjadi binatang buas layaknya beruang atau serigala. Sebagaimana kehidupan hutan yang mereka jalani, hingga keberhasilan memasuki “kesadaran seekor binatang buas”. Salah satu ritual terakhir Berserker sendiri adalah meminum darah daripada beruang ataupun serigala liar. Salah satu cerita rakyat kuno Viking Skallagrimsonar mencatatkan Raja Hrolf’s sendiri benar-benar memiliki seorang prajurit manusia-beruang di sisinya sebagai perwujudan seorang Berserker.


7. Berguna sebagai "Shock Therapy" bagi musuh

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking
Apa hal paling menakutkan yang dapat dijadikan hadiah untuk musuh selain daripada shock therapy yang dilakukan sekelompok manusia yang terlihat layaknya binatang buas yang siap menerkam? Raja-raja Skandinavia seperti Harald dan Halfdan menggunakan Berserker sebagai sarana untuk shock therapy bagi musuh. Hal ini memberikan dua keuntungan tersendiri. Pertama dapat membuka jalan bagi pasukan setelahnya, dan kedua dapat menebar terror dan ketakutan tersendiri di hati para musuh.


8. Terlalu brutal hingga Viking sendiri harus menghapuskan keberadaannya

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking
Harald Faifhir (850 – 932) diketahui sebagai raja pertama Viking yang menggunakan jasa para Berserker baik menjadi penjaga setianya maupun pasukan perangnya. Namun dikarenakan kebrutalan di luar batas, dan terlalu sulit untuk di kendalikan maka peraturan kuno Viking mulai perlahan-lahan menghapuskan keberadaan daripada Berserker. Baik dalam bentuk penggunaan perang hingga keberadaan mereka sebagai anggota masyarakat. Hingga pada akhir abad ke 12, Berserker dalam bentuk apapun telah resmi hilang. 


9. Kebiasaan brutal Berserk, memberikan Viking reputasi buruk

“Berserker” Sisi kelam daripada peradaban Viking

Kalian mungkin tidak mengetahui bahwa kebiasaan bangsa Viking memiliki hubungan dengan peradaban Nordik kuno. Dimana mereka sebenarnya tidak melakukan pemerkosaan brutal, menghargai persamaan hak antara wanita dan pria, bahkan menghancurkan bukan menjadi modus utama dalam peperangan. Lalu darimana reputasi buruk seperti pemerkosaan brutal, penghancuran, hingga hal buruk lainnya berasal?

 
Hal itu kemungkinan besar berasal daripada Berserker itu sendiri
 
Dalam banyak cerita rakyat kuno Nordik, para Berserker sering diketahui mengisi posisi sebagai Vilain itu sendiri, dan secara umum di jelaskan sebagai “Sekelompok predator berisi pembunuh dan orang tidak beradab yang mengganggu kedamaian komunitas Viking secara berulang”

~~

Well done, sekian thread tentang "Berserker" kali ini. Bagi pembaca sekalian yang punya info lebih, monggo silahkan koment, ntar ane taro di pej wan hehe. emoticon-Smilie
Thanks buat yang uda sempat mampir ya gan, jangan lupa koment, rate, dan cendolnya hehehe emoticon-Cendol (S)
Stay tune buat another thread, and have a nice day buat kalian semua, see ya emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Sumber : Disadur dari berbagai sumber dengan perubahan.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikiriki11 dan 19 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Selalu suka kalo ada film tentang viking.
Bye di Indonesia juga ada viking loh,di Bandung tepatnya. Apakah ada kesamaan antara kedua viking tersebut?

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Sisi kelam daripada viking?
emoticon-Bingung



Daripada itu bukannya pembanding?
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shakemind77 dan 2 lainnya memberi reputasi
Dua hal yang muncul di pikiran ane, Total War sama anime 'Berserk' emoticon-Leh Uga

Emang unit ini paling efektif buat jebol barisan musuh. Moralnya tinggi karena emang mereka bertarung di luar kesadaran. Biasanya senjatanya axe
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jlamp memberi reputasi
Diubah oleh royaljannisary
Perang sambil bugil. Apa kaga gondal-gandul tuh benda pusaka waktu lagi tos-tosan
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jlamp memberi reputasi
Tentara yang buas..
Ane jadi inget satu peleton Berserk mampu meruntuhkan castle dengan cepat.. (Age of Empire)
emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kontholl dan 3 lainnya memberi reputasi
yg nomor 4 masuk akal tuh, kalo jamur lah yg bikin seseorang masuk ke "mode berserk" alias berhalusinasi dan menjadi sangat ganas, karena memang diantara sekian banyak varian jamur yg bisa dimakan, memang banyak jamur beracun namun tidak mematikan, hanya sekedar membuat pemakannya menjadi ganas, halusinasi, brutal, dsb, mirip efek opium lah kalo diasia timur
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Nah zaman now
Viking kek gini
Fly siang bolong
Di tengah jalan



emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
mantep nih buat nambah ilmu
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
manga vinland saga kereen emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
Gailham dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


makanya mereka dengan mudah mengintimidasi lawan.
lawannya takut di tusbol emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Werewolfvez memberi reputasi
akhirnya ane tau arti kata dari berserk/er

btw kalo di sini juga ada brengseker , para nastak n nasbung

emoticon-Hammer2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
keren ya! nice gan ane baru baca ginian masalah viking
trit yang bermanfaat emoticon-Cendol Gan
nambah ilmu di bulan ramadhan emoticon-Maaf Agan
Quote:


mereka masuk berserker... eh berserkeyboardker emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
waw.. menarik gan infonya.. emoticon-Sundul Up

ane jd ingat pernah nonton film yg ada berserkernya seperti diatas, tp ane lupa judulnya apa emoticon-Hammer2

klo yg diserila Vikings ane jd ingat, laki2 yg selingkuh sm istrinya Ragnar jangan2 dia mantan berserker yg masih tersisa. (ada yg tau gak, ane lupa namanya siapa)
trus, pas Si Bjon jg pernah mengasingkan diri sendirian dihutan, ketemu juga sm makhluk(mantan berserker jg mungkin), brantem dan berhasil membunuhnya. tapi di serial ini, tidak ditonjolkan klo keganasan viking ketika bertempur dipengarui oleh jamur. meskipun sering kali ada adegan klo prajurit viking nyemilin jamur bersama pas ditenda mereka.
kebiasaan minum alkohol seakan gak bisa dipisahkan dr bangsa viking, mereka akan minum kapan saja. emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kalo yang brutal2 tidak manusiawi ogut kira anggota hewan pewakilan bangsad udah memenuhi syaratnya
o gitu
emoticon-Cool
menurut gw sih berserker itu klo di Nusantara ga ada bedanya kayak orang kesurupan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan anita.sutanty memberi reputasi
berserker tuh biasanya jadi karakter/hero di game emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
konon jiwa dan pikirannya sudah di serahkan kepada sang buas untuk mendapatkan kekuatan tak kenal batas dari anime2 emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
RhiciLhasta2nd dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di