alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Bola-Bola Lumut yang Menggemaskan Ini Bisa Dipelihara Gan, Minat?
4.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd9258310d295110d748380/bola-bola-lumut-yang-menggemaskan-ini-bisa-dipelihara-gan-minat

Bola-Bola Lumut yang Menggemaskan Ini Bisa Dipelihara Gan, Minat?


Jika disuruh memilih, tanaman apa sih yang bakalan Agan Sista pelihara dan dijadikan sebagai penyejuk pekarangan rumah? Pasti bakalan milih tanaman yang banyak daun-daun hijaunya, atau malah memilih yang memiliki bunga lebat dong. Tapi pernah kepikran nggak sih Gan buat memelihara lumut?

Bola-Bola Lumut yang Menggemaskan Ini Bisa Dipelihara Gan, Minat?

Nggak sedikit orang yang merasa jijik dengan adanya lumut karena identik dengan parasit yang berada dalam lingkungan lembab. Baru ngelihat lumut sedikit rasanya udah pengen memberantas aja kan ya. Tapi ternyata ada lho beberapa orang yang memang sengaja menanam lumut untuk dijadikan hiasan pada pekarangan rumahnya. Hmmm, buat apa sih?

Bola-Bola Lumut yang Menggemaskan Ini Bisa Dipelihara Gan, Minat?

Agan Sista pernah mendengar istilah Marimo atau Moss Ball nggak? Dalam bahasa Jepang, Marimo artinya adalah lumut, dan jangan salah, Marimo ini merupakan salah satu peliharaan lho Gan Sis. Secara arti, marimo mungkin emang bola lumut, tapi sebenarnya bukan lumut lho.

Bola-Bola Lumut yang Menggemaskan Ini Bisa Dipelihara Gan, Minat?

Marimo adalah sejenis alga yang mudah ditemukan di danau yang ada di belahan bumi utara. Selain bisa ditemukan di Danau Akan di Hokkaido, marimo pun bisa ditemukan di beberapa bagian di Eropa dan Islandia Gan.

Bola-Bola Lumut yang Menggemaskan Ini Bisa Dipelihara Gan, Minat?

Di Jepang sendiri, marimo dianggap sebagai sebuah harta nasional yang diyakini bisa membawa keberuntungan. Nggak heran jika banyak orang menjadikannya sebagai peliharaan di rumah. Biar bisa menghilangkan malapetaka dan mendatangkan rejeki gitu kali ya.

Cara merawatnya cukup unik Gan. Marimo biasa diletakkan pada akuarium yang berisi air. Gumpalan alga yang memiliki bentuk bulat dan ukuran yang beragam ini memiliki pertumbuhan yang sangat lambat Gan. Dalam setahun ukurannya hanya bisa bertambah sekitar 0,5 hingga 1 cm. Jika Agan Sista pernah melihatnya dalam ukuran yang cukup besar, kemungkinan marimo tersebut sudah berusia sekitar 4-8 tahun. Wah, perlu kesabaran dan ketelatenan yang ekstra ya dalam memeliharanya!

Bola-Bola Lumut yang Menggemaskan Ini Bisa Dipelihara Gan, Minat?

Selain dijadikan sebagai peliharaan, biasanya marimo pun sering dijadikan sebagai oleh-oleh karena ukurannya yang mini dan cara memeliharanya yang nggak terlalu sulit. Biasanya marimo diletakkan bersama dengan kerikil atau ikan-ikan hias dalam sebuah akuarium Gan. Perawatannya cukup mudah, yaitu hanya diperlukan untuk mengganti air dalam akuarium secara rutin. Intinya sih jika air sudah terlihat keruh, cepat-cepat diganti Gan. Karena air yang udah nggak jernih ini bisa memperlambat pertumbuhan dari marimo ini.

Bola-Bola Lumut yang Menggemaskan Ini Bisa Dipelihara Gan, Minat?

Agan pun juga harus meletakkan di tempat yang sejuk, dengan suhu ideal 15-20 derajat celcius. Selain itu jangan sampai terpapar sinar matahari secara langsung Gan karena hanya dengan cahaya buatan seperti lampu saja sudah cukup.

Gimana nih, nggak susah kan Gan? Jika dirawat dengan baik, marimo bisa bertahan hingga ratusan tahun lho Gan. Hmmm ini sih malah duluan kitanya ya, marimonya masih awet eh yang ngerawat udah jadi almarhum gimana donggg

emoticon-Hammer2



profile-picture
profile-picture
profile-picture
buslighthere dan 11 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
emoticon-Selamat PERTAMAAXXX emoticon-Angkat Beer

eh postingan dari kemaren ya emoticon-Hammer
susah ya kaskus sekarang tret bermutu kek gini...beda ama jaman sayah emoticon-Embarrassment

btw lumutnya ada yg jual di sini ga gan?
profile-picture
josua2aga memberi reputasi
oohh ini yang nama nya marimo... di anime one piece zoro suka di ejek dipanggil marimo ternyata itu toh penampakannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rhaul dan 5 lainnya memberi reputasi
disini dimana nyarinya marimoemoticon-Confused
profile-picture
Werewolfvez memberi reputasi
ini gmn cara mengembak biakkannya gan
profile-picture
anita.sutanty memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
maenan udang emoticon-Shakehand2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
katanya sumber petaka buat scaper, soalnya mesti dikaitkan ama alga chladopora yg susahnya bukan maen buat ngilanginnya
emoticon-Hammer2
profile-picture
slametgentho memberi reputasi
gak menggemaskan emoticon-Big Grin
profile-picture
Werewolfvez memberi reputasi
Lucu juga sih yaa emoticon-Matabelo
cuma nyari dimane gan ? emoticon-Bingung
kok jadi aus sih
lucu juga h3h3
di Indonesia gak ada yang jual ganemoticon-Bingung
hmmm loetjoe djoega ja emoticon-Belo
wah cocok nih gan, suka yang ijo2 dan minimalis
jadi pengen pelihara tuh bola
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
lucu, dan unik.
Lucu nih... Tapi PR juga kalau suhu idealnya segitu buat yang tinggal di tempat cenderung panas dan ga punya AC. emoticon-Belo
profile-picture
ipankamc memberi reputasi
imutttttttt emoticon-Peluk
Btw, bagi yg ga punya AC mungkin bisa meliharanya pake peltier kali ya. Beli bibitnya dimana itu gan?
Diubah oleh megatron21
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di